Lorna Doone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lorna Doone
Sampul edisi berilustrasi tahun 1893 dari of Lorna Doone
Edisi tahun 1893
PengarangRD Blackmore
NegaraBritania Raya
BahasaBahasa Inggris
GenreFiksi
Diterbitkan1869
PenerbitSampson Low, Son, & Marston
Jenis mediaCetak

Lorna Doone adalah sebuah novel karya penulis Inggris Richard Doddridge Blackmore yang diterbitkan pada tahun 1869. Novel ini merupakan roman yang didasarkan pada sekelompok tokoh sejarah dan berlatar akhir abad ke-17 di Devon dan Somerset, khususnya di sekitar wilayah Lembah East Lyn di Exmoor. Pada tahun 2003, novel ini terdaftar pada survei BBC The Big Read.[1]

Awal[sunting | sunting sumber]

Blackmore kesulitan menemukan penerbit, sehingga novel ini pertama kali diterbitkan secara anonim pada tahun 1869 dalam edisi tiga-jilid terbatas sejumlah 500 eksemplar, dengan hanya 300-nya yang terjual. Tahun berikutnya, buku ini diterbitkan ulang dalam edisi satu-jilid yang lebih terjangkau dan menjadi sukses besar secara penerimaan dan finansial. Buku ini sempat tidak pernah berhenti dicetak.

Buku ini mendapat pujian dari rekan sebaya Blackmore, Margaret Oliphant, dan juga dari penulis Victoria yang lebih muda termasuk Robert Louis Stevenson, Gerard Manley Hopkins, dan Thomas Hardy. Buku ini menjadi favorit para wanita,[2] dan juga populer di kalangan pembaca pria, dan terpilih sebagai novel favorit para siswa pria di Yale pada tahun 1906.[3]

Dengan kekhasannya sendiri, Blackmore mengandalkan gaya "fonologis" dalam percakapan para karakternya, menekankan pada aksen dan urutan kata.[4] Dia sangat berupaya menciptakan dialog dan dialek para karakternya, dalam setiap novelnya. Di sini, dia berusaha menceritakan secara realistis baik cara bicara maupun nada dan aksennya, sehingga dapat membentuk pikiran dan ucapan dari berbagai macam orang yang hidup di Exmoor pada abad ke-17.

Blackmore memasukkan peristiwa dan tempat nyata ke dalam novelnya. The Great Winter yang diuraikan dalam bab 41–45 adalah peristiwa nyata, suatu musibah embun beku pada tahun 1683-1684.[5] Blackmore sendiri bersekolah di Blundell's School di Tiverton yang menjadi latar di bab-bab awal. Salah satu yang menjadi inspirasi alurnya adalah peristiwa penembakan seorang wanita muda di sebuah gereja di Chagford, Devon pada abad ke-17. Berbeda dengan tokoh utama novel ini, wanita tersebut tidak selamat, tetapi peristiwa ini dijadikan hari peringatan di gereja tersebut. Kemudian, Blackmore menciptakan nama "Lorna", yang kemungkinan merujuk pada teks Skotlandia.[6]

Menurut kata pengantar buku ini, karya ini adalah sebuah roman, bukan novel sejarah. Penulisnya tidak "berani, juga tidak ingin, mengklaimnya sederajat dengan maupun menciptakan kesulitan dengan menjadikannya sebagai novel sejarah". Maka dari itu, dia menggabungkan unsur roman tradisional, tradisi novel sejarah Sir Walter Scott, tradisi pastoral, nilai-nilai tradisional Victoria, dan tren novel sensasional pada zamannya. Dasar pemahaman sejarah Blackmore adalah History of England karya Macaulay dan analisisnya tentang pemberontakan Monmouth. Bersamaan dengan aspek sejarah, terdapat juga tradisi rakyat, seperti beberapa legenda yang ada di sekitar Doones maupun Tom Faggus. Komposer Puccini pernah mempertimbangkan untuk menggunakan cerita ini sebagai alur dalam operanya, tetapi meninggalkan gagasan itu.[7]

Alur[sunting | sunting sumber]

