Lukisan yang Baik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Pameran Lukisan Koleksi PKJ-TIM & DKJ: 40 Tahun Desember Hitam: "Lukisan yang Baik"[1][1] merupakan buku yang merangkum diterbitkan setelah kegiatan pameran seni lukis bertajuk Pameran Lukisan Koleksi Pusat Kesenian Jakarta - Taman Ismail Marzuki (PKJ-TIM) dan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ): 40 Tahun Desember Hitam[2], yang diadakan pada 19 Desember 2014 - 10 Januari 2015, di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki. Pameran ini juga dikurasi oleh Leonhard Bartolomeus dan Riksa Afiaty.

Isi Buku[sunting | sunting sumber]

Buku ini diterbitkan setelah acara pameran selesai, dan isinya merangkum sejarah Desember Hitam, penyebab terjadinya Desember Hitam, surat-surat yang berkaitan dengan peristiwa tersebut, dan juga data biografi dari seniman-seniman terkait.[1]

"Lukisan yang Baik"[sunting | sunting sumber]

"Lukisan yang baik" merupakan frasa yang tertulis pada kop surat pernyataan penerima hadiah Pameran Besar Seni Lukis Indonesia 1974[3]. Pameran besar yang diikuti lebih dari 80 orang pelukis tersebut merupakan awal mula terbentuknya Jakarta Biennale. Namun pada acara pameran tersebut, banyaknya peserta tidak diikuti dengan imbangnya kecenderungan artistik yang ditampilkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Bartolomeus, Leonhard (2014). Pameran Lukisan Koleksi PKJ-TIM & DKJ: 40 Tahun Desember Hitam "Lukisan yang Baik". DKI Jakarta: Pusat Kesenian Jakarta - Taman Ismail Marzuki & Dewan Kesenian Jakarta. 
  2. ^ "40 Tahun Desember Hitam". Dewan Kesenian Jakarta | Jakarta Arts Council. 12/15/2014. Diakses tanggal 08/14/2018. 
  3. ^ "PAMERAN-SENILUKIS-INDONESIA-1974.pdf" (PDF). jakartabiennale.net. Diakses tanggal 8/13/2018.