MAIA (grup musik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
MAIA
MAIApicture.jpg
Latar belakang
Asal Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Genre Pop
Tahun aktif 2008-sekarang
Label Sony Music Entertainment Indonesia (2008-2011)
Le Moesiek (2012-sekarang)
Situs web www.duniamaia.com
Anggota Maia Estianty
Tata Janeeta[1]
Mantan anggota Mey Chan

MAIA (juga disebut sebagai Duo Maia) adalah sebuah grup vokal duet yang dibentuk pada tahun 2008 dan beranggotakan Maia Estianty dan Mey Chan. Grup ini dibentuk setelah bubarnya duo Ratu pada tahun 2007.

Profil

Tidak lama berselang setelah ditinggal sang vokalis, Mulan Kwok, Maia melakukan audisi dibeberapa kota hingga ia menemukan gadis bernama Mey Chan. Namun karena saat ini Maia sedang bersitegang dengan sang suami, Dhani Ahmad, maka kini Maia tidak lagi menggunakan nama Ratu. Hal ini dikarenakan pembuatan nama Ratu dibentuk oleh Maia dan Dhani. Maka kini Maia menggunakan nama "MAIA". MAIA pertama kali diperkenalkan kepada publik pada 10 Januari 2008. Tidak tanggung-tanggung, bahkan grup yang dimotori oleh Maia ini menggunakan logo yang baru dengan tinta emas dan bermahkota.

MAIA logo big size.jpg
Logo duomaia.png

Maia pun masih mengedepankan konsep duo.Mey Chan sendiri adalah warga Malang. Ia mahir memainkan cello dan bass, serta dapat menciptakan lagu. Meychan memiliki suara khas unik dengan teknik vokal yang sempurna. Ia mampu mencapai nada-nada tinggi yang semakin menyempurnakan lagu yang dibawakan. Paduan vokal khas yang tinggi yang dimiliki Meychan dengan suara rendah Maia Estianty ini yang acapkali disebut Maia sebagai suatu kelebihan dari MAIA. Duo yang kemudian lebih terkenal dengan sebutan Duo MAIA ini tetap menonjolkan ciri khas yang tidak dimiliki oleh duo yang lain yaitu unik, centil, dan berbeda. Saat peluncuran lagu terbaru, Ingat Kamu, duo ini berhasil mendapatkan Double Plantinum dari Sony BMG dengan penjualan mencapai lebih dari 300 ribu keping. Setahun berselang, 2009 lalu, MAIA kembali memeriahkan dunia musik Indonesia dengan album bertajuk Sang Juara. Album ini menjagokan beberapa single yakni Pengkhianat Cinta, Serpihan Sesal, serta Sang Juara. Menteri Pemuda & Olahraga Indonesia waktu itu, Adyhaksa Dault menobatkan lagu Sang Juara sebagai lagu wajib dalam setiap pertandingan dan kejuaraan olahraga di Indonesia menggantikan lagu We Are The Champion milik Queen. Grup duo ini juga berhasil menyabet penghargaan grup/duo terdahsyat dalam Dahsyatnya Award 2009. Duo MAIA selalu memiliki penampilan yang khas dan berbeda, meninggalkan konsep harajuku style yang sudah menjadi identitas RATU, dianggap sebagai style hal yang terlalu maintream (biasa) bagi Duo MAIA. Oleh karena itu, Duo MAIA mulai menggunakan kostum dengan tema yang berbeda di setiap aksinya, seperti tema unique casual (video klip serpihansesal), leopard dan manequeen (video klip penghianat cinta), punk london (sering digunakan dengan bendera inggris di kostumnya), Colorful (video klip cuma gombal), seksi punk, glamour, dan masih banyak lagi. Meskipun pada awalnya banyak yang menyebut duo MAIA tidak bisa mengalahkan popularitas RATU, namun setelah melihat eksistensi dan jumlah penggemar yang semakin bertambah, justru nama Duo MAIA semakin berkibar dan membuktikan sebagai duo vokal nomor satu di Indonesia.

Pada tahun 2017 Meychan memilih keluar dari Duo Maia karena alasan ingin berfokus ke rumah tangganya.

Diskografi

Iklan

  • Ale-Ale (2008-2011)
  • Permen Tolak Angin (2008-sekarang)
  • XL (2008)
  • Handphone Beyond C3 (2010)
  • Nutrafor white Beauty 30 second (2012-sekarang)
  • Handphone Asiafone (2013- sekarang)
  • RCTI (2008-2011)

Single

Penghargaan

  • Dahsyatnya Award kategori 'Duo' Terdahsyat' 2009

Konser

  • Konser Kemanusiaan 2013 - Woman Of The Most Award 2013
  • Konser Harmoni SCTV 2012 - Masterpiece of Koes Plus

Akun Sosial Media

Referensi

Pranala luar