LulzSec

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lulz Security
Berkas:Lulz Security.svg
Logo Lulz Security
Singkatan LulzSec
Slogan "Para pemimpin dunia dalam hiburan kualitas tinggi adalah penghabisanmu", "Tertawalah atas keamananmu sejak 2011"
Tanggal pembentukan Mei 2011
Jenis Meretas
Jumlah anggota
11
Pimpinan Sabu
Afiliasi Anonymous, LulzRaft, AntiSec
Relawan
7

Lulz Security, yang umumnya disingkat LulzSec, adalah[1] sebuah kelompok retas komputer topi hitam yang mengklaim tanggung jawab atas beberapa serangan tingkat tinggi, termasuk kompormi terhadap akun-akun pemakai dari Sony Pictures pada 2011. Kelompok tersebut juga mengklaim tanggung jawab atas pengambilalihan situs web CIA.[2] Beberapa pakar kemanan menyatakan bahwa LulzSec telah meraih perhatian dengan menjebol sistem dan membahayakan penggunaan ulang kata sandi.[3] Kelompok tersebut telah meraih perhatian karena target-target tingkat tingginya dan pesan-pesan sarkastik yang diposkan setelah serangan-serangannya. Salah satu pendiri LulzSec adalah spesialis keamanan komputer Hector Monsegur, yang memakai julukan maya Sabu. Ia kemudian membantu penegakan hukum terhadap para anggota organisasi tersebut sebagai bagian dari plea deal. Sekitar empat orang terkait LulzSec ditangkap pada Maret 2012 sebagai bagian dari penyelidikan tersebut. Otoritas Inggris sebelumnya mengumumkan penangkapan dua remaja yang mereka tuduh anggota LulzSec, T-flow dan Topiary.

Tepat setelah tengah malam (BST, UT+01) pada 26 Juni 2011, LulzSec merilis pernyataan "50 hari lulz", yang mereka klaim menjadi perilisan terakhir mereka, yang menyatakan bahwa LulzSec terdiri dari enam anggota, dan bahwa situs web mereka ditutup.[4] Perilisan tersebut meliputi akun-akun dan kata-kata sandi dari beberapa sumber berbeda. Disamping klaim kepensiunan tersebut, kelompok tersebut mengupayakan peretasan lainnya terhadap surat-surat kabar yang dimiliki oleh News Corporation pada 18 Juli, mengisinya dengan laporan-laporan palsu terkait kematian Rupert Murdoch. Kelompok tersebut mempbantu peluncuran Operation AntiSec, sebuah upaya bersama yang melibatkan LulzSec, Anonymous, dan peretas lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weisenthal, Joe (25 June 2011). "Notorious Hacker Group LulzSec Just Announced That It's Finished". Business Insider. Silicon Alley Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 June 2011. Diakses tanggal 25 June 2011. 
  2. ^ "LulzSec hackers claim CIA website shutdown". BBC. 16 June 2011. Diakses tanggal 17 June 2011. 
  3. ^ "Is There a Hacking Epidemic?". 
  4. ^ Svensson, Peter (2011-06-27). "Parting is such tweet sorrow for hacker group". The Sydney Morning Herald. The Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 2011-06-29. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]