Love and Monsters

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Love and Monsters
Poster resmi
SutradaraMichael Matthews
Produser
Skenario
  • Brian Duffield
  • Matthew Robinson
CeritaBrian Duffield
Pemeran
Penata musik
SinematograferLachlan Milne
Penyunting
  • Debbie Berman
  • Nancy Richardson
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 16 Oktober 2020 (2020-10-16)
Durasi109 Menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$30 Juta
Pendapatan
kotor
$1.1 Juta[3]

Love and Monsters adalah film petualangan monster Amerika Serikat tahun 2020 yang disutradarai oleh Michael Matthews, dengan Shawn Levy dan Dan Cohen sebagai produser. Film ini dibintangi oleh Dylan O'Brien, Jessica Henwick, Dan Ewing dan Michael Rooker.

Pengembangan cerita dimulai pada tahun 2012 dengan judul Monster Problems, proyek tersebut bertahan selama beberapa tahun hingga pada Oktober 2018, O'Brien dan kemudian Matthews bergabung dengan film ini. Pemeran lainnya bergabung selama beberapa bulan ke depan, dan syuting berlangsung di Australia dari Maret hingga Mei 2019.

Love and Monsters awalnya akan dirilis melalui teater secara komersil oleh Paramount Pictures pada Februari 2020. Namun, karena pandemi COVID-19, studio memilih untuk merilis film ini secara digital melalui video on demand, dan di bioskop tertentu pada 16 Oktober 2020. Film ini umumnya mendapat ulasan positif dari para kritikus. Pada Academy Awards ke-93, film ini dinominasikan untuk Efek Visual Terbaik, tetapi kalah dari Tenet.

Plot[sunting | sunting sumber]

Penghancuran asteroid menuju Bumi mengakibatkan dampak kimia, menyebabkan hewan berdarah dingin bermutasi menjadi monster besar dan membunuh sebagian besar umat manusia. Saat evakuasi di Fairfield, Joel Dawson dipisahkan dari pacarnya Aimee tetapi berjanji untuk menemukannya, tak lama sebelum orang tuanya terbunuh.

Tujuh tahun kemudian, Joel tinggal di salah satu dari bunker bawah tanah yang disebut "koloni", di mana semua yang selamat akan tetapi semua orang berpasangan satu sama lain saat melawan monster dan mencari persediaan. Joel malah bekerja di dapur, dan ia tak bisa bergerak ketika dalam situasi berbahaya. Ketika seekor semut raksasa menerobos koloninya, dan membunuh Connor, salah satu penghuni koloni. Joel memulai pencarian untuk bersatu kembali dengan Aimee agar dia tidak mati sendirian.

Melewati pinggiran kota, Joel diserang oleh monster kodok raksasa tetapi diselamatkan oleh seekor anjing liar bernama "Boy", yang kemudian mengikuti Joel dalam perjalanannya. Joel jatuh ke dalam sarang monster cacing yang disebut "Sand-Gobblers", kemudian dua orang muncul, Clyde Dutton dan Minnow, menyelamatkannya. Mereka menuju utara ke pegunungan, di mana lebih sedikit monster hidup karena cuaca yang lebih dingin dan ketinggian yang lebih tinggi. Mereka mengajari Joel beberapa keterampilan bertahan hidup, dan bahwa tidak semua monster jahat, menunjukkan bagaimana "Kamu selalu bisa tahu melalui mata monster". Mereka mengundang Joel untuk tinggal bersama mereka, tetapi dia bersikeras dia harus menemukan Aimee. Saat mereka berpisah, Clyde memberi Joel sebuah granat.

Melanjutkan perjalanannya ke barat, Boy terjebak dengan monster lipan raksasa. Joel tak dapat bergerak, tetapi akhirnya menyelamatkan Boy dengan panahnya. Berlindung di sebuah motel yang ditinggalkan, mereka bertemu dengan robot bernama Mav1s. Sebelum baterainya mati, Mav1s memberikan dayanya untuk radio Joel untuk menghubungi Aimee. Korban selamat lainnya telah mencapai koloni Aimee, berjanji untuk membawa mereka ke tempat yang aman. Keesokan harinya Joel dan Boy diserang oleh Queen Sand-Gobbler. Mereka bersembunyi, tapi Boy menggonggong, lalu Joel membunuh monster dengan granat. Dia memarahi Boy karena menempatkan mereka dalam bahaya, menyebabkan Boy melarikan diri. Setelah berenang melintasi kolam, Joel diselimuti lintah beracun dan berhalusinasi, tetapi diselamatkan oleh koloni Aimee sebelum dia pingsan.

