Mac OS Klasik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mac os)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mac OS Klasik
Mac OS wordmark.svg
Perusahaan / pengembangApple Computer, Inc.
KeluargaMacintosh
Status terkiniHistoris, Tidak didukung
Model sumberClosed source
Rilis perdana24 Januari 1984; 36 tahun lalu (1984-01-24)[1][2]
Target pemasaranKomputer Pribadi
Dukungan platform
Jenis kernelMonolithic untuk 68k, nanokernel untuk PowerPC
Antarmuka bawaanGraphical
LisensiCommercial software, proprietary software
Digantikan olehmacOS (sebelumnya bernama
"Mac OS X" dan "OS X")

Mac OS "Klasik" adalah seri sistem operasi dikembangkan untuk keluarga Macintosh dari, sistem operasi ini dibuat oleh Apple Inc. untuk Komputer Personal Macintosh pada tahun 1984 sampai 2001. Sistem operasi ini adalah sistem operasi yang mempopulerkan penggunaan Graphical User Interface. Sistem operasi ini datang pre-install dengan komputer Macintosh dan juga dijual terpisah. Biasanya rilis pembaruan sistem dilaksanaan bersamaan dengan pengumuman sistem Macintosh baru.

Apple merlilis Macintosh pertama pada 24 Januari 1984. Versi pertama tidak memiliki nama resmi dan sebagian berasal dari Lisa OS, komputer Apple sebelumnya yang dirilis tahun 1983. Sebagai bagian dari perjanjian yang memungkinkan Xerox membeli saham Apple pada harga yang menguntungkan, sistem ini juga menggunakan konsep dari komputer Xerox PARC Alto, yang dilihat oleh Steve Jobs dan tim Macintosh lain [3]. Sistem operasi ini terdiri dari ROM Macintosh Toolbox dan "System Folder", serangkaian berkas yang dimuat dari disk. Nama Macintosh System Software mulai digunakan pada tahun 1987 dengan System 5. Apple mengubah namanya mejadi Mac OS pada tahun 1996, dan secara resmi sejak versi 7.9, sebagian karena program Macintosh Clone[4]. Program tersebut berakhir setelah Mac OS 8 rilis pada tahun 1997, Rilis terakhir dari sistem ini adalah Mac OS 9 pada tahun 1999[5].

Versi awal dari Sistem Software hanya bisa menjalankan satu aplikasi secara bersamaan. Dengan System 5, kemampuan multitasking kooperatif ditambahkan melalui ektensi yang disebut MultiFinder, yang kemudian diintergrasikan ke dalam System 7 sebagai bagian dari sistem operasi bersamaan dengan dukungan untuk memori virtual. Meski demikian, sistem operasi lain seperti Windows NT, OS/2 dan NeXTSTEP telah membawa pre-emptive multitasking, protected memory, access controls, dan kemampuan multipengguna ke komputer dekstop, keterbatasan Macintosh dalam manajemen memori dan kerentanan konflik antar extensi yang membawa fungsi tambahan seperti jaringan atau dukungan untuk perangkat tertentu[6], membawa kritik dan menjadi faktor turunnya pangsa pasar Apple pada saat itu.

Setelah dua upaya membuat penerus Macintosh System Software yang disebut Talignet dan Copland dibatalkan, dan pengembahan empat tahun yang dipelopori oleh Steve Jobs yang kembali ke Apple pada tahun 1997, Apple mengganti Mac OS dengan sistem operasi baru pada tahun 2001 bernama Mac OS X. Masih menggunakan banyak elemen desain dari Mac OS Klasik, dan terdapat beberapa tumpang tindih framework untuk menjaga kompabilitas, kedua operasi sitem memiliki asal mula dan struktur yang berbeda.

Pembaruan terakhir untuk Mac OS 9 rilis pada tahun 2001, memberikan kompabilitas dengan Mac OS X. Nama "klasik" yang digunakan untuk menjelaskan sejarah Mac OS secara keseluruhan berasal dari "Classic Environment", sebulah lapisan kompablitas yang memudahkan transisi ke Mac OS X[7].

Konsep Awal[sunting | sunting sumber]

Proyek Macintosh dimulai akhir tahun 1987 oleh Jef Raskin, yang membayangkan komputer yang mudah digunakan dan murah untuk konsumer umum. Pada September 1979, Raskin mulai mencari orang yang mampu membuat prototip awal. Bill Atkinson, bagian dari tim Apple Lisa, memperkenalkannya kepada Burrell Smith, teknisi yang telah bekerja di sejak awal tahun.

