Luitpold V dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Luitpold yang Unggul, berlutut, menerima bendera merah-putih-merah oleh Kaisar Heinrich VI dari Hohenstaufen, Babenberger Stammbaum, Klosterneuburg Abbey, sekitar tahun 1490

Luitpold V (1157 – 31 Desember, 1194), yang Unggul, merupakan adipati Austria dari tahun 1177 dan Stiria dari tahun 1192 sampai kematiannya. Ia adalah putra Heinrich II Jasomirgott dan istri Bizantiumnya, Theodora Komnene, putri Andronikos Komnenos, putra kedua yang tertua Raja Ioannes II Komnenos.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Adipati Austria[sunting | sunting sumber]

Luitpold menggantikan ayahandanya sebagai Adipati Austria setelah kematiannya pada tanggal 13 Januari 1177. Tak lama setelah menjadi Adipati, Luitpold meminjamkan bantuan kepada Friedrich dari Bohemia di dalam pertikaiannya melawan Adipati Sobeslav II, yang berkampanye di dalam wilayah adipati Austria, dan pada tahun 1179, Luitpold mencapai kesepakatan damai dengan Bohemia. Pada tanggal 17 Agustus 1186, ia bernegosiasi Perjanjian Georgenberg dengan Ottokar IV, yang mana Stiria dan bagian tengah Austria Hulu digabungkan kedalam Provinsi Austria setelah tahun 1192. Hal ini merupakan langkah pertama menuju kreasi Austria modern.

Perang Salib Ketiga dan Akibat[sunting | sunting sumber]

Luitpold dikenang khususnya di luar Austria atas partisipasinya di dalam Perang Salib Ketiga. Ia tiba untuk ambil bagian di dalam pengepungan Acre di musim semi tahun 1191, berlayar dari Zadar di pesisir Adriatik. Ia mengambil alih kendali komando dari sisa pasukan kerajaan setelah kematian Friedrich VI dari Swabia di bulan Januari. Menurut legenda, jubahnya bersibah dengan darah setelah berperang dan ketika ia mengangkat sabuknya, sebuah garis putih muncul. Kaisar Heinrich VI memberinya hak istimewa untuk mengambil warna-warna itu sebagai benderanya yang baru, yang kemudian menjadi Bendera Austria.

Setelah Acre menyerah, bendera-bendera Kerajaan Yerusalem, Richard I dari Inggris, Philippe II dari Prancis dan benderai keadipatian Luitpold dikibarkan di kota tersebut oleh sepupu Luitpold, Corrado dari Montferrat. Akan tetapi, Richard menanggalkan warna-warna Luitpold (lihat Pengepungan Acre) dan Adipati itu dengan marah meninggalkan rumahnya di Austria, dimana ia sampai pada akhir tahun 1191. Richard juga diduga terlibat di dalam pembunuhan Corrado, tak lama setelah pelantikannya sebagai Raja Yerusalem pada bulan April 1192.

Di dalam perjalanannya kembali di musim dingin, ia melakukan perjalanan dengan menyamar, tak lama sebelum hari raya Natal pada tahun 1192 harus berhenti di dekat Wina, dimana ia dikenali (kemungkinan karena cap cincinnya) dan ditahan di Erdberg (modern wilayah Landstraße). Untuk beberapa waktu raja itu dipenjara di Dürnstein, dan di bulan Maret 1193 dibawa ke hadapan Kaisar Heinrich VI di Kastil Trifels, dan dituduh sebagai pembunuh Corrado. Bagian tebusan Luitpold sangat besar, sejumlah 6000 ember - sekitar 23 ton - perak, menjadi pondasi untuk pencetakan uang logam di Wina, dan digunakan untuk membangun kota dinding untuk Wina, dan juga mendirikan kota-kota Wiener Neustadt dan Friedberg di Stiria. Akan tetapi, adipati tersebut dikucilkan oleh Paus Selestinus III untuk memenjarakan rekan Perang Salib.

Pernikahan dan Keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1172, Luitpold menikahi Ilona, putri Raja Géza II dari Hungaria. Dengannya, Luitpold memiliki sedikitnya delapan orang anak:

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1194, kaki Luitpold ditindih oleh kudanya yang jatuh menimpanya pada sebuah turnamen di Graz. Ia meninggal karena gangrene, masih dalam keadaan dikucilkan, dan dimakamkan di Heiligenkreuz Abbey.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Necrologium Monasterii S Crucis Recentius, Passau Necrologies (II), p. 112

Referensi[sunting | sunting sumber]

Luitpold V dari Austria
Lahir: 1157 Meninggal: 1194
Jerman
Didahului oleh:
Heinrich II
Adipati Austria
1177–1194
Diteruskan oleh:
Friedrich I
Didahului oleh:
Ottokar IV
Adipati Stiria
1192–1194
Diteruskan oleh:
Luitpold VI