Louis-Ernest Barrias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Louis-Ernest Barrias
Louis-Ernest Barrias, c. 1899
Lahir(1841-04-13)13 April 1841
Paris, Prancis
Meninggal4 Februari 1905(1905-02-04) (umur 63)
Paris, Prancis
KebangsaanPrancis
PendidikanÉcole des Beaux-Arts
Dikenal atasPatung
Karya terkenalJeune Fille de Bou Saada
La Nature se dévoilant devant la Science
Gerakan politikRomantique; Art Nouveau
Louis-Ernest Barrias di studionya di Paris
Patung Barrais untuk makam Gustave Guillaumet, Pemakaman Montmartre, Paris. Gadis muda dari Bou Saâda menjatuhkan bunga ke potret Guillaumet

Louis-Ernest Barrias (13 April 1841 – 4 Februari 1905) adalah seorang pematung Prancis di Ecole des Beaux-Arts. Pada tahun 1865, Barrias memenangkan Prix de Rome untuk studinya di Académie française de Rome.

Barrias berpartisipasi dalam dekorasi Paris Opéra dan Hôtel de la Païva dari Champs-Élysées. Karyanya terutama dalam marmer, dalam gaya realistis romantis oleh Jean-Baptiste Carpeaux.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Paris dalam keluarga seniman. Ayahnya adalah seorang pelukis porselen, dan kakak laki-lakinya Félix-Joseph Barrias seorang pelukis terkenal. Louis-Ernest juga memulai sebagai pelukis, belajar dengan Léon Cogniet, tetapi kemudian beralih ke seni pahat dengan Pierre-Jules Cavelier sebagai guru. Pada tahun 1858, ia diterima di École nationale supérieure des beaux-arts di Paris, di mana gurunya adalah François Jouffroy. Pada tahun 1865, Barrias memenangkan Prix de Rome untuk studinya di Académie française de Rome. Barrias berpartisipasi dalam dekorasi Paris Opéra dan Hôtel de la Païva dari Champs-Élysées. Karyanya terutama dalam marmer, dalam gaya realistis romantis oleh Jean-Baptiste Carpeaux.

Pada tahun 1878, ia diangkat menjadi ksatria Legion of honor, perwira pada tahun 1881 dan komandan pada tahun 1900. Barrias menggantikan Dumont di Institut de France pada tahun 1884 kemudian menggantikan Cavelier sebagai profesor di Sekolah Seni Rupa . Pada 1900-03 ia bertugas di Dewan Museum Nasional. Di antara murid-muridnya adalah Josep Clar, Charles Despiau, Henri Bouchard, Fernand Hamar, dan Victor Ségoffin.

Barrias sangat dipengaruhi oleh gaya Art Nouveau, yang dominan dalam seni selama fin-de-siècle di Prancis. Sosok wanita menggairahkan yang digunakan dalam banyak patungnya adalah produk dari waktu dan gaya ini. Alam dan erotisme juga sering digunakan dalam jenis seni ini, yang dapat ditemukan di banyak karya Barrias, terutama "Alam terbentang sebelum sains". Karya ini dibuat pada tahun 1899 ketika gaya ini populer. Patung lain karya Barrias adalah 'Potret Mozart Muda'. Dia juga sering menggunakan referensi sastra dalam patung-patungnya (Fusco, Peter, dan H. W, Janson, eds. "The Romantics to Rodin". New York: Los Angeles County Museum of Art, 1980. Print).

Barrias meninggal di Paris pada 4 Februari 1905.

Karya terpilih[sunting | sunting sumber]

At Père Lachaise Cemetery:

At the Jardin des Tuileries:

At La Défense:

At the Musée d'Orsay:

At Dreux:

  • Funeral monument of the duchesse d'Alençon.[1]

In private collections:

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Antoinette Le Normand-Romain, Mémoire de marbre. La Sculpture funéraire en France 1804-1914 (Paris) 1995.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]