Konsep original Applpe untuk Macintosh dengan sengaja mengurangi kesadaran pengguna tentang sistem operasi. Banyak pekerjaan dasar yang membutuhkan keahlian dalam sistem operasi lain dapat diselesaikan dengan gerakan tetikus dan kontrol grafis di Macintosh. Ini memberi perbedan dibangingan dengan yang lain seperti MS-DOS, yang menggunakan antarmuka garis perintah dan terdiri dari perintah teks yang telah disingkat.

Pada Januari 1981, Steve Jobs mengmabil alih proyek Macintosh. Jobs dan beberapa karyawan Apple berkunjung ke Xerox PARC pada Desember 1979, tiga blan setelah proyek Lisa dan Macintosh dimulai. Setelah mendengar tentang pelopor antarmuka pengguna grafis dikembangkann di Xerox PARC oleh mantan karyawan Xerox seperti Raskin, Jobs bernegosiasi untuk datang dan melihat komputer Xerox Alto sebagai ganti saham Apple[8]. Sistem operasi Lisa dan Macintosh menggunakan konsep dari Xerox Alto, tetapi banyak elemen antarmuka pengguna grafis dibuat oleh Apple termasuk menu bar, menu pull-down, dan konsep drag and drop dan manipulasi langung[9].

Tidak seperti IBM PC, yang menggunakan sistemm rom 8kB untuk power-on self test (POST) dan basic input/output system (BIOS), Mac memiliki ROM yang jauh lebih besar (64kB) dan menyimpan kode SO. Sebagian besar kode ROM dibuat oleh Andy Hertsfeld. Ia mampu menghembat ruang ROM dengan menulis dalam bahasa rakitan(bahasa assembly) yang optimalkan dengan hack, atau trik pemrograman cerdas[10]. Selain itu ia juga menulis kernel, Macintosh Toolbox, dan beberapa aksesoris desktop. Ikon sistem operasi yang menggambarkan folder dan software aplikasi, didesain oleh Susan Kare, yang kemudian membuat ikon untuk Microsoft Windows 3.0. Bruce Horn dan Steve Caps menulis Macintosh Finder, juga beberapa utilitas sistem Macintosh.

Apple sangat aggresif dalam iklan perangkat baru mereka. Setelah dibuat, perusahaan membeli 39 lembar iklan di majalah Newsweek edisi November/Desember 1984. Apple sangat sukses dalam marketing Macintosh hingga dengan cepat melebihi penjualan perangkat sebelumnya yang lebih canggih, Apple Lisa. Apple dengan cepat membuat produk bernama MacWorks, yang memungkinkan Lisa mengemulasi sistem Macintosh hingga System 3, yang kemudian dihentikan dan dirilis ulang dengan nama Macintosh XL. Banyak fitur canggih Lisa tidak hadir di Macintosh hingga System 7 atau setelahnya.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Kompatibilitas[sunting | sunting sumber]

Versi awal Mac OS hanya kompatibel dengan Macintosh dengan Motorola 68000 (68k). Saat Apple memperkenalkan komputer menggunakan Power PC, sistem operasi dibuat agar mendukung aristektur tersebut. Mac OS 8.1 adalah versi terakhir yang dapat berjalan menggunakan prosesor 68k.

Sebelum sistem berbasis Power PC G3, sejumlah besar bagian dari sistem disimpan dalam ROM di motherboard. Tujuannya adalah menghindari penggunaan RAM oleh operasi sistem, Desain ini juga memungkinkan operasi sistem grafis pada tingkat paling rendah tanpa menggunakan konsol berbasis teks atau command line; kesalahan saat boot, seperti tidak menemukan perangkat, dikomunikasikan secara visual, biasanya dengan menggunakan ikon atau font bitmap Chicago serta serentetan bunyi. Ini sangat berbeda dengan komputer MS-DOS dan CP/M pada saat itu, yang menampulkan pesan dalam font monospace dengan latar belakang hitam, serta menggunakan papan ketik, bukan tetikus sebagai input. Untuk memberikan hal tersebut, Mac OS awal bergantung pada inti sistem perangkat lunak tersimpan dalam ROM di motherboard, yang jmemastikan hanya komputer Apple atau klon berlisensi (disertai ROM dengan hak cipta milik Apple) yang dapat menjalankan Mac OS.

Klon Mac (Macintosh Clone)[sunting | sunting sumber]

Beberapa pabrik komputer selama bertahun-tahun membuat Klon Macintosh yang mampu menjalankan Mac OS. Sejak 1995 hingga 1997, Apple melinsensikan ROM Macintosh ke beberapa pabrik, salah satunya Power Computing, UMAX, dan Motorola. Mesin tersebut umumnya menjalankan berbagai versi Mac OS. Steve Jobs mengakhiri program ini setelah kembali ke Apple pada tahun 1997.

