MBDA Meteor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

MBDA Meteor adalah rudal udara-ke-udara beyond-visual-range air-to-air missile (BVRAAM) yang dikembangkan dan diproduksi oleh MBDA. Rudal ini menawarkan kemampuan multi-tembakan (beberapa peluncuran terhadap beberapa sasaran), dan memiliki kemampuan untuk menyerang sasaran yang sangat bermanuver seperti pesawat jet, dan sasaran kecil seperti UAV dan rudal jelajah dalam lingkungan countermeasure pengecoh elektronik berat (ECM) dengan jangkauan yang luas. jauh lebih dari 200 kilometer (110 nmi).

Motor ramjet berbahan bakar padat memungkinkan rudal meluncur dengan kecepatan lebih dari Mach 4 dan memberi rudal daya dorong dan akselerasi di tengah jalur. Tautan datalink dua arah memungkinkan pesawat peluncuran memberikan pembaruan target di tengah perjalanan atau penargetan ulang jika diperlukan, termasuk data dari pihak lain. Tautan data dapat mengirimkan informasi rudal seperti status fungsional dan kinematik, informasi tentang beberapa target, dan pemberitahuan perolehan target oleh pencari. Menurut MBDA, Meteor memiliki kinerja kinetik tiga hingga enam kali lipat dibandingkan rudal udara-ke-udara yang ada saat ini. Rudal ini dilengkapi dengan sumbu murang proximity dan impact untuk memaksimalkan efek destruktif dan keandalan.

Sebagai buah dari proyek gabungan Eropa, rudal Meteor pertama kali memasuki layanan pada JAS 39 Gripens Angkatan Udara Swedia pada bulan April 2016 dan secara resmi mencapai kemampuan operasi awal (IOC) pada bulan Juli 2016. Mereka juga melengkapi Angkatan Udara dan Luar Angkasa Perancis dan Dassault Rafale Angkatan Laut, dan Eurofighter Typhoon dari Angkatan Udara Kerajaan, Angkatan Udara Jerman, Angkatan Udara Italia dan Angkatan Udara Spanyol. Meteor juga dimaksudkan untuk melengkapi F-35 Lightning II Inggris dan Italia, dan telah diekspor ke berbagai pelanggan Rafale, Typhoon, dan Gripen.[1][2][3][4][5][6][7][8]

Deskripai[sunting | sunting sumber]

Peluru kendali Meteor memiliki beberapa komponen sub sistem.

Seeker[sunting | sunting sumber]

Panduan terminal disediakan oleh pencari pelacak radar homing aktif yang merupakan pengembangan bersama antara Divisi Seeker MBDA dan Thales Airborne Systems dan dibangun berdasarkan kerja sama mereka pada keluarga pencari seeker AD4A (Active Anti-Air Seeker) yang melengkapi rudal MICA dan Aster.

Forebody[sunting | sunting sumber]

Subsistem proximity fuze subsystem (PFS) radar aktif disediakan oleh Saab Bofors Dynamics (SBD). PFS mendeteksi target dan menghitung waktu optimal untuk meledakkan hulu ledak guna mencapai efek mematikan maksimum. PFS memiliki empat antena, disusun secara simetris di sekeliling badan depan. Sensor Dampak dipasang di dalam PFS. Di belakang PFS terdapat bagian yang berisi baterai termal, disediakan oleh ASB, Unit Catu Daya AC, dan Unit Distribusi Daya dan Sinyal. Pada bulan Agustus 2003 SBD menerima kontrak senilai SEK 450 juta untuk mengembangkan PFS.

Hulu ledak[sunting | sunting sumber]

Hulu ledak fragmentasi ledakan diproduksi oleh TDW. Hulu ledak adalah komponen struktural rudal. Telemetry and Break-Up System (TBUS) menggantikan hulu ledak pada uji coba rudal.

Tenaga penggerak[sunting | sunting sumber]

propulsion sub-system (PSS) adalah throttleable ducted rocket (TDR) dengan booster tanpa nosel terintegrasi, dirancang dan diproduksi oleh Bayern-Chemie. Propulsi TDR memberikan jangkauan yang jauh, kecepatan rata-rata yang tinggi, cakupan operasional yang luas dari permukaan laut hingga ketinggian, cakupan misi yang fleksibel melalui kontrol dorong variabel aktif, desain yang relatif sederhana, dan logistik yang mirip dengan motor roket berbahan bakar padat konvensional.

PSS terdiri dari empat komponen utama: ramcombustor dengan booster tanpa nozel terintegrasi; saluran masuk udara; antar panggung; dan generator gas berkelanjutan. PSS membentuk komponen struktural rudal, generator gas dan ramcombustor yang memiliki casing baja. Elektronik unit kontrol propulsi dipasang di fairing port intake, di depan subsistem aktuasi sirip.

Penguat tanpa nosel berbahan bakar padat terintegrasi dalam ramcombustor dan mempercepat rudal hingga kecepatan yang dapat diambil alih oleh TDR. Propelan asap yang dikurangi mematuhi STANAG 6016.

