MI Al-Amin Tabanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Madrasah Ibtidaiyah
Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Tabanan
Informasi
Alamat
LokasiJl.Rama Gang 1 No.1 Tabanan, Tabanan, Bali, Indonesia
Situs webhttp://mialamintabanan.blogspot.com
Moto

MI Al-Amin Tabanan merupakan lembaga pendidikan dasar berciri khas agama Islam setingkat Sekolah Dasar dan berada dibawah naungan Kementrian Agama Kabupaten Tabanan. Secara resmi MI Al-Amin Tabanan berdiri pada tanggal 15 Juli 1996 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Tabanan Nomor: 743/Mw3./II.C/PP.03.2/1996 tanggal 21 Agustus 1996 dengan Nomor Statistik Madrasah lama 112510203002.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Secara resmi MI Al-Amin Tabanan berdiri pada tanggal 15 Juli 1996 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Tabanan Nomor: 743/Mw3./II.C/PP.03.2/1996 tanggal 21 Agustus 1996 dengan Nomor Statistik Madrasah lama 112510203002. Keberadaan MI Al-Amin Tabanan berawal dari keinginan masyarakat khususnya orang tua yang mempunyai putra/putri lulusan RA Al-Amin yang telah berdiri pada tahun 1989 agar dapat langsung bersekolah /melanjutkan di tempat yang sama. Disamping itu di lingkungan kota Tabanan sama sekali belum ada lembaga pendidikan formal yang bernama Madrasah Ibtidaiyah .Sejalan dengan keinginan tersebut Ketua Yayasan Al-Amin pada waktu itu: Drs. Moh.Sholeh menindaklanjuti dengan mengadakan rapat-rapat persiapan yang akhirnya membentuk panitia penerimaan siswa baru MI Al-Amin Tahun 1996/1997. Sejak saat itulah berdiri Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin Tabanan yang merupakan satu-satunya lembaga pendidikan Islam yang berada di wilayah kecamatan Tabanan.

Tujuan Sekolah[sunting | sunting sumber]

Tujuan MI Al-Amin Tabanan sebagai institusi pendidikan ialah:

  • Menyiapkan peserta didik menjadi insan beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, berbudi pekerti yang luhur.
  • Memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.
  • Memiliki kecerdasan, keterampilan dan sikap sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku.
  • Meletakkan dasar pengetahuan untuk pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Menumbuhkankembangkan semangat keunggulan pada diri setiap siswa.
  • Memiliki tata ruang yang sehat untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran serta peningkatan input siswa.
  • Menumbuhkan kesadaran kedisiplinan pada setiap warga sekolah dalam segala hal sehingga mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang diharapkan

Staff Pengajar[sunting | sunting sumber]

Pada awal berdirinya MI Al-Amin Tabanan memiliki siswa berjumlah 14 orang dengan diampu oleh 3 pengajar yaitu: Ibu Umi Kulsum, Bapak Abdul Aziz, dan Bapak Haikal Assomadani. Kegiatan belajar mengajarpun berlangsung di tempat seadanya di ruang tamu rumah (almarhum) Bapak Nuralim selama dua tahun . Pada tahun 1998 berkat kerjasama dengan BP3, MI Al-Amin dapat membangun sebuah ruang kelas yang dapat ditempati oleh murid baru sehingga siswa kelas I baru, kelas II masuk siang dan kelas III masuk pagi masih menempati ruang tamu (alm)Bapak Nuralim. Pada tahun 1998 itu pula secara resmi diterbitkan SK Ketua Yayasan Al-Amin tentang Jabatan Kepala Sekolah yang dipercayakan kepada Ibu Umi Kulsum. Pada tahun 1999 MI Al-Amin mendapatkan bantuan DAK dari Pemda Tabanan berupa bangungan lantai dua yang terdiri dari lima ruang kelas.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Secara geografis MI Al-Amin terletak di jalan Rama Gang I No.1 Tamansari, Kelurahan Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan . Berdiri di lahan seluas 1.000 m2 yang berupa tanah wakaf dengan batas-batas sebagai berikut:

  • Sebelah barat berbatasan dengan rumah Bapak H.M.Didi Sukardi
  • Sebelah timur berbatasan dengan rumah Bapak Drs.H.Moh.Sholeh,M.PdI
  • Sebelah utara berbatasan dengan rumah Bapak Mulyadi Yanto
  • Sebelah selatan berbatasan dengan jalan Rama Gang I berhadapan dengan rumah Bapak Mas Nurbakti

Letak MI Al-Amin sangat strategis berdekatan dengan Perguruan Saraswati Tabanan, dapat ditempuh dengan angkutan umum /mikrolet dan berjalan 200 m dari jalan raya. Jarak antara MI Al-Amin dengan instansi pemerintah juga tidak terlalu jauh: Kantor Pos, Polres Tabanan, Rumah Sakit Umum, Kantor Bupati, Kantor Kementrian Agama, Kantor Kecamatan, Kantor Kelurahan, SD Inti.

Kegiatan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

MI Al-Amin Tabanan selalu mengadakan pembenahan agar dapat menjadikan sekolah sebagai lembaga pendidikan yang diminati masyarakat dengan meningkatkan kualitas pembelajaran maupun fasilitas sekolah . Pada tahun 2003 MI Al-Amin bekerja sama dengan Komite Sekolah dapat mewujudkan keinginan untuk membeli perangkat Drumband senilai Rp.21.650.000,-, pada tahun berikutnya dapat mewujudkan kembali keinginan untuk memberikan ekstra komputer dengan membeli komputer scond 10 set pentium II dan selanjutnya dengan penambahan fasilitas lainnya seperti Mushalla, UKS,Perpustakaan Sekolah Kantin Sekolah, Koperasi Sekolah,Wartel, Foto Copy, ruang Pimpinan, ruang Guru, walaupun pada akhirnya sebagian fasilitas tergusur disebabkan kekurangan lahan pemekaran oleh didirikannya lembaga pendidikan yang lain seperti MTs dan MA Al-Amin.

Saat ini MI Al-Amin memiliki 298 siswa, 16 guru,1 pegawai, 8 ruang kelas, perpustakaan, ruang komputer, ruang kepala, ruang guru dan telah meluluskan 8 kali dengan beberapa prestasi kejuaraan akademik maupun non akademik baik ditingkat Gugus maupun Provinsi.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]