Lotto Sport Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 45°44′26″N 12°03′46″E / 45.7405836°N 12.0627287°E / 45.7405836; 12.0627287

Lotto Sport Italia
Swasta
IndustriTekstil
Peralatan olahraga
Didirikan1973; 51 tahun lalu (1973) di Montebelluna, Italia
PendiriKeluarga Caberlotto
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Seluruh dunia
ProdukPakaian olahraga, pakaian kasual, sneakers, sepatu sepak bola
MerekLegenda
Works
Situs weblotto.it

Lotto Sport Italia adalah sebuah produsen peralatan olahraga asal Italia yang berkantor pusat di Trevignano, dekat Treviso. Perusahaan ini memproduksi dan memasarkan pakaian dan alas kaki olahraga dan kasual (termasuk sneakers dan sepatu sepak bola). Produk pakaiannya meliputi kaos, jaket, celana pendek, dan legging.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lotto didirikan pada tahun 1939 oleh Keluarga Caberlotto (yang merupakan pemilik tim sepak bola F.C. Treviso) di Montebelluna, Italia bagian utara, pusat produksi alas kaki. Pada bulan Juni 1973, Lotto mulai memproduksi alas kaki olahraga, yakni sepatu tenis. Perusahaan ini kemudian juga memproduksi sepatu basket, voli, atletik, dan sepak bola.

Perusahaan ini lalu mulai memproduksi pakaian olahraga. Pada sepuluh tahun pertama, Lotto fokus di Italia, serta fokus memproduksi pakaian dan alas kaki untuk tenis. Lotto juga mensponsori sejumlah nama besar di dunia tenis pada saat itu (Martina Navratilova, Boris Becker, Thomas Muster, dan Andrea Gaudenzi).

Gerai Lotto di Hong Kong

Pada dekade 1980-an, Lotto mulai memproduksi pakaian dan sepatu sepak bola. Lotto juga menandatangani perjanjian kolaborasi dengan sejumlah pemain dan tim sepak bola besar. Pemain tenis seperti John Newcombe, Andrés Gómez, dan José Luis Clerc pun memakai produk buatan perusahaan ini.

Perjanjian sponsor pertama di sepak bola dijalin dengan pemain (Dino Zoff dan Ruud Gullit) serta tim, seperti Milan (1993–98), tim nasional sepak bola Belanda, Napoli (1994–97), Juventus (2000–03), Chievo, dan Real Zaragoza. Para pesepak bola profesional pun memberikan saran, baik dalam hal rancangan maupun setelan dari produk perusahaan ini. Pada periode yang sama, Lotto juga mulai mengekspor produknya, dan bisnisnya di luar Italia pun tumbuh pesat. Sepuluh tahun kemudian, produk perusahaan ini telah didistribusikan ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia.

Pada bulan Juni 1999, perusahaan ini diambil alih oleh sekelompok pebisnis lokal yang telah lama aktif di bidang olahraga. Andrea Tomat kemudian ditunjuk menjadi Presiden dan CEO dari Lotto. Perusahaan ini kemudian diubah namanya menjadi Lotto Sport Italia.

Saat ini, Lotto menjual produknya di lebih dari 70 negara melalui gerai olahraga independen, gerai khusus, dan melalui departemen olahraga di toko-toko besar. Merek yang digunakan untuk jam tangan adalah Lotto Time.[1] Perusahaan ini juga berupaya mengembangkan gerai unggulan, yang kini telah ada di Italia dan sejumlah negara lain.[2]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Lotto saat ini mendistribusikan produknya ke lebih dari 110 negara, melalui gerai olahraga independen, gerai khusus, dan melalui departemen olahraga di toko-toko besar. Perlakuan khusus juga diberikan pada gerai yang hanya menjual produk Lotto (gerai unggulan, gerai jalanan, dan gerai pabrik).

Sponsor merupakan bagian penting dari kesuksesan Lotto. Selain perjanjian terbaru dengan USPTA dan kemitraan teknis dengan ATP, WTA Tour, dan Wimbledon, Lotto juga muncul di semua seri kejuaran dan turnamen Grand Slam, serta telah menjadi bagian dari Italian Open selama lebih dari 30 tahun. Lebih dari 120 pemain tenis profesional kini memakai produk Lotto.

[sunting | sunting sumber]

Sepak bola[sunting | sunting sumber]

Tenis[sunting | sunting sumber]

ESports[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lotto Time Diarsipkan 2011-07-12 di Wayback Machine.
  2. ^ "History of Lotto Sports in "Football Shirt Culture" website". Footballshirtculture.com. 2007-01-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-11. Diakses tanggal 2011-12-07. 
  3. ^ "Team Empire partners with Lotto in long-term deal". 17 May 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]