MAN Energy Solutions

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
MAN Energy Solutions SE
Sebelumnya
  • MAN Diesel & Turbo SE
Anak perusahaan (Societas Europaea)
IndustriManufaktur, industri otomotif, rekayasa kelautan
PendahuluMAN Diesel
and MAN Turbo
Didirikan2010
Kantor
pusat
Augsburg, Bavaria, Jerman
ProdukMesin diesel dan mesin lain, permesinan turbo
Pendapatan3,4 juta EUR (2013)[1]
Karyawan
14.413 (2013)[1]
IndukVolkswagen Group
Situs webwww.man-es.com Sunting ini di Wikidata

MAN Energy Solutions SE adalah sebuah perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Augsburg, Jerman. Perusahaan ini memproduksi mesin diesel berdiameter besar dan permesinan turbo untuk digunakan sebagai sistem propulsi kelautan, pembangkit listrik, dan turbocharger. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2010 melalui penggabungan antara MAN Diesel dan MAN Turbo.[2] MAN Energy Solutions adalah anak usaha dari Volkswagen Group.

Sebagian dari perusahaan ini yang berlokasi di Denmark dulu merupakan bagian dari Burmeister & Wain, dan nama merek untuk mesin dua tak terbesar pun masih "B&W".

MAN Energy Solutions merancang mesin dua tak dan empat tak yang diproduksi sendiri ataupun diproduksi oleh para pemegang lisensinya. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga mulai dari 450 kW hingga 87 MW. MAN Diesel & Turbo juga merancang dan memproduksi turbin gas hingga 50 MW, turbin uap hingga 150 MW, dan kompresor dengan aliran volume hingga 1,5 juta m3/h dan tekanan hingga 1.000 bar. Produk lainnya meliputi turbocharger, baling-baling CP, mesin gas, dan reaktor kimia. Jajaran produk MAN Energy Solutions juga meliputi sistem propulsi kelautan lengkap, unit permesinan turbo untuk minyak dan gas, serta untuk industri proses dan pembangkit listrik turnkey. Klien perusahaan ini juga mendapat layanan purna jual yang diberi nama "MAN PrimeServ". Perusahaan ini mempekerjakan sekitar 14.413 staf (2013) di lebih dari 100 lokasi, yang terutama terletak di Jerman, Denmark, Prancis, Swiss, Republik Ceko, Italia, India, Tiongkok, dan Uni Emirat Arab. MAN Energy Solutions merupakan unit bisnis rekayasa tenaga dari Volkswagen Group.

MAN Diesel & Turbo dilihat dari Lueginslandbastion

Produk[sunting | sunting sumber]

Mesin kelautan[sunting | sunting sumber]

Mesin kelautan MAN

Mesin dua tak dikembangkan di Copenhagen, Denmark, dan dapat mengeluarkan tenaga mulai dari 2 MW hingga 90 MW. Karena ukurannya, mesin tersebut diproduksi oleh para pemegang lisensi di dekat dok. Mesin tersebut digunakan untuk menggerakkan kapal peti kemas, kapal kargo, dan kapal tanker minyak. Mesin diesel berkecepatan rendah tidak memerlukan sistem transmisi, karena mesin tersebut terhubung langsung dengan menggunakan poros penggerak.

MAN Diesel & Turbo juga menawarkan mesin empat tak berkecepatan sedang yang dapat mengeluarkan tenaga mulai dari 450 kW hingga 21.600 kW, yang dapat dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar gas atau cair. Mesin berkecepatan sedang digunakan untuk menggerakkan berbagai macam kapal niaga dan kapal penumpang, karena ukurannya yang kecil.

Selain kapal pesiar, mesin berkecepatan sedang juga dipakai untuk menggerakkan kapal tunda, kapal keruk, dan kapal peletak kabel. Sementara mesin berkecepatan sedang yang berukuran lebih kecil juga digunakan untuk menggerakkan kapal feri dan kapal perang berkecepatan tinggi.

Turbocharger[sunting | sunting sumber]

MAN Diesel & Turbo memproduksi turbocharger gas buang dengan menggunakan turbin aksial dan radial satu tahap untuk menciptakan tekanan pengisian yang tinggi. Turbocharger dapat digunakan bersama mesin kelautan dan mesin statis. Keluaran tenaganya bervariasi dari 300 kW hingga 30.000 kW.

Pembangkit listrik[sunting | sunting sumber]

Di sektor mesin stasioner, mesin diesel buatan MAN terutama digunakan sebagai pembangkit listrik. Produk MAN Diesel & Turbo bervariasi dari generator listrik kecil hingga pembangkit listrik turnkey, dengan keluaran tenaga hingga 400 MW. Sementara jajaran produk sistem stasioner meliputi mesin empat tak dengan keluaran tenaga antara 450 kW hingga 21.600 kW. Mesin diesel buatan MAN dioperasikan dengan menggunakan bahan bakar berat, bahan bakar diesel, gas, atau bahan bakar terbarukan, seperti minyak Jatropha, lemak hewan, atau hasil daur ulang minyak sayur. Dengan merek MAN Power Management, perusahaan ini juga menawarkan jasa manajemen, operasi, dan perawatan pembangkit listrik berbahan bakar diesel.

Permesinan turbo[sunting | sunting sumber]

Turbin uap MAN

Untuk proses industri, seperti produksi pupuk, besi, baja, dan petrokimia, MAN Diesel & Turbo mengembangkan dan memproduksi berbagai macam kompresor, serta turbin uap dan gas untuk pembangkitan listrik. Lebih lanjut, perusahaan ini menawarkan sistem kompresi gas untuk industri minyak dan gas, yang meliputi kompresor tertutup rapat menggunakan bantalan magnetik serta kompresor barel bertekanan tinggi, dengan tekanan bervariasi dari 300 hingga 1.000 bar.

MAN Diesel & Turbo juga memproduksi kompresor isotermal untuk digunakan pada proses produksi gas industri. Kompresor tersebut digunakan pada proses produksi bahan kimia khusus dan olahan logam. Kompresor tersebut juga digunakan untuk menangani karbon dioksida curah serta produksi oksigen dan nitrogen curah.

Kompresor tersebut diproduksi di Oberhausen, Berlin, Hamburg, Zurich, dan Schio.

Reaktor kimia dan perlengkapannya[sunting | sunting sumber]

Di Deggendorf, MAN Diesel & Turbo memproduksi sistem reaktor tabung dengan merek DWE Reactors untuk industri kimia dan petrokimia, serta organisasi riset.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-23. Diakses tanggal 2015-11-01. 
  2. ^ "MAN SE: Pressemitteilungen". Man.eu. Diakses tanggal 2010-04-04.