Saluran masuk udara dan penutup lubang yang menutup difusor saluran masuk dari ramcombustor tetap tertutup selama fase peningkatan. Intake dibuat dari titanium. Interstage dipasang di antara generator gas dan ramcombustor dan berisi Motor Safety Ignition Unit (MSIU), booster ignition, dan katup kontrol generator gas. Generator gas dinyalakan oleh gas panas hasil pembakaran booster yang mengalir melalui katup kontrol yang terbuka. Generator gas mengandung propelan padat komposit kekurangan oksigen yang menghasilkan gas panas kaya bahan bakar yang menyala secara otomatis di udara yang telah diperlambat dan dikompresi oleh saluran masuk. Propelan bermuatan boron berenergi tinggi memberikan peningkatan impuls spesifik sekitar tiga kali lipat dibandingkan dengan motor roket padat konvensional. Hasilnya menghasilkan zona larangan keluar lebih dari tiga kali lebih besar dibandingkan AIM-120 AMRAAM yang saat ini digunakan oleh angkatan udara yang dilengkapi Eurofighter Typhoon.

Dorongan dikendalikan oleh katup yang memvariasikan luas tenggorokan nosel generator gas. Mengurangi area tenggorokan akan meningkatkan tekanan dalam generator gas yang meningkatkan laju pembakaran propelan, meningkatkan aliran massa bahan bakar ke ruang bakar ram. Aliran massa dapat divariasikan secara terus menerus dengan perbandingan lebih besar dari 10:1.

Kontrol[sunting | sunting sumber]

Lintasan misil dikendalikan secara aerodinamis menggunakan empat sirip yang dipasang di belakang. Prinsip kontrol Meteor dimaksudkan untuk memungkinkan tingkat putaran yang tinggi dengan tetap menjaga kinerja intake dan propulsi. Fin actuation subsystem (FAS) dipasang di bagian belakang fairing intake. Desain FAS diperumit oleh hubungan yang diperlukan antara aktuator di fairing dan sirip yang dipasang di bodi.

Fin actuation subsystem (FAS) pada awalnya dirancang dan diproduksi oleh Claverham Group, sebuah divisi perusahaan AS Hamilton Sundstrand yang berbasis di Inggris. Setelah waktu yang singkat, desain tersebut diambil alih oleh MBDA UK, di Stevenage, tetapi dipindahkan ke perusahaan Spanyol SENER pada tahap awal pengembangan. SENER menyelesaikan pengembangan dan sertifikasi FAS termasuk produksi dan kualifikasi prototipe.

Datalink[sunting | sunting sumber]

Meteor akan 'network-enabled'. Tautan data akan memungkinkan pesawat peluncuran untuk memberikan pembaruan target di tengah perjalanan atau penargetan ulang jika diperlukan, termasuk data dari pihak ketiga yang berada di luar kapal.

Elektronik datalink dipasang di intake fairing kanan, di depan FAS. Antena dipasang di bagian belakang fairing.

Pada tanggal 19 November 1996 Bayern-Chemie menyelesaikan serangkaian tes terbaru yang dirancang untuk menilai redaman sinyal dari asap knalpot TDR yang kaya boron, sebuah kekhawatiran yang disoroti oleh penentang bentuk propulsi ramjet ini. Pengujian dilakukan dengan sinyal yang ditransmisikan melalui bulu-bulu pada berbagai sudut. Hasil awal menunjukkan bahwa redamannya jauh lebih kecil dari yang diperkirakan.

Eurofighter dan Gripen, dengan datalink dua arah, memungkinkan platform peluncuran untuk memberikan pembaruan pada target atau penargetan ulang ketika rudal sedang terbang. Datalink mampu mengirimkan informasi seperti status kinematik. Ini juga memberitahukan perolehan target oleh pencari.

Support[sunting | sunting sumber]

Konsep Integrated Logistics Support yang diusulkan untuk Meteor menghilangkan pemeliharaan jalur. Rudal-rudal tersebut akan disimpan dalam wadah khusus jika tidak digunakan. Jika peralatan Uji Bawaan mendeteksi kesalahan, rudal akan dikembalikan ke MBDA untuk diperbaiki. Meteor ini dimaksudkan untuk memiliki masa pengangkutan di udara selama 1.000 jam sebelum diperlukan perawatan apa pun.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Daftar peluru kendali BVR (beyond-visual-range)[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "METEOR". Πολεμική Αεροπορία (dalam bahasa Yunani). Diakses tanggal 2023-04-18. 
  2. ^ "Meteor". mbda-systems.com. Diakses tanggal 4 March 2019. 
  3. ^ "The Most Advanced Air-to-Air Missile In The World". saab.com. Diakses tanggal 4 March 2019. 
  4. ^ "Meteor - Beyond visual range air-to-air missile". saab.com. Diakses tanggal 4 March 2019. 
  5. ^ "METEOR | Air Dominance". MBDA (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-05-07. 
  6. ^ Tomkins, Richard (11 July 2016). "Meteor missiles now on Swedish Gripens". UPI. 
  7. ^ Aviation week, October 7, 2012, diarsipkan dari versi asli tanggal January 18, 2014, diakses tanggal May 14, 2022 
  8. ^ "PARIS: MBDA on target for Meteor introduction". Flightglobal.com. Diakses tanggal 30 January 2016.