Maclean's

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maclean's
redaktur kepala, penerbit Kenneth Whyte
Kategori majalah berita
Frekuensi mingguan
Sirkulasi 512.000 eksemplar/minggu[1]
Terbitan pertama 1905[2] sebagai The Business Magazine
1911[3] sebagai Maclean's
Perusahaan Rogers Communications
Negara  Kanada
Kantor pusat Toronto
Bahasa Inggris
Situs web macleans.ca
ISSN 0024-9262

Maclean's adalah majalah berita mingguan Kanada. Isinya tentang politik, budaya pop, dan peristiwa mutakhir di Kanada.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Majalah ini mulai diterbitkan pada tahun 1905 oleh wartawan sekaligus pengusaha asal Toronto, Letnan Kolonel John Bayne Maclean. Maclean waktu itu berusia 43 tahun dan berusaha di bidang penerbitan majalah niaga. Ia membeli majalah niaga untuk kalangan internal dari sebuah biro periklanan berikut 5.000 pelanggannya. Majalah tersebut diluncurkan kembali dalam ukuran saku dengan nama Business Magazine. Di dalamnya berisi ringkasan artikel-artikel yang dikumpulkannya dari majalah-majalah Kanada, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Majalah diterbitkan bulanan, dan laku 6.000 eksemplar. Slogannya berbunyi "inti sari majalah dunia yang direproduksi untuk orang sibuk" ("the Cream of the World's magazines reproduced for Busy People"). Business Magazine diganti namanya menjadi The Busy Man's Magazine sejak Desember 1905, dan mulai menerima kiriman artikel asli untuk berbagai topik seperti imigrasi, pertahanan nasional, hak suara perempuan, dan juga fiksi. Maclean akhirnya memakai namanya sendiri sebagai judul majalah sejak tahun 1911. Dua judul sebelumnya dianggap sudah tidak sesuai dengan majalah yang isinya sudah semakin umum.

Pada tahun 1917, Maclean mempekerjakan Thomas B. Costain sebagai redaktur. Costain memperbarui konsep majalah dengan memasukan laporan dari Perang Dunia I, termasuk laporan dari Front Barat. Kritiknya terhadap pemerintah membuatnya harus berurusan dengan peraturan sensor semasa perang. Maclean sendiri bahkan turun tangan meminta Costain tidak menerbitkan artikel yang mengecam mengenai kebijakan perang.

Costain mendorong diterbitkannya karya-karya sastra oleh Robert Service, Lucy Maud Montgomery, dan O. Henry. Selain itu, majalah diisi dengan ulasan berita oleh Stephen Leacock, ilustrasi oleh C. W. Jefferys, F.S. Coburn. Pelukis dari Grup Tujuh yang ikut berkontribusi adalah A. J. Casson, Arthur Lismer, dan J. E. H. MacDonald.[4]

Pada tahun 1919, frekuensi penerbitan diubah menjadi dwimingguan, dan memuat laporan tentang perdagangan obat bius oleh Emily Murphy. Costain mengundurkan diri untuk menjadi novelis. Posisinya digantikan oleh J. Vernon Mackenzie hingga tahun 1926. Di bawah kepemimpinan Mackenzie, Maclean's meraih status sebagai majalah nasional Kanada.

Mackenzie digantikan oleh H. Napier Moore yang berkebangsaan Inggris. Kedudukan Moore lebih bersifat simbolis, sementara tugas sehari-hari dilaksanakan oleh redaktur pengelola bernama W. Arthur Irwin. Sebagai seorang Kanada yang nasionalis, Irwin berpandangan majalah sebagai usaha membangun bangsa. Ia merasa mendapat mandat untuk menaikkan rasa kebanggaan nasional. Di bawah kepemimpinan Irwin, sampul majalah Maclean's menampilkan foto-foto pemandangan Kanada. Selain itu, ia juga mengadakan lomba mengarang cerita pendek bertemakan Kanada, dan membentuk divisi berita olahraga.

Selama Perang Dunia II, Maclean's menerbitkan edisi khusus untuk tentara Kanada yang bertugas di luar negeri. Hingga di akhir penerbitannya pada tahun 1946, oplah edisi khusus kelas "bantam" sudah mencapai 800 ribu eksemplar. Laporan dari medan perang dilengkapi dengan foto dari fotografer Yousuf Karsh dan laporan dari koresponden John Clare dan Leonard Shapiro.

Pada tahun 1945, Irwin secara resmi menggantikan peran Moore sebagai redaktur. Majalah diluncurkan kembali sebagai majalah berita dengan sejumlah penulis baru seperti Pierre Berton, W.O. Mitchell, Scott Young, Ralph Allen, dan Blair Fraser.

Setelah Irwin ditugaskan sebagai diplomat pada tahun 1950, Ralph Allen menggantikannya sebagai redaktur. Di bawah kepemimpinan Allen, Maclean's dikenal sebagai majalah yang sering mengetengahkan artikel mengenai keadaan alam Kanada, dan cerita tentang kehidupan di kota-kota Kanada. Artikel khas berjudul "Canada's North" oleh Pierre Berton meningkatkan kesadaran publik tentang Kutub Utara. Robert Fulford, Peter Gzowski, Peter C. Newman, Trent Frayne, June Callwood, McKenzie Porter dan Christina McCall termasuk di antara penulis Maclean's semasa Allen menjadi redaktur.

Persaingan dengan televisi pada tahun 1960-an membuat majalah ini berusaha keras untuk tetap bertahan terbit. Liputan internasional diperbanyak dan berkali-kali berganti redaktur, termasuk Gzowski and Charles Templeton. Pada tahun 1961, Maclean's mulai menerbitkan edisi bahasa Perancis dengan nama Le Magazine Maclean. Edisi bahasa Perancis bertahan hingga tahun 1976 sebelum dibeli oleh L'actualité.

Peter C. Newman menjadi redaktur pada tahun 1971. Ia berusaha menghidupkan kembali majalah ini dengan menerbitkan artikel khas oleh sederetan penulis seperti: Barbara Frum dan Michael Enright, serta puisi oleh Irving Layton. Koresponden Walter Stewart yang nantinya menjadi redaktur pengelola sering bertengkar dengan Newman. Setelah itu, kolumnis Allan Fotheringham direkrut Newman pada tahun 1975. Nama Fotheringham dikenal dengan kolom bernama The Back Page yang ditulisnya selama 27 tahun.

Frekuensi penerbitan Maclean's diganti menjadi dua minggu sekali pada tahun 1975, sebelum diubah menjadi majalah berita mingguan pada tahun 1978. Di bawah kepemimpinan Newman, Maclean's membuka biro pemberitaan di London, Washington D.C., dan berbagai kota di Amerika Serikat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]