Lsjbot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lsjbot
Sebuah artikel khas yang dibuat oleh Lsjbot
Sebuah artikel khas yang dibuat oleh Lsjbot
PengembangSverker Johansson
JenisBot internet
Situs webLsjbot di Wikipedia bahasa Swedia

Lsjbot adalah sebuah bot internet atau program pembuatan artikel Wikipedia otomatis yang dikembangkan oleh Sverker Johansson untuk Wikipedia bahasa Swedia. Bot tersebut biasanya berfokus pada artkel-artikel tentang makhluk hidup dan wilayah geografi (seperti sungai, bendungan dan gunung).

Menurut halaman deskripsinya di Wikipedia bahasa Swedia, Lsjbot aktif di Wikipedia bahasa Swedia, Cebu dan Waray, dan telah membuat mayoritas artikel Wikipedia dalam bahasa-bahasa tersebut.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sverker Johansson, pengembang Lsjbot.

Program tersebut bertanggung jawab untuk 2.7 juta artikel hingga Juli 2014, dua per tiga diantaranya berada di Wikipedia bahasa Cebu (bahasa asli istri Johansson, Smiley); sepertiga lainnya berada di Wikipedia bahasa Swedia. Bot tersebut dapat menghasilkan lebih dari 10,000 artikel per hari.

Pada 15 Juni 2013, Wikipedia bahasa Swedia mencapai satu juta artikel, menjadikannya Wikipedia bahasa kedelapan yang mencapai jumlah tersebut. Artikel kesejutanya dibuat oleh Lsjbot – yang pada masa itu telah membuat 454,000 artikel, hampir setengah jumlah artikel dari Wikipedia bahasa Swedia.[2] Lsjbot juga bertanggung jawab atas membantu Wikipedia bahasa Swedia menjadi edisi kedua Wikipedia yang mencapai 2 juta artikel, yang kemudian menjadi edisi Wikipedia terbesar kedua hanya setelah Wikipedia bahasa Inggris.

Dalam pers[sunting | sunting sumber]

Operasinya telah menimbulkan kritikan, dari orang-orang yang menganggap artikel-artikel rintisannya kurang memiliki isi yang berarti dan sentuhan manusia.[3] Sydney Morning Herald membandingkan bot tersebut dengan Phil Parker, yang konon merupakan penulis yang paling sering melakukan penerbitan dalam sejarah manusia, yang telah menerbitkan lebih dari 85,000 buku, yang masing-masing diselesaikan kurang dari satu jam memakai komputer.[4] Popular Science membandingkan bot tersebut dengan pengumuman pada Juli 2014 dari Associated Press yang berencana untuk memakai bot untuk menulis artikel-artikel.[5] Johansson menyangkal serangan-serangan terhadap metodenya dengan menyatakan bahwa jika bukan bot yang menulis artikel, "artikel lainnya biasanya ditulis oleh kaum muda, orang kulit putih, nerd laki-laki dan merefleksikan kepentingan laki-laki."[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman pengguna bot tersebut di Wikipedia bahasa Swedia, diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memakai Google Translate.
  2. ^ Gulbrandsson, Lennart (17 June 2013). "Swedish Wikipedia surpasses 1 million articles with aid of article creation bot". Wikimedia Blog. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2018. Diakses tanggal 24 February 2018. 
  3. ^ Jervell, Ellen Emmerentze (13 July 2014). "For This Author, 10,000 Wikipedia Articles Is a Good Day's Work"Perlu langganan berbayar. Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2018. Diakses tanggal 24 February 2018. 
  4. ^ Bagshaw, Eryk (16 July 2014). "This is how Sverker Johansson wrote 8.5 per cent of everything published on Wikipedia". Sydney Morning Herald. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2018. Diakses tanggal 24 February 2018. 
  5. ^ Main, Douglas (14 July 2014). "This Bot Has Written More Wikipedia Articles Than Anybody". Popular Science. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2018. Diakses tanggal 24 February 2018. 
  6. ^ "Swedish Wiki vet sets new content record". The Local. 18 July 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 February 2018. Diakses tanggal 24 February 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]