Dukungan untuk Macintosh Clone pertama kali muncul di System 7.5.1, yang merupakan versi pertama dengan logo Mac OS (varian dari ikon Happy Mac), dan Mac OS 7.6 adalah yang pertama dengan nama Mac OS dan bukan System. perubahan ini dilakukan untuk membedakan operasi sistem dari model Macintosh milik Apple sendiri. [11]

Sistem berkas (FIle Systems)[sunting | sunting sumber]

Macintosh awalnya menggunakan Macintosh File System (MFS), sebuah sistem yang hanya memiliki satu tingkat folder. MFS segera diganti pada tahun 1985 dengan Hierarchial File System (HFS), yang memiliki pohon direktori. Kedua sistem kompatibel satu sama lain. SIstem berkas dengan nama HFS Plus ("HFS+" atau "Mac OS Extended") diumumkan pada tahun 1997 dan diimplementasikan pada tahun 1998.

Berkas pada sebagian bersar sistem menggunakan DOS, Windows,Unix, atau sistem operasi lainnya hanya memiliki satu "fork". MFS dan HFS memiliki dua fork yang berbeda. 'Data fork' memiliki informasi yang sama sepreti pada sistem berkas lainnya, seperti tulisan pada sebuah dokumen atau bitmap pada sebuah gambar. 'Resource fork' menyimpan struktur data lainnya seperti definisi, grafik, suara atau segmen kode yang akan dimasukkan dalam format berkas pada sistem lain. Sebuah aplikasi mungkin hanya memiiliki 'resource fork' dengan 'data fork' kosong, sedangkan sebuah berkas data mungkin sebaliknya. Sebuah dokumen pengolah kata dapat menyimpan tulisan pada data fork dan informasi format berada pada 'resource fork', sehingga aplikasi yang tidak mampu memahami format tersebut, tetap mampu membaca tulisan mentah.

DI sisi lain, perbedaan ini membuat kesulitan dalam kompatibilias dengan sistem operasi lainnya. ketika menyalin atau mentransfer berkas Mac OS ke sistem lain, implementasi default menghilangkan 'resource fork' pada berkas. Sebagian besar data hanya memiliki informasi tidak penting pada 'resource fork', namun beebrapa berkas program tidak dapat digunakan. Hal ini membutuhkan skema encoding seperti BinHex dan MacBinary, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah berkas dengan dua fork menjadi satu, dan juga sebaliknya, membagi satu fork menjadi dua agar berkas dapat digunakan di Mac OS.

Riwayat rilis[sunting | sunting sumber]

System 1, 2, 3, dan 4[sunting | sunting sumber]

Versi awal dari Mac OS (atau bisa disebut dengan "System") sangat mudah dikenali pada zamanya, hal ini karena Mac OS adalah sistem operasi yang mempopulerkan GUI. Dibanding sistem operasi yang banyak beredar pada zamannya Mac OS sudah mempopulerkan penggunaan GUI. Sesuai dengan tujuan Apple untuk membuat komputer dengan kesederhanaan, tidak ada perbedaan yang jelas antara sistem operasi dan perangkat keras yang menjalankannya. Karena itu, versi awal tidak memiliki nama yang jelas. Perangkat lunak terdiri dari dua berkas yang dapat dilihat pengguna: berkas sistem, dan Finder, sebuah aplikasi yang digunakan sebagai manajemen file yang juga menampilkan dekstop. Kedua berkas berada dalam direktori folder "System Folder", yang juga menyimpan berbagai berkas sumber lain, seperti driver printer. Versi sistem operasi didasarkan pada versi kedua berkas ini.

  • System 1.0, 1.1, dan 2.0 menggunakan Macintosh File System (MFS). Finder menyediakan folder virtual yang bisa digunakan untuk mengorganisasi file. Tapi folder-folder ini tidak terlihat oleh aplikasi lain dan kenyataannya memang tidak ada.
  • System 2.0 menambahkan dukungan untuk AppleTalk dan Laser Wrîe
  • System 2.1 (atau Finder 5.0) memperkenalkan HFS (Hierarchical File System) yang memiliki direktori yang nyata. Versi mendukung Hard Disk 20, dan hanya menggunakan HFS di RAM; startup dan sebagain besar floppy disk masih menggunakan MFS.
  • System 3.0 (Finder 5.1) diluncurkan bersamaan dengan Mac Plus. Secara resmi menggunakan HFS, drive startup 800K, dukungan untuk beberapa teknologi baru seperti SCSI dan AppleShare, dan Trash "Bulgiing" (Ketika terdapat berkas di Trash, maka akan tampil menggelembung)
  • System 4.0 diluncurkan bersama dengan Mac SE, dan Sytem 4.1 diluncurkan dengan Macintosh II, mesin ini membutuhkan dukungan tambahan untuk slot ekspansi, Apple Desktop Bus (ADB), hard disk internal, dan di Macintosh II, tampilan external berwarna dan processor Motorola 68020 pertama[12].

