Lu Jia (Han Barat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lu Jia atau Lu Gu (陸賈; meninggal 170 SM) adalah seorang politisi dari dinasti Han Barat, Tiongkok.[1] Ia memastikan dan bertemu dengan raja Zhao Tuo yang menyerahkan kerajaan Nanyue kepada dinasti Han pada tahun 196 SM.

Kitab Han memuji dia karena telah mengubah pendiri dinasti Han Liu Bang menjadi Konfusianisme. Sebuah anekdot mengatakan bahwa dalam sebuah pertemuan awal, Liu mengejek minat Lu yang besar terhadap keilmuan dengan kata-kata, "Aku melakukan semua penaklukan dari belakang kudaku, apa gunanya buku dan puisi bagiku?" Yang dijawab Lu "begitu tuanku selesai melakukan penaklukan, apakah tuanku juga berniat untuk melakukan semua keputusan dari belakang kuda?" Jawaban ini membuat Liu terdiam, dan ia kemudian meminta Lu membuatkannya sebuah kitab contoh sejarah yang menguraikan mengapa Qin kehilangan dukungan dunia dan bagaimana Liu sendiri dapat memperoleh dan mempertahankannya. Kitab ini terdiri dari 12-bab yang dikenal sebagai Xin Yu 新语 (Kata-kata Baru atau mungkin bisa juga Kata-kata Pembaruan).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ John Makeham (2008). China: The World's Oldest Living Civilization Revealed. Thames & Hudson. hlm. 130. ISBN 978-0-500-25142-3. 
  2. ^ Han Shu 汉书, chapter 43