MONACO (Moehi National Competition)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
MONACO (Moehi National Competition)
Logo Resmi MONACO (Moehi National Competition)
MONACO (Moehi National Competition) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh PR IPM SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Tahun
2016 - Sekarang
Kegiatan
PendiriSMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta
KegiatanPerlombaan/Kompetisi
TingkatNasional
PialaPiala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Piala Kementerian Pemuda dan Olahraga Rapublik Indonesia

Piala Pimpinan Pusat Muhammadiyah
Kepemimpinan
Ketua PanitiaMuhammad Dzaky Fadhlurrahman MONACO #6 Tahun 2021 - Petahana
SebelumMuhammad Febrian Arrifandhi MONACO #5 Tahun 2020
Pengganti-

Latar Belakang MONACO (Moehi National Competition)

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang secara geografis terletak pada posisi strategis, yakni di persilangan antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia), dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Banyaknya pulau yang berada di Indonesia menjadikan negara Indonesia sebagai negara berkembang dengan jumlah penduduk yang sangat tinggi dan padat. Di dunia, Indonesia berada pada posisi keempat dengan laju pertumbuhan tertinggi.

Yogyakarta, salah satu kota di Indonesia yang biasa disebut sebagai Kota Budaya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya kebudayaan yang masih lestari di tengah era globalisasi. Kota Yogyakarta juga di kenal sebagai kota pelajar hal ini di buktikan dengan kualitas sekolah dan perguruan tinggi yang unggul. Keadaan ini lah yang membuat kalangan muda datang dari seluruh penjuru negeri merantau ke Kota Yogyakarta untuk menuntut ilmu dan mengembangkan potensi diri mereka sesuai bidang keahliannya.

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah unggulan yang terletak di Kota Yogyakarta. Keunggulan dari sekolah ini dapat kita lihat dari kulitas guru yang profesional dan kuantitas sarana prasarana yang mendukung seluruh kegiatan pembelajaran. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelajar dari berbagai daerah untuk menimba ilmu baik ilmu pengetahuan maupun ilmu agama Islam yang berlandaskan Al-Quran dan As-sunnah.

Pada Tahun 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun). Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari-total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa. Agar Indonesia dapat memetik manfaat maksimal dari bonus demografi, ketersediaan sumber daya manusia usia produktif yang melimpah harus diimbangi dengan peningkatan kualitas dari sisi pendidikan dan keterampilan, termasuk kaitannya dalam menghadapi keterbukaan pasar tenaga kerja. Melihat hal tersebut, Kami meyakini bahwa pemuda Indonesia yang jumlahnya besar itu memiliki bakat dan kemampuan yang tidak dapat di pandang sebelah mata. Guna mempersiapkan generasi muda yang berprestasi maka sangat penting bagi kita untuk mewadahi mereka di dalam suatu kompetisi atau ajang perlombaan. Sangat disayangkan apabila bakat tersebut terbuang sia-sia lantaran kurangnya wadah yang menampung bakat mereka.