Versi ini hanya dapat menjalankan satu aplikasi bersamaan, kecuali untuk aksesoris desktop, meski beberapa aplikasi seperti Multi-Mac atau Switcher dapat belakukannya. Perbedaan paling jelas terlihat pada nomor versi Finder, dimana perubahan besar terlihat antara 1.x, 4.x, 5.x, dan 6.x.

Rilis System Software Versi Sistem Tanggal Rilis Versi Finder Versi LaserWriter Keterangan Rilis
Macintosh System Software 1.0 (.97) 24 Januari 1984 1.0 Rilis Awal
Macintosh System Software (0.1) 1.1 5 Mei 1984 1.1g Rilis pemeliharaan. Menambahkan Mountain Scene, kotak About, Clean Up Command.
Macintosh System Software (0.3 & 0.5) 2.0 April 1985 4.1 Finder: multi folder, komando "Shut Down", dan aplikasi "MiniFinder"

System: screenshots menggunakan ⌘ Command+⇧ Shift+3

Macintosh System Software 2.1 September 1985 5.0 Dukungan Hard Disk 20
Macintosh System Software (0.7) 3.0 Januari 1986 5.1 1.1 Dikenalkan untuk Macintoh Plus
System Software 1.0 3.1 Februari 1986 5.2 1.1
System Software 1.1 3.2 Juni 1986 5.3 3.1 Mengatasi masalah data loss,dan sistem crash. Pembaruan Chooser dan Calculator.
AppleShare 1.0 3.3 Januari 1987 5.4 AppleShare 1.0 Work Station Installer disk (untuk Macintosh 512K)
AppleShare 1.1 3.3 1987 5.5 AppleShare 1.1 Work Station Installer disk (untuk Macintosh 512K)
AppleShare 2.0 3.4 1988 6.1 AppleShare 2.0 Macintosh 512Ke Work Station Installer disk
System Software 2.0 4.0 Januari 1987 5.4 3.3 Memperkenalkan AppleShare
System Software 2.0.1 4.1 2 Maret, 1987 5.5 4.0 Rilis untuk Macintosh II and SE. Pembaruan Driver LaserWriter

System Software 5[sunting | sunting sumber]

Di akhir tahun 1987, Apple memperkenalkan paket bernama "Apple Macintosh System Software Update 5.0". [13]Untuk pertama kali, sistem operasi Macintosh ditawarkan sebagai produk terpisah, dalam paket penjualan terdapat empat disk 800K dan tiga manual pada harga $49 Dolar AS. Perangkat lunak tersebut masih bisa didapatkan secara gratis melalui layanan buletin maupun kelompok pengguna. Meskipun dalam dus menuliskan versi 5.0, hal ini tidak tercermin dalam perangkat lunak itu sendiri. Tiga dari empat disk (System Tools 1, System Tools 2, dan Utilities 1) dapat untuk dijalankan, dan pengguna dapat menggunakan disk mana saja yang akan dibutuhkan. Misalnya, dalam System Tools 2 terdapat driver printer, dan dalam Utilites 1 terdapat Disk First Aid dan Apple HD SC Setup. Karena disk dinamakan System Tools, pengguna dan media kadang menyebut versi ini sebagai "System Tools 5.0"

Fitur utama dari System 5 adalah MultiFinder, sebuah ekstensi yang memungkinkan sistem menjalankan beberapa program bersamaan. Sistem menggunakan model multitasking kooperatif. yang artinya waktu diberikan kepada aplikasi latar belakang hanya jika aplikasi yang sedang digunakan memberikan kontrol.

Rilis System Software Tanggal RIlis Versi Sistem Versi Perangakat Lunak Keterangan RIlis
Finder MultiFinder LaserWriter
5.0 Oktober 1987 4.2 6.0 1.0 5.0 RIlis Awal
5.1 November 1987 4.3 6.0 1.0 5.1 Pembaruan Driver LaserWriter dan versi abru dari Apple HD SC Setup

System Software 6[sunting | sunting sumber]

System Software 6 (juga disebut sebagai "System 6") adalah penggabungan dari sistem perangkat lunak Macintosh, menghasilkan sebuah sistem operasi yang lengkap, stabil dan untuk jangka panjang. Dua perangkat keras baru yang memerlukan dukungan tambahan dari System 6 adalah prosesor 68030 dan SuperDrive 1.44 MB yang diluncurkan dengan Macintosh IIx dan Macintosh SE/30. Pembaruan setelahnya memberikan dukungan untuk fitur laptop bersamaan dengan rilisnya Macintosh Portable. Sejak System 6, Finder memiliki nomor versi yang hampir sama dengan System, mengurangi kerancuan yang disebabkan oleh perbedaan jauh pada sistem sebelumnya.[14]

