Macdonaldtown, New South Wales

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Macdonaldtown
SydneyNew South Wales
Pintu masuk stasiun kereta api Macdonaldtown
Kode pos2042
Letak4 km (2 mi) sebelah baratdaya Sydney CBD
LGACity of Sydney
Pemukiman di sekitar Macdonaldtown:
Darlington Camperdown Darlington
Newtown Macdonaldtown Eveleigh
Newtown Erskineville Eveleigh
Error: unknown |type= value (help)

Macdonaldtown adalah sebuah pemukiman urban di Sydney, di negara bagian New South Wales, Australia. Macdonaldtown terletak 4 kilometer di baratdaya distrik bisnis sentral Sydney, di kota pinggiran Newtown dan berada di sebelah Erskineville. Macdonaldtown adalah bagian dari wilayah pemerintah lokal City of Sydney dan secara tidak formal bagian dari wilayah Inner West. Pemukiman ini berada di sekitar stasiun kereta api Macdonaldtown, di Jalur Inner West pada jaringan City Rail.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Daerah ini sebenarnya bagian dari hadiah yang diberikan pada seorang Irlandia, Nicholas Devine. Devine membangun rumahnya di sudut Erskineville Road dan George Street. Seorang Macdonald, yang memiliki toko besi besar di sudut George dan Market Street di kota ini, menetap dekat stasiun Macdonaldtown sekarang dan merupakan seorang pemilik properti besar di sana. Ia pernah menjadi orang berpengaruh di daerah ini karena ketika stasiun kereta dibuka tahun 1855, stasiun itu diberi nama Macdonaldtown. Pinggiran ini mencakup daerah yang luas saat ini termasuk wilayah Erskineville hari ini. Macdonaldtown ditetapkan sebagai Local Government Area pada 1872. Erskineville menjadi pinggiran terpisah pada 1893.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • The Book of Sydney Suburbs, Compiled by Frances Pollen, Angus & Robertson Publishers, 1990, Published in Australia ISBN 0-207-14495-8

Pranala luar[sunting | sunting sumber]