Sungai Badgworthy, Malmsmead

Buku ini berlatar abad ke-17 di sekitar sungai Badgworthy Water wilayah Exmoor di Devon dan Somerset, Inggris. John (dalam dialek West Country, diucapkan "Jan") Ridd adalah putra seorang petani terhormat yang dibunuh secara kejam oleh seseorang dari marga Doone, keluarga bangsawan yang kemudian menjadi penjahat, di Lembah Doone yang terasing. Bergelut dengan niatnya untuk membalas dendam, John pun tumbuh menjadi seorang petani terhormat dan merawat ibu beserta kedua saudarinya dengan baik. Dia kemudian jatuh cinta kepada Lorna, seorang gadis yang tidak sengaja dia temui, yang (tampaknya) ternyata adalah salah satu cucu dari pemimpin marga Donne Sir Ensor Doone. Lorna dijodohkan dengan pewaris terakhir Lembah Doone yang sangat bernafsu dan suka mengancam, Carver Doone. Meskipun Lorna tidak menginginkannya, Carver tidak akan membiarkan apa pun menghalangi pernikahannya, walaupun dengan cara paksa. Carver telah merencanakan hal ini setelah Sir Ensor wafat, agar dapat menjadi pewarisnya.

Sir Ensor kemudian wafat, dan Carver menjadi pemimpin marga Doone. John Ridd membantu Lorna melarikan diri ke pertanian milik keluarga John, Plover's Barrows. Karena Lorna adalah keturunan marga Doone yang dibenci, anggota keluarga John tak tahu harus bagaimana menghadapi Lorna. Walaupun demikian, mereka tetap melindungi Lorna saat Carver melancarkan serangan balasan ke Plover's Barrows. Salah satu dari keluarga John mengenali kalung Lorna, sebuah permata dia yakini merupakan milik ibunya, seperti yang diberitahukan Sir Ensor kepadanya dahulu. Suatu ketika Counsellor, ayah dari Carver, yang juga merupakan orang paling bijaksana di keluarga Doone, datang berkunjung, kalung tersebut dicuri. Tak lama setelah pencurian tersebut, seorang kerabat keluarga Ridd menemukan asal-usul Lorna serta mengenali kalung tersebut sebagai kalung milik Lady Dugal yang dahulu keluarganya dirampok dan dibunuh oleh segerombolan penjahat. Hanya putri dari Lady Dugal saja yang selamat dari serangan tersebut. Mengetahui fakta ini, menjadi jelas bahwa Lorna merupakan gadis yang telah lama hilang tersebut yang telah dicari-cari selama ini, yang seharusnya menjadi pewaris atas salah satu kekayaan terbesar di negaranya. Sehingga Lorna sebenarnya bukan keturunan Doone (meski masih terhubung jauh dengan keluarga Doone, diturunkan dari cabang saudara keluarganya Lady Dugal). Dia diharuskan oleh hukum, meski dia tidak menghendakinya, untuk kembali ke London dan menjadi ward (penjaga dan pelindung kerajaan) di Chancery. Meskipun John dan Lorna saling mencintai, pernikahan mereka diragukan dapat berlangsung.

Jan Ridd belajar menembakkan pistol ayahnya – dari edisi berilustrasi tahun 1893

Setelah Raja Charles II wafat, Adipati Monmouth (putra tak sah sang raja) menantang James, kakak sang raja, untuk bisa naik takhta. Keluarga Doone, yang membatalkan rencana pernikahan Lorna dan Carver serta merebut warisannya, berpihak pada Monmouth dengan harapan dapat merebut kembali tanah leluhur mereka. Namun, Monmouth kalah di Pertempuran Sedgemoor sehingga seluruh yang berhubungan dengannya diburu atas dasar pengkhianatan. John Ridd ditangkap ketika terjadi pemberontakan. Tidak bersalah atas segala tuduhan, dia pergi ke London bersama seorang teman lamanya untuk membersihkan nama. Di sana, dia bertemu kembali dengan Lorna (sekarang Lorna Dugal) yang masih mencintainya. Ketika John menggagalkan serangan terhadap Earl Brandir, paman dari orang tua sekaligus wali sah dari Lorna, John diberikan pengampunan, gelar, dan lambang pengenal oleh sang raja. Status buronannya pun dicabut dan dia dapat kembali ke Exmoor sebagai orang bebas.