Versi Sistem Tanggal RIlis Versi Perangkat Lunak Informasi RIlis
Finder MultiFinder LaserWriter
6.0 April 1988 6.1 6.0 5.2 Rilis Awal
6.0.1 19 September 1988 6.1.1 6.0.1 5.2 Rilis untuk Macintosh IIx (1988)
6.0.2 Akhir 1988 6.1 6.0.1 5.2 RIlis pemeliharaan
6.0.3 7 Maret 1989 6.1 6.0.3 5.2 Rilis untuk Macintosh IIcx (1989)
6.0.4 20 September 1989 6.1.4 6.0.4 5.2 Rilis untuk Macintosh Portable dan IIci (1989)
6.0.5 19 Maret 1990 6.1.5 6.0.5 5.2 Rilis untuk Macintosh IIfx (1990)
6.0.6 15 Oktober 1990 6.1.6 6.0.6 5.2 Tidak dirilis karena bug AppleTalk
6.0.7 16 Oktober 1990 6.1.7 6.0.7 5.2 Rilis resmi untuk Macintosh LC, IIsi dan Classic (1990)
6.0.8 13 Mei 1991 6.1.8 6.0.8 7.0 Pembaruan perangkat lunak printer untuk menyetarakan dengan System 7.0
6.0.8L 23 Maret 1992 6.1.8 6.0.8 7.0 Rilis pemeliharaan terbatas untuk daerah Pasifik

System 7/Mac OS 7[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Mei 1991, System 7 dirilis. Sebuah pembaruan besar dari System 6, dengan antarmuka yang diperbarui secara signifikan, aplikasi baru, peningkatan stabilitas dan banyak fitur baru. diluncurkan bersamaan dengan seri Macintosh 68040.

Salah satu fitur unggulan dari System 7 adalah dukungan memori virtual, yang pada versi sebelumnya harus menggunakan apliaksi pihak ketiga, Connetix. System 7 juga mulai menggunakan komputasi 32-bit, yang diperlukan dengan meningkatnya RAM pada CPU Motorola 68020 dan 68030. Hal ini memungkinkan semua kode sistem operasi berjalan dengan memori 32-bit, sebelumnya hanya menggunakan 8-bit. Perubahan ini disebut "32-bit clean". Meskipun System 7 32-bit clean, banyak perangkat dan berbagai aplikasi belum belum mendukung hal ini. Untuk memudahkan meningkatkan kompatibilitas, terdapat pengaturan untuk menonaktifkan fitur ini,

Fitur lain dari System 7 adalah dukungan multitasking kooperatif. Pada System 6, fungsi ini bersifat opsional melalui MultiFinder. System 7 juga memperkenalkan alias, hampir serupa dengan shortcut pada Windows. Apple memperkenalkan "Extensions Manager", sebelumya sebuah aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk mengaktifkan dan mennonaktifkan ekstensi.

Apple menu, sekarang dapat diatur pengguna untuk menampilkan folder atau aplikasi dengan meletakkan alias pada folder "Apple Menu items". Apple juga memperkenalkan Apple Script (sebuah bahasa skrip), QuickDraw 32-bit (mendukung "true color"), serta TrueType Font.

Trash, atau tempat sampah pada System 6 dikonsongkan setiap komputer dimatikan, atau ketika MultiFinder tidak berjalan,ketika memulai sebuah aplikasi. System 7 menerapkan Trash sebagai folder tersebunyi, memungkinkan berkas berada di dalamnya bahkan setelah dimatikan hingga pengguna dengan sengaja memilih untuk mengosongkannyua.

System 7.1[sunting | sunting sumber]

System 7.1 adalah sebuah rilis perbaikan dengan sedikit fitur baru. Salah satiu perubahnn adalah memindahkan font dari System file ke folder Font pada System Folder. Sebelumnya aplikasi seperti ResEdit atau Font D/A diperlukan untuk memasang font. System 7.1 tak hanya sistem operasi Macintosh pertama yang berbayar, terapi juga memiliki versi Pro dengan tambahan fitur. System 7.1.2 adalah versi eprtama yang mendukung Mac berbasis PowerPC. System 7.1 juga memperkenalkan System Enabler sebagai cara untuk mendukung model batu tanpa memperbarui berkas sistem. Hal ini berujung pada berkas tambahan dalam sistem folder, satu tiap model baru).

