Low Back Pain / Lumbago

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lumbago (low back pain) adalah nyeri pinggang sering terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot punggung. Sakit pinggang merupakan keluhan umum, kebanyakan orang mengalami hal tersebut dalam kehidupan manusia (lebih dari 80% manusia). Nyeri pinggang adalah salah satu alasan paling sering orang berobat ke dokter atau ke medis. Pada 90 % kasus nyeri pinggang akan sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 6-12 minggu. Kasus ini akan meningkat pada usia > 45 tahun.

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar kasus nyeri pinggang dapat dihubungkan dengan penyebab umum seperti ketegangan otot, cedera otot atau penggunaan yang berlebihan atau dapat dikaitkan dengan kondisi tertentu yang terjadi pada tulang belakang. Kondisi tulang belakang terkait yang paling umum yang menyebabkan nyeri punggung bawah adalah:

  • Hernia Diskus (HNP, Hernia Nukleous Pulposus)
  • Penyakit degeneratif pada diskus
  • spondylolisthesis
  • stenosis spinal
  • psteoarthritis

Kondisi yang jarang menyebabkan nyeri pinggang yang tidak terdapat diatas seperti disfungsi sendi sacroiliac, tumor tulang belakang, fibromyalgia, dan sindrom piriformis.

Dalam keadaan sehari-hari dari low back pain secara akut terjadi setelah gerakan yang melibatkan mengangkat benda berat, memutar, atau yang lainnya. Gejala-gejala dapat segera dimulai setelah gerakan atau setelah bangun keesokan harinya. Nyeri kadang muncul disertai menjalar ke kaki. Gejala dapat berkisar dari nyeri pada titik tertentu pada pinggang atau memburuk dengan gerakan tertentu seperti duduk atau berdiri. Nyeri pinggang akut ini kadang ada yang berlanjut menjadi nyeri kronis yang dapat mengganggu kehidupan seseorang seperti sulit tidur, cemas dan depresi bila nyeri dirasakan berat.

Penanganan[sunting | sunting sumber]

Untuk nyeri akut yang ringan atau sedang bertujuan untuk restorsi fungsi normal seperti kembali bekerja dan menghilangkan rasa nyeri. Bila datang ke dokter bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Terapi medikamentosa: dapat di coba dengan menggunakan obat anti nyeri golongan NSAID baik dengan injeksi atau obat minum.
  • Terapi fisik: dilakukan dengan alat-alat fisioterapi
  • Pembedahan atau surgery: tergantung dari kasusnya, bila kasus nyeri tulang belakang tersebut indikasi untuk dilakukan pembedahan semisal HNP, Canal stenosis, dan lain-lainnya. Tujuannya untuk menghilangkan penyebabnya atau penjepitan saraf yang menyebabkan nyeri. Cara lain yang dilakukan adalah dengan injeksi obat tertentu langsung pada tempat nyeri tersebut (interventional pain management). Cara-cara tersebut dilakukan oleh ahlinya yaitu dokter bedah saraf.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Kondisi Penanganan Low Back Pain- Lumbargo Diarsipkan 2014-07-14 di Wayback Machine. Surabaya Neuroscience Institute - Grup Ahli Bedah Saraf Surabaya