Louis Thomas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Louis Thomas
Comte Soissons
Lahir 15 Desember 1657
Mangkat 14 Agustus 1702 (umur 44)
Dekat Landau
Nama lengkap
Luigi Tommaso di Savoia
Ayah Eugene Maurice
Ibu Olympia Mancini
Pasangan Urania de La Cropte
Anak
Maria Anna Vittoria
Emanuele Tommaso

Louis Thomas dari Savoia (bahasa Italia: Luigi Tommaso di Savoia; lahir 15 Desember 1657 – meninggal 14 Agustus 1702 pada umur 44 tahun) merupakan seorang Comte Soissons dan berasal dari keluarga Wangsa Savoia.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Louis Thomas adalah putra sulung Eugene Maurice dan Olympia Mancini, dan juga adalah kakanda Eugene dari Savoia.

Ia menikahi Urania de La Cropte yang cantik, yang digambarkan oleh Santo Simon "bersinar seperti pagi hari". Mereka memiliki seorang putra dan seorang putri, putrinya yang akhirnya menjadi pewaris harta milik Eugene.

Sepupu-sepupu maternalnya termasuk Adipati Vendôme juga Adipati Bouillon dan Louis Henri de La Tour d'Auvergne. Sepupu-sepupu paternalnya termasuk Vittorio Amedeo I dan Louis William.

Setelah kematian ayahandanya dan ibundanya yang melarikan diri ke Spanyol karena terlibat di dalam Skandal Racun, Louis Thomas dan Urania didakwa, bersama dengan nenek paternalnya, dengan membesarkan adik-adiknya. Eugene tidak pernah melupakan cinta orangtuanya.

Louis Thomas mendapatkan tugas sebagai perwira di Angkatan Darat Perancis, namun Louis XIV dari Perancis naksir istrinya, akan tetapi Urania menolak cinta raja. Dengan marah, Louis memecat Louis Thomas dari jabatannya, dan ketika Louis Thomas mencari sebuah posisi di luar negeri, ia menghentikan pensiun dan iurannya.

Pada tahun 1699, ia pailit, Louis Thomas mencari bantuan dari adiknya Eugene di Wina. Dengan bantuan Eugene, ia mendapat sebuah tugas di dalam Angkatan Darat Kerajaan Austria. Ia tewas terbunuh di dalam sebuah aksi di dekat Landau melawan Perancis pada awal Perang Suksesi Spanyol pada tanggal 24 Agustus 1702.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Silsilah[sunting | sunting sumber]