Versi Sistem Informasi Rilis
System 7.0 MultiFInder terintegrasi selalu aktif
System 7.0.1 bersamaan dengan LC II dan seri Quadra
System 7.0.1P
System 7 Tuner pembaruan untuk 7.0 dan 7.0.1
System 7.1 memperkenalkan folder Fonts
System 7.1P
System 7.1P1
System 7.1P2
System 7.1P3 rilis "P" terakhir dengan fitur baru
System 7.1P4
System 7.1P5
System 7.1P6
System 7.1 Pro version 7.1.1, dengan PowerTalk, Speech Manager, MacInTalk, Thread Manager
System 7.1.2 Mac dengan menggunakan prosesor PowerPC
System 7.1.2P hanya untuk Performa/LC/Quadra 630 series, dengan cepat digantikan dengan 7.5
System 7.5
System 7.5.1 System 7.5 Update 1.0—pertama kalinya sistem operasi Macintosh disebut sebagai "Mac OS"
System 7.5.2 Power Macs yang menggunakan PCI, hanya dapat digunakan pada Power Macs dan PowerBooks 5300, 190, dan Duo 2300
System 7.5.3 System 7.5 Update 2.0
System 7.5.3L hanya untuk klon Macintosh
System 7.5.3 Revision 2
System 7.5.3 Revision 2.1 hanya untuk Performa 6400/180 dan 6400/200
System 7.5.4 ditarik beberapa jam setalah dirilis dan digantikan dengan 7.5.5
System 7.5.5 terakhit yang mendukung non-32-bit-clean Mac, termasuk dengan CPU sebelum 68030 kecuali Macintosh LC
Mac OS 7.6 secara formal mengubah nama karena percobaan ekperimental program klon, meski System 5.1 dan setelahnya menggunakan "Mac OS" pada splash screen.
Mac OS 7.6.1 galat PowerPC diperkenalkan

Mac OS 8[sunting | sunting sumber]

Mac OS 8 dirilis pada 26 Juli 1997, di bulan yang sama Steve Jobs menjabat sebagai CEO Apple. Dirilis sebagai penggerak Mac OS pada waktu waktu sulit Apple. Direncanakan sebagai Mac OS 7.7, namun diubah menjadi Mac OS 8 untuk memanfaatkan celah hukum dan mewujudkan keinginan Jobs mencabut lisensi System 7 untuk menghentikan perakit pihak ketiga dan menutup pasar Macintosh Clone.

Mac OS 8 menambah sejumlah fitur dari proyek Copland(proyek yang direncanakan sebagai System 8, tetapi gagal). Mac OS 8 memiliki banyak perubahan dari segi sistem operasi. Finder kini multi-threaded, dan menyalin berkas dapat dilakukan di latar belakang. Antarmuka diubah menjadi berwarna abu-abu yang disebuh Platinum, dan dapat diubah menggunakan tema melalui control panel (meski hanya Platinum yang disertakan). Hal ini dimungkinkan dengan adanya API untuk tampilan pada sistem operasi.

Apple menjual 1.2 juta kopi Mac OS 8 pada dua pekan dirilis dan 3 juta dalam 6 bulan. Karena Apple mengalami kesulitan finansial, terdapat gerakan bagi pengguna Mac untuk membeli dan "membatu menyelamatkan Apple". Bahkan beberapa tempat bajakan menolak untuk mendistribusikan Mac OS 8.[15][16]

Mac OS 8.1[sunting | sunting sumber]

Mac OS 8.1 memperkenalkan versi baru Hierarchial File System dengan nama HFS+, dan terus digunakan di macOS hingga macOS High Sierra, yang digantikan dengan Apple File System. Ada beberapa perbedaan pada Mac OS 8.1, seperti memisahkan fitur jaringan dan pencetakan, dan beberapa peningkatan dalam berpindah aplikasi. Namun, dari segi teknis, Mac OS 8 tidak jauh berbeda dengan System 7.

Mac OS 8.3[sunting | sunting sumber]

Mac OS 8.5 fokus pada kecepatan dan kehandalan, sebagian besar kode 68k digantikan dengan kode modern untuk PowerPC. Memberikan peningkatan tampilan dalam antarmuka, meski fitur tema tidak jadi disertakan pada akhir pengembangan.