Joel bangun dan melihat Aimee. Aimee memimpin koloni pantai dengan para penyintas lansia yang bergantung padanya. Joel diperkenalkan kepada para penyintas, kapten kapal dan krunya. Saat semua orang merayakan keberangkatan mereka yang sudah dekat, Aimee mengaku senang melihat Joel, tetapi ia telah menjadi orang yang berbeda dan masih berduka untuk seseorang yang dia cintai. Joel memutuskan untuk kembali ke koloninya, menghubungi mereka di radio dan kemudian mengetahui bahwa koloni Aimee menjadi tidak aman. Kapten memberikan Joel beberapa buah beri, yang dia ketahui beracun. Menyadari kapten tidak bisa dipercaya, dia bergegas untuk memperingatkan Aimee tetapi ia pingsan.

Joel, Aimee, dan sisa koloninya terbangun dalam keadaan terikat di pantai. Kapten mengungkapkan bahwa kelompoknya ada di pantai untuk mencuri persediaan makanan koloni Aimee, dan kapal pesiar kapten ditarik oleh monster kepiting yang dikendalikan dengan rantai listrik. Kapten mengatur kepiting untuk memakan kolonis, tetapi Joel dan Aimee melarikan diri dan mampu berjuang untuk hidup mereka, dan Boy kembali untuk membantu. Joel memiliki kesempatan untuk membunuh kepiting, tetapi dia menyadari bahwa kepiting itu tidak jahat dengan melihat ke matanya, dan menembakkan rantai listrik untuk membebaskannya. Kepiting meninggalkan Joel tanpa cedera dan malah membunuh Kapten dan krunya, lalu menenggelamkan kapal pesiar.

Joel merekomendasikan Aimee dan koloninya untuk ke utara. Mereka berciuman selamat tinggal, dan Aimee berjanji akan mencari Joel. Joel melakukan perjalanan kembali ke koloninya, dan mereka juga memutuskan untuk pergi ke pegunungan. Di radio, Joel menginspirasi koloni lain untuk muncul ke permukaan. Saat semua orang menuju utara, Clyde dan Minnow, yang sudah berada di pegunungan, bertanya-tanya apakah Joel akan selamat dalam perjalanan berikutnya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Dylan O'Brien sebagai Joel Dawson
  • Jessica Henwick sebagai Aimee
  • Michael Rooker sebagai Clyde Dutton
  • Dan Ewing sebagai Kapten
  • Ariana Greenblatt sebagai Minnow
  • Ellen Hollman sebagai Dana
  • Tre Hale sebagai Rocko
  • Pacharo Mzembe sebagai Ray
  • Senie Priti sebagai Karen
  • Amali Golden sebagai Ava
  • Te Kohe Tuhaka sebagai Tim
  • Tasneem Roc sebagai Anna Lucia
  • Thomas Campbell sebagai Anderson
  • Melanie Zanetti sebagai Kala
  • Bruce Spence sebagai "Old Pete"
  • Hazel Phillips sebagai Janice
  • Donnie Baxter sebagai Parker
  • Andrew Buchanan sebagai Ayah Joel
  • Tandi Wright sebagai Ibu Joel

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, film ini mendapat rating persetujuan 94% berdasarkan 108 ulasan, dengan rating rata-rata 7.3/10. Konsensus para kritikus situs tersebut berbunyi: "Dipimpin oleh bintang menawan dari Dylan O'Brien, Love and Monsters mengintip ke dalam kiamat dan menemukan petualangan aksi dengan kedalaman emosional yang mengejutkan."[4] Pada Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 63 dari 100, berdasarkan ulasan dari 14 kritikus, menunjukkan "ulasan umumnya menguntungkan".[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dylan O'Brien's Monster Problems, Clifford Backed by Paramount, eOne". Variety. June 20, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 25, 2020. Diakses tanggal June 20, 2020. 
  2. ^ Taylor, Melissa (March 18, 2021). "'Love and Monsters' Coming to Netflix Internationally in April 2021". What's on Netflix. Diakses tanggal March 30, 2021. 
  3. ^ "Love and Monsters (2020)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 18, 2020. 
  4. ^ "Love and Monsters (2020)". Rotten Tomatoes. Fandango. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 25, 2020. Diakses tanggal November 29, 2022. 
  5. ^ "Love and Monsters Reviews". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 21, 2020. Diakses tanggal May 30, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]