Dengan niat yang tulus dan mulia untuk mewadahi segenap bakat dan kemampuan pemuda Indonesia kami dengan bangga mempersembahkan Moehi National Competition atau biasa di sebut MONACO. MONACO merupakan serangkaian acara perlombaan tingkat nasional yang telah terbukti dapat mewadahi bakat pemuda Indonesia baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. MONACO diawali dengan semangat dan kerja keras panitia kegiatan MONACO #1 yang berhasil menghadirkan wadah penyaluran bakat dan potensi pemuda Indonesia yang berbentuk ajang kompetisi perlombaan. Semangat ini kemudian dilanjutkan oleh segenap panitia MONACO #2 yang menghadirkan peralombaan unik, kreatif, dan inovatif. Keberhasilan atas semagat tersebut kembali dirasakan pada MONACO #3 yang tidak hanya menghadirkan ajang kompetisi perlombaan namun juga menghadirkan berbagai hiburan yang tentunya menarik dan mendidik. selanjutnya kesuksesan dapat kembali terlihat pada MONACO #4 dengan bertambahnya partisipasi dari seluruh pemuda Indonesia, penambahan peserta tersebut terbukti semakin memeriahkan seluruh ajang perlombaan yang ada. MONACO #5 yang mengambil tema Prosperous Time dengan arti Waktu Kemakmuran berbeda dengan MONACO ditahun-tahun sebelumnya. MONACO #5 akan diselenggarakan dengan sistem online. Hal ini dikarenakan munculnya pandemi baru bernama COVID-19. Walaupun MONACO #5 diselenggarakan ditengah Pandemi COVID-19, namun esensi dari kegiatan ini tetaplah sebagai ajang kompetisi yang dapat mewadahi segenap potensi pelajar se-Indonesia. Tercatat hingga ditutupnya seluruh pendaftaran perlombaan, 1.274 peserta dari seluruh Indonesia berkompetisi dalam kegiatan ini. Mengingat keberhasilan pada pelaksanaan kegiatan MONACO dari tahun ke tahun semakin memantapkan langkah kami di tahun ini untuk terus berinovasi mengembangkan kegiatan MONACO (Moehi National Competition).

Perlombaan MONACO (Moehi National Competition)

No Kegiatan

MONACO (Moehi National Competition)

Tema Lomba Jumlah Peserta Kegiatan Spesial Ketua Panitia
1 MONACO (Moehi National Competition) 1 Tahun 2016 Assemble Of The Horizon Debat Bahasa Inggris

Debat Bahasa Indonesia

Olimpiade Matematika

Olimpiade IPA

Rodoku

Nasyid

Hiragana Katakana

LCCI

Photography

MHQ

687 Peserta - Tsalits A. Fuadi
2 MONACO (Moehi National Competition) 2 Tahun 2017 Revive The Glory Olimpiade IPA

Olimpiade IPS

Olimpiade Matematika

Cerdas Cermat Islam

Story Telling

Tapak Suci

MHQ

MTQ

MTARQ

Debat Bahasa Indonesia

English Debating Championship

Poster

Esai

Hiragana Katakana

Rodoku

Short Movie

Photography

Lintas Alam

700 Peserta - Sulthan Fauzan R
3 MONACO (Moehi National Competition) 3 Tahun 2018 Devotion To The Nation Debat Bahasa Indonesia

English Debating Championship

Hiragana Katakana

Rodoku

Lintas Alam

Soft Ball

Olimpiade IPA

Olimpiade IPS

Olimpiade Matematika

Story Telling

Cerdas Cermat Islam

MHQ

MTQ

MTARQ

Dai Muda

Tapak Suci

Nasyid

Fotografi

858 Peserta Moehi Leisure Night Festival (Millennial) Mohamad Afif Dzulqifli
4 MONACO (Moehi National Competition) 4 Tahun 2019 Attain The Golden Debat Bahasa Indonesia

English Debating Championship

Hiragana Katakana

Rodoku

Lintas Alam

Olimpiade IPA

Olimpiade IPS

Olimpiade MTK

Story Telling

Cerdas Cermat Islam

MHQ

MTQ

MTARQ

Dai Muda

Tapak Suci

Futsal

Nasyid

Fotografi

1.167 Peserta Moehi Leisure Night Festival

(Millennial)

Miftahul Jannah
5 MONACO (Moehi National Competition) 5 Tahun 2020 Prosperous Time Debat Bahasa Indonesia

Debat Bahasa Inggris

Cover Lagu

Short Movie

Esai

Dai Muda

Olimpiade IPA

Olimpiade IPS

Olimpiade Matematika

Story Teeling

Qiraah

Sari Tilawah

Cerita Pendek

Fotografi

E-Sport

1.274 Peserta Webinar Muhammad Febrian Arrifandhi
6 MONACO (Moehi National Competition) 6 Tahun 2021 Segera Segera Segera Segera Muhammad Dzaky Fadhlurrahman