Versi Sistem Informasi RIlis
Mac OS 8.0 versi pertama yang membutuhkan prosesor 68040, menghentikan dukungan untuk seri Macintosh II dan Mac lainnya dengan 680303. Juga menambahkan dukungan untuk prosesor PowerPC G3
Mac OS 8.1 Mac OS terakhir yang berjalan pada prosesor 68k, dan menambahkan dukungan USB untuk iMac serta dukungan sistem berkas HFS+,
Mac OS 8.5 versi pertama yang hanya berjalan pada prosesor Power PC, dan menambahkan dukungan Firewire. Juga menmabhakan Sherlock dan dukungan untuk Power Macintosh G3.
Mac OS 8.5.1 pernaikan untuk menambah kestabilan sistem
Mac OS 8.6 menggunakan nanokernel baru untuk performa yang lebih baik dan dukungan Multiprocessing Services 2.0, peningkatan kegunaan baterai pada PowerBook dan dukungan untuk prosesor PowerPC G4

Mac OS 9[sunting | sunting sumber]

Mac OS 9, revisi terakhir dari Mac OS Klasik dirilis 23 Oktober 1999. secara umu, versi ini adalah evolusi dari Mac OS 8. Pengembangan awal Mac OS 9 diberi nomor 8.7.[17]

Mac OS 9 menambahkan peningkatan dukungan untuk jaringan nirkabel Airport. Memperkenalkan implementasi awal dukungan multi-user. MEski bukan sepenuhnya operasi sistem dengan multi-user, OS 9 menyajikan data dan pengaturan sistem yang berbeda untuk tiap pengguna. Peningkatan mesun pencari 'Sherlock' dan beberapa 'plug-in' pencarian baru. Mac OS 9 juga memiliki implementasi dan manajemen memori yang lebih baik. AppleScript kini dilengkapi dengan kemampuan kontrol jaringan dan TCP/IP. Mac OS 9 juga menjadi yang pertama menggunakan Apple Software Update untuk mencari dan memasang pembaruan sistem operasi dan perangkat keras.

FItur baru lainnya adalah enkripsi file secara langsung dengan teknologi code signing dan Keychain, serta lebih banyak dukungan driver USB.

Mac OS 9 juga menambahkan beberapa teknologi transisi yang membantu pengambang aplikasi menggunakan beberapa fitur Mac OS X sebelum perkenalan sistem opeasi tersebut secara umum untuk mempermudah perpindahan. Beberapa diantaranya adalah API untuk sistem berkas (file system) dan masukknya kode API Carbon yang dapat digunakan untuk menggantikan API tradisional, aplikasi dengan kode ini dapat berjalan di Mac OS X juga. Perubahan lainnya adalah kemampuan menginstal Mac OS 9.1 pada Mac OS X dalam mode "Classic Environment".

Pembaruan terakhir untuk Mac OS klasik adalah 9.2.2 pada 5 Desember 2001.[18]

Versi Sistem Informasi RIlis
Mac OS 9.0 rilis awal Mac OS 9
Mac OS 9.0.2
Mac OS 9.0.3
Mac OS 9.0.4
Mac OS 9.1 termasuk dalam Mac OS X 10.0
Mac OS 9.2 pembaruan untuk kompabilitas dengan Mac OS X
Mac OS 9.2.1
Mac OS 9.2.2 rilis akhir Mac OS klasik

Transisi ke Mac OS X[sunting | sunting sumber]

macOS (awalnya "Mac OS X" hingga tahun 2012 dan "OS X" hingga 2016) adalah operasi sistem untuk Mac saat ini, menggantikan Mac OS Klasik pada tahun 2001. Dipasarkan sebagai "versi 10" Mac OS, meski memilki sumber yang sangat berbeda dibandingkan dengan versi terdahulu.

Berbeda dengen Mac OS 9, Mac OS X menggunakan sistem operasi berbasis Unix. Dibangun berdasarkan NeXTSTEP dan teknologi yang dikembangkan oleh NeXT pada akhir 1980an hingga awal 1997, saat Apple membeli perusahaan tersebut dan Steve Jobs kembali ke Apple. macOS juga menggunakan kode BSD dan kernel XNU, dan komponen inti berdasarkan pada operasi sistem operasi open source milik Apple, Darwin.

Versi awal, Mac OS X Server dirilis pada tahun 1999, menggunakan tampilan platinum dari Mac OS Klasik dan bahkan menyerupai OPENSTEP. Versi deksop, Mac OS X 10.0, dirilis pada 24 Maret 2001, dengan antarmuka baru, Aqua. Mac OS X berganti nama menjadi "OS X"pada tahun 2012 dan "macOS" pada tahun 2016.

