Lorraine Hilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kadipaten Lorraine Hilir
Neder-Lotharingen
Wilayah Francia Timur hingga tahun 962
Bagian dari Kekaisaran Romawi Suci
959/977–1190


Lambang

Hijau: Lorraine Hilir setelah tahun 977
Ibu kota Tidak disebutkan
Bahasa Bahasa Belanda Kuno
Bahasa Frisia Kuno
Bahasa Perancis Kuno
Bahasa Jerman Hilir Kuno
Agama Kekristenan
Bentuk pemerintahan Kadipaten
Adipati
 -  959–964 Godfrey I (pertama)
 -  1142–1190 Godfrey III (terakhir)
Era sejarah Abad pertengahan
 -  Didirikan 959
 -  Dibubarkan 1190
Pendahulu
Pengganti
Lotharingia
Kepangeranan-Keuskupan Liège Wappen Bistum Lüttich.png
Keuskupan Agung Cologne Wappen Erzbistum Köln.png
Keuskupan Cambrai Cambrai-bisdom.PNG
Grafschaft Cleves Cleves Arms.svg
Kadipaten Limburg Modern Arms of Limburg.svg
Comté de Namur Arms of Namur.svg
Kadipaten Brabant Royal Arms of Belgium.svg
Graafschap Holland Counts of Holland Arms.svg
Keuskupan Utrecht Coat of Arms of the Bishopric of Utrecht.svg
Grafschaft Louvain Armoiries de Vianden 3.svg
Kadipaten Guelders Guelders-Jülich Arms.svg
Comté de Hainaut Hainaut Modern Arms.svg
Grafschaft Jülich Jülich-Herzogtum.PNG
Grafschaft Berg Bergischer Löwe.svg
Grafschaft Loon Loon Arms.svg
Sekarang bagian dari  Belgia
 Perancis
 Jerman
 Luksemburg
 Belanda

Kadipaten Lorraine Hilir atau Lotharingia Hilir (juga disebut Lothier atau Lottier[1]) adalah sebuah kadipaten suku yang didirikan pada tahun 959 di Kerajaan Jerman pada abad pertengahan. Wilayahnya mencakup sebagian besar wilayah Belanda modern (termasuk Friesland), Belgia tengah dan timur, Luksemburg, bagian utara wilayah Rheinland di Jerman, dan bagian timur Nord-Pas de Calais di Perancis.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kadipaten ini didirikan pada tahun 959 setelah Bruno yang Agung membagi Lotharingia menjadi dua, yaitu Kadipaten Lorraine Hulu dan Hilir. Ia memberikan gelar Adipati Lorraine Hilir kepada Graf Godfrey I dari Mons. Wilayah Godfrey terletak di utara, sementara wilayah Lorraine Hulu terletak di selatan. Kedua kadipaten ini merupakan bagian barat Kekaisaran Romawi Suci yang didirikan oleh kakak Bruno yang bernama Kaisar Otto I pada tahun 962.

Semenjak itu, sejarah kedua kadipaten ini sangat berbeda: setelah kematian Adipati Richar (anak laki-laki Godfrey), Lorraine Hilir diperintah langsung oleh Kaisar hingga tahun 977. Kaisar Otto II kemudian memberikan wilayah ini kepada Karl, adik Raja Lothair dari Perancis yang telah diasingkan. Lorraine Hulu dan Hilir sempat bersatu kembali di bawah kekuasaan Gothelo I dari tahun 1033 hingga 1044. Setelah itu, Kadipaten Lorraine Hilir mulai mengalami kemunduran, sementara Lorraine Hulu mulai disebut "Kadipaten Lorraine" saja.

Kadipaten Lorraine Hilir kemudian terkena dampak konflik antara Kaisar Heinrich IV dengan anaknya, Heinrich V. Pada tahun 1100, Heinrich IV telah memberikan kadipaten ini kepada Heinrich dari Limburg. Namun, setelah Heinrich V berhasil memaksa ayahnya mengundurkan diri, ia langsung menjatuhkan Heinrich dari Limburg dan menggantikannya dengan Graf Godfrey dari Louvain. Setelah kematian Adipati Godfrey III pada tahun 1190, anaknya yang bernama Adipati Heinrich I dari Brabant mewarisi gelar adipati atas perintah Kaisar Heinrich VI dalam pertemuan di Balai Schwäbisch. Semenjak itu, Kadipaten Lorraine Hilir tidak lagi memiliki wewenang kewilayahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Perjanjian Joinville". (bahasa Perancis). Dikutip dari Davenport, Frances G. European Treaties Bearing on the History of the United States and Its Dependencies. The Lawbook Exchange, Ltd., 2004.