Sementara itu, masyarakat sekitar sudah kecewa dengan kegagalan yang dibuat keluarga Doone. Sebagai orang yang paling mengenal Doone, John memimpin penyerangan di negeri mereka. Semua bawahan Doone terbunuh, kecuali Counsellor (yang menyimpan kalung yang dicuri dan kemudian diambil kembali oleh John) dan putranya Carver, karena berhasil kabur. Namun mereka bersumpah akan membalas dendam.

Setelah Earl Brandir wafat, Hakim Jeffreys yang bertindak sebagai Lord Chancellor, menjadi wali dari Lorna. Dia memberi Lorna kebebasan untuk kembali ke Exmoor dan menikahi John. Saat pernikahan berlangsung, Carver menerjang masuk ke Gereja St. Mary di Oare dan menembak Lorna kemudian kabur. Dalam kebingungan dan amarahnya, John mengejar dan menghadapi Craver. Perkelahian terjadi dan mengakibatkan Carver terendam lumpur rawa. Terlalu lelah dan terluka akibat perkelahian, John hanya bisa terengah-engah saat dia melihat Carver menyelinap pergi. John kemudian kembali ke gereja dan menemukan bahwa Lorna belum meninggal. Setelah melewati cukup lama masa ketidakpastian, Lorna berhasil pulih dan hidup bahagia bersama John selamanya.

Kunci kronologis[sunting | sunting sumber]

Sang narator, John Ridd, mengatakan dia lahir pada 29 November 1661; dalam Bab 24, dia menyebutkan Ratu Anne sebagai raja saat ini, maka waktu narasi adalah tahun 1702-1714 membuatnya berusia 40–52 tahun. Meskipun ia merayakan Hari Tahun Baru pada tanggal 1 Januari, pada waktu itu di Inggris tahun dengan sebutan Masehi yang "mengawali" Perayaan Tahun Baru baru terjadi pada 25 Maret, maka tanggal 14 Februari 1676 tetap dianggap bagian dari tahun 1675 menurut perhitungan lama. Sebagian besar tanggal di bawah ini diberikan secara eksplisit di dalam buku.

Bab 1–10
  1. Elements of Education
  2. An Important Item: 29 Nov 73, ulang tahun ke-12
  3. The War-path of the Doones
  4. A Rash Visit
  5. An Illegal Settlement
  6. Necessary Practice: Des 73
  7. Hard it is to Climb: 29 Nov 75, 14 Feb 76
  8. A Boy and a Girl
  9. There is no Place like Home
  10. A Brave Rescue and a Rough Ride: Nov 76

    Bab 11–20
  11. Tom Deserves his Supper: Nov 76
  12. A Man Justly Popular: Nov 76, Feb 77, Des 82
  13. Master Huckaback Comes In: 31 Des 82
  14. A Motion which Ends in a Mull: 1 Jan 83
  15. Quo Warranto?: Jan 83
  16. Lorna Growing Formidable: 14 Feb 83
  17. John is Bewitched
  18. Witchery Leads to Witchcraft: Mar
  19. Another Dangerous Interview
  20. Lorna Begins her Story

    Bab 21–30
  21. Lorna Ends her Story
  22. A Long Spring Month: Mar, Apr
  23. A Royal Invitation
  24. A Safe Pass for King's Messenger
  25. A Great Man Attends to Business
  26. John is Drained and Cast Aside
  27. Home Again at Last: Agu
  28. John has Hope of Lorna
  29. Reaping Leads to Revelling
  30. Annie Gets the Best of it