Pengguna Mac OS Klasik secara umum beralik ke Mac OS X, meski awalnya mengeluh karena lebih sulit digunakan, hilangnya beberapa fitur, lebih lambat, dan masalah kompabilitas dengan sistem operasi sebelumnya. Karena driver yang diperuntukkan untuk Mac OS sebelumnya tidak dapat digunakan pada Mac OS X, kurang handalnya "Classic Environtment" untuk menjalankan program-program lama, dan tidak adanya dukungan Mac OS X untuk kopmuter Apple yang dirilis sebelum akhir tahun 1997, bebrapa pengguna Macintosh tetap menggunakan Mac OS Klasik setelah rilis Mac OS X. Steve Jobs mendorong untuk menggunakan Mac OS X dengan menampilkan adedgan pemakaman untuk Mac OS 9 pada WWDC 2002.[19]

Classic Environment[sunting | sunting sumber]

Versi PowerPC Mac OS X sampai Mac OS X 10.4 Tiger memiliki lapisan kompatibilitas untuk menjalankan apllikasi Mac lama yang disebut "Classic Environment". Awalnya dirancang dengan nama "blue box", "Classic Environment" menjalankan hampir seluruh Mac OS 9, dengan versi 9.1 atau lebih tinggi, sebagai aplikasi Mac OS X. Hal ini berjalan lancar, meski aplikasi masih menggunakan tampilan Mac OS 9 dan bukannya "Aqua" dari Mac OS X.

Mac berbasis PowerPC tanpa ROM Macintosh pada motherboard dirilis dengan Mac 9.2 dan Mac OS X. Mac OS 9.2 harus dipasang sendiri oleh pengguna-tidak diinstal dari pabrik untuk perangkat keras setalah Mac OS X 10.4. Aplikasi Mac OS Klasik yang ditulis secara baik dapat berjalan lancar, namun hanya berjalan baik jika aplikasi tidak berinteraksi dengan perangkat keras secara langsung, dan hanya berinteraksi dengan sistem operasi. "Classic Environment" tidak tersedia pada Mac berbasis Intel karena Mac OS 9 tidak kompatibel dengan platform x86.

Emulasi[sunting | sunting sumber]

Emulator 68k[sunting | sunting sumber]

Emulator Macintosh pihak ketiga, seperti vMac. Basilisk II, dan Excevutor, memungkinkan menjalankan Mac OS Klasik pada komputer bebasis Intel. Emulator ini hanya dapat mendukung prosesor 68k, sehingga tidak dapat menjalankan Mac OS di atas versi 8.1 karena membuthkan prosesor PowerPC. Sebagian besar membutuhkan berkas Mac ROM atau perangkat keras yang mendukung chip Mac ROM. Hal ini menjadi perdebatan karena mungkin melanggar hak intelektual Apple.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Linzmayer, Owen W. (2004). Apple Confidential 2.0. No Starch Press. 
  2. ^ "The Macintosh Product Introduction Plan". Stanford University Libraries & Academic Information Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 21, 2010. 
  3. ^ "Apple Confidential 2.0 | No Starch Press". www.nostarch.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-26. 
  4. ^ "Macintosh: System Software Version History". support.apple.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-26. 
  5. ^ "October 23, 1999: Mac OS 9 Released - AppleMatters". www.applematters.com. Diakses tanggal 2018-09-26. 
  6. ^ "Folklore.org: Mea Culpa". http://folklore.org. Diakses tanggal 2018-09-26.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  7. ^ "A Brief History of the Classic Mac OS". Low End Mac (dalam bahasa Inggris). 2012-07-26. Diakses tanggal 2018-09-26. 
  8. ^ "The Real History of the GUI — SitePoint". SitePoint (dalam bahasa Inggris). 2001-08-13. Diakses tanggal 2018-09-27. 
  9. ^ "Folklore.org: On Xerox, Apple and Progress". www.folklore.org. Diakses tanggal 2018-09-27. 
  10. ^ "Folklore.org: We're Not Hackers!". www.folklore.org. Diakses tanggal 2018-09-27. 
  11. ^ "System 7.5 and Mac OS 7.6: The Beginning and End of an Era | Low End Mac". web.archive.org. 2016-09-24. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  12. ^ "MacTech | The journal of Apple technology". www.mactech.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-28. 
  13. ^ MacUser March 1988. 1988-03. 
  14. ^ "Apple Macintosh before System 7". web.archive.org. 2011-11-21. Diakses tanggal 2020-01-17. 
  15. ^ Inc, InfoWorld Media Group (1997-07-28). InfoWorld (dalam bahasa Inggris). InfoWorld Media Group, Inc. 
  16. ^ "Where do you want to pirate today?". web.archive.org. 2017-08-27. Diakses tanggal 2020-01-18. 
  17. ^ "October 23, 1999: Mac OS 9 Released - AppleMatters". web.archive.org. 2009-10-28. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  18. ^ "Mac OS 9.2.2: Document and Software". web.archive.org. 2006-04-21. Diakses tanggal 2020-01-16. 
  19. ^ "Jobs: OS 9 is Dead, Long Live OS X | Macworld". web.archive.org. 2016-09-24. Diakses tanggal 2020-01-21.