Lotus Cars

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lotus (Mobil))
Lotus Cars Limited
Perusahaan privat terbatas
IndustriOtomotif
Didirikan1952
PendiriColin Chapman
Kantor
pusat
,
Inggris,
Britania Raya
Wilayah operasi
Seluruh dunia
Tokoh
kunci
Colin Chapman
Dany Bahar
Michael J Kimberley
Syed Zainal Abidin
Badrul Feisal
ProdukMobil, Suku cadang kendaraan
PemilikGeneral Motors (1986-1993)
R.Artioli/Bugatti (1993-1996)
Proton (1996-sekarang)
IndukGroup Lotus plc
Situs webLotuscars.com

Lotus Cars adalah sebuah pabrik mobil di Hethel, Norfolk, Inggris yang memproduksi mobil-mobil sport dan balap. Perusahaan ini terkenal karena prestasinya untuk merancang dan menghasilkan mobil-mobil balap yang sangat ringan beratnya namun memiliki kemampuan manuver yang tinggi.

Michael J Kimberley ("Mike") saat ini menjabat sebagai Acting Chief Executive Officer dari perusahaan ini dan Lotus Group sejak Mei 2006. Mike saat ini juga mengetuai Executive Committee dari Lotus Group International Limited ("LGIL") yang didirikan di bulan Februari 2006 bersama dengan Syed Zainal Abidin (Managing Director dari Proton Holdings Berhad) dan Badrul Feisal (non-executive director dari Proton Holdings Berhad). LGIL adalah perusahaan holding Lotus Group Plc.

Beberapa hasil produksi Lotus menjadi kendaraan James Bond dalam beberapa filmnya, seperti Lotus Esprit S1 di film The Spy Who Loved Me, Lotus Esprit Turbo di film For Your Eyes Only, dan Lotus Formula 3 di film James Bond non-official, Casino Royale (1967).