Lover's Grief over the Yellow River

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lover's Grief over the Yellow River
Nama lain
Tradisional黃河絕戀
Sederhana黄河绝恋
MandarinHúanghé júeliàn
SutradaraFeng Xiaoning
ProduserJiang Ping
Ditulis olehFeng Xiaoning
PemeranPaul Kersey
Ning Jing
SinematograferFeng Xiaoning
PenyuntingFeng Sihai
Tanggal rilis
  • 1999 (1999)
Durasi110 menit
BahasaMandarin

Lover's Grief over the Yellow River (Hanzi sederhana: 黄河绝恋; Hanzi tradisional: 黃河絕戀; Pinyin: Húanghé júeliàn) adalah sebuah film Tiongkok 1999 yang disutradarai oleh Feng Xiaoning. Film tersebut menjadi perwakilan Film Berbahasa Asing Terbaik resmi Tiongkok di Academy Awards ke-72, namun tidak masuk nominasi.[1] Feng menjadikan film tersebut sebagai film kedua dari trilogi "War and Peace" (战争与和平) buatannya.

Alur[sunting | sunting sumber]

Alurnya berkisah tentang seorang pilot Amerika, yang diperankan oleh Paul Kersey, yang juga membintangi film 1997 Feng Xiaoning Red River Valley, sebuah film yang mengisahkan tentang invasi Inggris ke Tibet pada 1905. Pada Perang Tiongkok-Jepang Kedua, pilot Amerika tersebut membuat pendaratan darurat di dekat Tembok Raksasa di Utara Tiongkok dan menarik hati pasukan gerilyawan Komunis. Ia bertemu dan jatuh cinta dengan seorang pejuang wanita muda yang diperkosa oleh para invander-invander Jepang. Orang Amerika tersebut datang ke Sungai Kuning setelah pembukaan Tiongkok pada 1980an.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ *"Record 47 Countries In Oscar Contention" (Siaran pers). Academy of Motion Picture Arts and Sciences. 1999-11-22. Diakses tanggal 2008-08-20. 
  2. ^ Lover's Grief over the Yellow River di Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]