Ludwig Nohl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ludwig Nohl

Ludwig Nohl (05 Desember 1831 – 15 Desember 1885) adalah seorang ahli musik dan penulis musik berkebangsaan Jerman, yang terkenal karena menyalin lagu milik Ludwig van Beethoven yaitu Für Elise

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Setelah duduk di bangku sekolah menengah di Duisburg Nohl belajar hukum di Universitas-Universitas di Bonn, Heidelberg.dan Berlin, di mana ia juga mengambil pelajaran Musik dengan Siegfred dehn dan Frederich kiel. Selama studinya pada tahun 1851 ia menjadi anggota persaudaraan Allemania Bonn.

Dari tahun 1853 hingga 1856 ia adalah seorang peserta pelatihan, kemudian melakukan perjalanan ke Prancis dan Italia,kemudian menjadi guru musik di Heidelberg. Pada 1860 ia menyempurnakan tesis tentang Mozart[1] untuk "Sejarah dan Estetika Tonkunst".

Dari tahun 1868 hingga 1872 ia tinggal di Badenweiler dan akhirnya kembali ke Heidelberg. Pada tahun 1875, ia adalah seorang Dozent di politeknik di Karlsruhe (pendahulu Institut Teknologi Karlsruhe ) dan menjadi profesor penuh pada tahun 1880.

Dia adalah salah satu penulis yang paling banyak dibaca tentang musik pada masanya.Banyak buku-bukunya melewati banyak cetakan. Warisan utamanya adalah sebagai sarjana Beethoven, dan sebagian dari tulisannya disimpan di arsip negara di Iserlohn . Carl Breindenstein di Bonn (1826) dan Adolf benhard marx di Berlin (1830), jabatan profesor luar biasa yang diciptakan untuk Nohl pada tahun 1865 di Munich adalah yang ketiga dari jenisnya dan oleh karena itu memiliki arti besar bagi sejarah Musikologi sebagai Disiplin universitas.

Pada 1868 ia melepaskan pekerjaan untuk hidup sebagai penulis lepas di Badenweiler. Pada 1872 ia melanjutkan pengajarannya di Universitas Heidelberg dan mengajar di sana sampai sejarah kematiannya dan Estetika musik. Bersamaan dengan ini, pada tahun 1875 ia menjadi dosen di Politeknik di Karlsruhe dan di sana pada tahun 1880 diangkat sebagai profesor. (Institut Teknologi Karlsruhe kemudian muncul dari fasilitas itu.)Pada tahun 1865 ia menemukan tanda tangan yang sekarang hilang dari halaman album Beethoven "Für Elise", yang ia terbitkan untuk pertama kalinya dalam bukunya Neue Briefe Beethoven.

Pada tahun 1867 oleh "guru industri" Babeth Bredl di Munich. Friedrich Nietzsche[2] bertemu pada awal musim panas 1888 di perpustakaan hotel tentang Biografi Nohl's Wagner, di mana ia sendiri juga muncul sebagai pengikut Wagner.

Pada tahun 1888, Nietzsche telah menjadi musuh Wagner yang sengit, sehingga ia hanya bisa mencemooh Elaborat Nohl. Namun, ini tidak mencegahnya dari mengeksploitasi buku Nohl untuk polemiknya sendiri melawan Wagner. Jadi dia menggunakannya dalam The case wagner.[3]

Nohl adalah salah satu penulis musik yang paling banyak dibaca pada masanya, ketika Biografi musiknya diterbitkan di Perpustakaan Universal reclam dalam jumlah besar.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Andreas Urs Sommer: Kommentar zu Nietzsches „Der Antichrist“. „Ecce homo“. „Dionysos-Dithyramben“. „Nietzsche contra Wagner“ Historischer und kritischer Kommentar zu Friedrich Nietzsches Werken, hg. von der Heidelberger Akademie der Wissenschaftel. 2013. hlm. 515–516. 
  2. ^ Fortune. 2001. hlm. 20. 
  3. ^ "Allgemeine deutsche". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]