Lucy in the Sky (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lucy in the Sky
Poster film Lucy in the Sky
SutradaraNoah Hawley
ProduserJohn Cameron
Noah Hawley
Bruna Papandrea
Reese Witherspoon
Ditulis olehBrian C. Brown
Elliott DiGuiseppi
Noah Hawley
CeritaBrian C. Brown
Elliott DiGuiseppi
PemeranNatalie Portman
Jon Hamm
Dan Stevens
Zazie Beetz
Ellen Burstyn
Colman Domingo
Penata musikJeff Russo
SinematograferPolly Morgan
PenyuntingRegis Kimble
Perusahaan
produksi
Pacific Standard
26 Keys Productions
TSG Entertainment
DistributorSearchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi125 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$27 juta[2]
Pendapatan
kotor
$325.950[3]

Lucy in the Sky adalah film drama fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Noah Hawley dan diproduseri oleh John Cameron, Noah Hawley, Bruna Papandrea dan Reese Witherspoon. Naskah film ini ditulis oleh Brian C. Brown, Elliott DiGuiseppi dan Noah Hawley, sementara ceritanya ditulis oleh Brian C. Brown dan Elliott DiGuiseppi. Film ini dibintangi oleh Natalie Portman, Jon Hamm, Dan Stevens, Zazie Beetz, Ellen Burstyn dan Colman Domingo.

Film Lucy in the Sky ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 11 September 2019[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 4 Oktober 2019.[5] Film ini mendapatkan review negatif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini secara longgar berdasarkan pada tindakan kriminal astronaut Lisa Nowak atas keterlibatan romantisnya dengan sesama astronaut William Oefelein.[6]

Astronaut Lucy Cola (Natalie Portman) tertarik dengan misi pertamanya di luar angkasa. Sekembalinya ke Bumi, ia langsung merasa terputus dari kehidupan normalnya dengan suaminya, Drew (Dan Stevens), serta keponakannya, Blue Iris (Pearl Amanda Dickson).

Meskipun ia disarankan untuk menjalani terapi NASA dan beristirahat, Lucy mulai mendorong dirinya sendiri secara fisik dan mental untuk kembali ke ruang angkasa pada misi berikutnya. Selama pelatihan, Lucy bertemu dengan seorang astronaut wanita muda bernama Erin (Zazie Beetz).

Bosan dan frustrasi dengan suaminya yang selalu mendukungnya, Lucy mulai menghabiskan waktu dengan astronaut lain yang telah melakukan misi ke luar angkasa. Lucy akhirnya memulai perselingkuhan dengan sesama astronaut bernama Mark (Jon Hamm).

Bertekad untuk mengalahkan rekor yang baru-baru ini dibuat oleh Erin, Lucy hampir tenggelam selama tes bawah air, tetapi ia tetap benar-benar tenang dengan detak jantungnya yang sebenarnya semakin tenang. Belakangan diketahui bahwa Mark juga berselingkuh dengan Erin, membuat Lucy merasa semakin terisolasi dari Drew. Merasa tidak terima dengan kekalahan dan tidak mau mengalah, Lucy memaksa berselingkuh lagi dan menuntut agar Mark menghentikan hubungannya dengan Erin.

Nenek Lucy yang perokok berat, Nana Holbrook (Ellen Burstyn), meninggal karena stroke, membuat Lucy sangat tertekan dan menyebabkan Drew semakin khawatir dengan perilakunya yang tidak menentu. Setelah pemakaman, Lucy menangis dan meninggalkan Drew dan Blue Iris di belakangnya. Ia menangis di toilet umum di sebuah arena bowling dan berkata, "Apakah ini sebaik yang didapat?"

Administrasi NASA berseteru dengan Lucy dalam keadaan hampir tenggelam (dan juga bukti bahwa Lucy telah menghentikan terapi) dan memberitahunya bahwa ia tidak lolos untuk misi mendatang. Meskipun berjanji bahwa ia dapat memenuhi syarat untuk misi selanjutnya dalam waktu tiga tahun mendatang, Lucy menjadi marah dan paranoid karena alasan tersembunyi. Ketika ia menerobos masuk ke komputer Mark, Lucy menemukan email yang menunjukkan bahwa Mark telah melanjutkan perselingkuhannya dengan Erin serta email dari Mark yang mendesak NASA agar Lucy tidak lolos. Paranoid Lucy dikonfirmasi ketika Lucy menemukan bahwa Erin telah dipilih untuk misi.

Dengan kenyataan yang sekarang benar-benar jelas, Lucy memutuskan untuk membalas dendam pada Mark dan Erin. Lucy dan Blue Iris memulai perjalanan lintas negara. Sepanjang jalan, Lucy mengalami halusinasi neneknya dan meninggalkan pesan yang tidak menentu secara emosional untuk NASA.

Mengenakan wig palsu, Lucy menyelinap ke bandara tempat Mark dan Erin berada. Mengikuti Mark ke mobilnya, Lucy sambil menangis berhadapan dengan Mark, tetapi ia berhenti ketika Erin muncul. Mata Mark buta oleh semprotan dan pergi. Lucy benar-benar jatuh dan ditangkap oleh polisi ketika berusaha melarikan diri. Bermacam-macam senjata dan peralatan ditemukan di mobil Lucy.

Tiga tahun kemudian, Blue Iris memberikan presentasi di kelas, dengan kehadiran Drew. Lucy kemudian bekerja sebagai peternak lebah, lalu ia menutup salah satu sarang, lalu membuka tudung jas pelindungnya, tersenyum sejenak pada lebah dan seekor kupu-kupu terbang di sekelilingnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Lucy in the Sky mendapatkan review negatif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 22%, berdasarkan 122 ulasan, dengan rating rata-rata 4,38/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 36 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan yang buruk".[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Lucy in the Sky mendapatkan $319.976 di Amerika Utara dan Kanada dan $5.974 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $325.950, lebih kecil dari anggaran produksi film $27 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $54.058, menempati posisi ke-37 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lucy in the Sky (15)". British Board of Film Classification. November 1, 2019. Diakses tanggal February 18, 2020. 
  2. ^ Film and Television Tax Credit Program Program 2.0 (PDF) (Laporan). California Film Commission. July 29, 2019. hlm. 3. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-08-14. Diakses tanggal August 14, 2019. 
  3. ^ a b c "Lucy in the Sky (2019)". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 18, 2020. 
  4. ^ Vlessing, Etan (August 13, 2019). "'The Aeronauts,' 'Burnt Orange Heresy' Added to Toronto Film Fest Lineup". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal August 13, 2019. 
  5. ^ "LUCY IN THE SKY, Starring Natalie Portman, Arrives This October". Rama Screen. August 8, 2019. Diakses tanggal August 8, 2019. 
  6. ^ Yuill, Oscar (July 26, 2018). "Pale Blue Dot: first look at Natalie Portman in Noah Hawley's murderous astronaut drama". The Telegraph. Diakses tanggal December 7, 2018. 
  7. ^ "Lucy in the Sky (2019)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 18, 2020. 
  8. ^ "Lucy in the Sky reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 18, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]