Bright Awards Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bright Awards Indonesia
DeskripsiPrestasi dalam periklanan Indonesia
TempatJakarta, Indonesia
NegaraIndonesia
MotoSaatnya Menonton Iklan, Saatnya Iklan Ditonton!
Diberikan perdana2016
Diberikan terakhir2017
Situs webwww.brightawards.id
Siaran televisi/radio
SaluranRCTI & Global TV
ProduserChandra Hidayatulloh

Bright Awards Indonesia adalah ajang penghargaan iklan televisi Indonesia yang diprakarsai oleh MNC Media. Penghargaan ini pernah diberikan pada tahun 2016 dan 2017.

Pada tahun pertamanya, Bright Awards Indonesia 2016 mengapresiasi sejumlah iklan televisi yang sudah tayang pada sepanjang tahun 2015. MNC Media bekerjasama dengan Roy Morgan, sebuah lembaga survei independen yang melakukan jajak pendapat kepada masyarakat Indonesia terkait iklan-iklan yang menduduki puncak pemikiran (top of mind) di masyarakat. Untuk ajang ini, MNC Media mengambil sudut pandang dari sisi pesan iklan yang komunikatif, yang melibatkan masyarakat sebagai jurinya.[butuh rujukan] Penggunaan jajak pendapat ini membedakan penghargaan ini dengan penghargaan sejenis seperti Citra Pariwara.[1]

Bright Awards Indonesia 2016 melewati masa pemilihan mulai 5 Februari sampai 4 maret 2016 untuk iklan-iklan terpilih hasil jajak pendapat. Sembilan kategori iklan yang dilombakan meliputi: Jingle Iklan, Tagline Iklan, Iklan Tema Drama, Iklan Lucu, Bintang Iklan Pria, Bintang Iklan Wanita, Bintang Iklan Anak, Pasangan Bintang Iklan, dan Iklan Korporasi.

Para nominator akan memperebutkan piala Bright Awards Indonesia yang bentuknya terinspirasi dari sebuah lampu pijar sebagai simbol munculnya ide yang cemerlang. Bentuk kawat lampu pijar diadopsi menjadi piala yang berbentuk indah, diinterpretasikan sebagai sumber ide yang terus mengalir.

Setelah edisi 2017, penghargaan ini tidak dilanjutkan kembali sampai saat ini. Tidak ada informasi dari MNC Media mengenai kelanjutan penghargaan tersebut.

Perayaan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah daftar perayaan penghargaan Bright Awards Indonesia.

Penghargaan Tanggal Pembawa Acara Tempat Penyelenggaraan
Bright Awards Indonesia 2016 8 Maret 2016 Ananda Omesh, Olla Ramlan, Robby Purba Studio 14 MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Bright Awards Indonesia 2017
6 Desember 2017 Raffi Ahmad & Gracia Indri Studio 14 MNC Studios, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marketeers Editor (4 Februari 2016). "Ini Beda MNC Bright Award Indonesia dengan Citra Pariwara". Marketeers. Diakses tanggal 2 Maret 2023.