    Bab 31–40
  31. John Fry's Errand
  32. The Feeding of the Pigs
  33. An Early Morning Call: Okt 83
  34. Two Negatives Make an Affirmative
  35. Ruth is not like Lorna
  36. John Returns to Business: Nov
  37. A Very Desperate Venture
  38. A Good Turn for Jeremy
  39. A Troubled State and a Foolish Joke
  40. Two Fools Together
    Bab 41–50
  41. Cold Comfort
  42. The Great Winter: Des 83
  43. Not Too Soon
  44. Brought Home at Last
  45. Change Long Needed: 15 Des 83 – 7 Mar 84
  46. Squire Faggus Makes some Lucky Hits
  47. Jeremy in Danger
  48. Every Man Must Defend Himself
  49. Maiden Sentinels are Best
  50. A Merry Meeting a Sad One

    Bab 51–60
  51. A Visit from the Counsellor
  52. The Way to Make the Cream Rise
  53. Jeremy Finds out Something
  54. Mutual Discomfiture
  55. Getting into Chancery
  56. John Becomes too Popular
  57. Lorna knows her Nurse
  58. Master Huckaback's Secret
  59. Lorna Gone Away
  60. Annie Luckier than John: musim gugur 84

    Bab 61–70
  61. Therefore he Seeks Comfort: musim gugur-dingin 84
  62. The King Must not be Prayed for: 8 Feb, 13 Jun, Jul 85
  63. John is Worsted by the Women: Jul 85
  64. Slaughter in the Marshes: 6 Jul 85
  65. Falling Among Lambs
  66. Suitable Devotion
  67. Lorna Still is Lorna
  68. John is John no Longer
  69. Not to be Put up with
  70. Compelled to Volunteer

    Bab 71–75
  71. A Long Account settled
  72. The Counsellor, and the Carver
  73. How to Get Out of Chancery
  74. Blood Upon the Altar ("At the Altar" di edisi tertentu): Kamis Putih 86
  75. Give Away the Grandeur ("Given Back" di edisi tertentu)






Versi lain dan referensi budaya[sunting | sunting sumber]

  • Lorna Doone merupakan nama kue kering yang dibuat oleh Nabisco.[8]
  • Karakter utama Lorna Doone, seorang aktris film dalam novel Thomas Tryon dibaptis untuk menghormati karakter Blackmore.[9]
  • Lorna Doone diberitakan menjadi buku favorit bushranger Australia dan buronan Ned Kelly, yang mungkin menemukan gagasan zirahnya dengan mengikuti gaya Doones di dalam buku ini yang memiliki "plat besi di dada dan kepala."[10]
  • Ungkapan "Lorna Doone" digunakan dalam slang Australia untuk sendok.[11]
  • Lorna Doone adalah tokoh yang diperankan oleh Christine McIntyre dalam film pendek The Three Stooges The Hot Scots dan Scotched in Scotland.[12]
  • Buku ini menjadi inspirasi lagu "Pangs of Lorna" oleh Kraus.[13]
  • Terdapat rujukan Lorna Doone dalam drama John Galsworthy Justice (1910).[14]
  • Atholl Oakeley, promotor gulat Inggris, terpesona oleh buku ini, dan menamai pegulat kelahiran Exmoor Jack Baltus dengan julukan Carver Doone pada tahun 1930-an.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BBC – The Big Read". BBC. April 2003, Diakses 2012-12-01
  2. ^ Lorna Doone intr. Sally Shuttleworth.(The World's Classics). London: Oxford U. P., 1989
  3. ^ Dunn, W. H. (1956) R. D. Blackmore: The Author of Lorna Doone. London: Robert Hale; hlm. 142
  4. ^ Buckler, William E. (1956) "Blackmore's Novels before Lorna Doone" di: Nineteenth-Century Fiction, jil. 10 (1956), hlm. 183
  5. ^ Exmoor National Park Diarsipkan 2007-07-04 di Wayback Machine.
  6. ^ "Lorna dictionary definition". Yourdictionary (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-29. 
  7. ^ Budden, Julian (2005). Puccini: His Life and Works (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. hlm. 335. ISBN 9780195346251. Diakses tanggal 2018-05-29. 
  8. ^ Smith, A. (2013). The Oxford Encyclopedia of Food and Drink in America. OUP USA. hlm. 520. ISBN 978-0-19-973496-2. Diakses tanggal 2018-05-29. 
  9. ^ Crowned Heads, (1976), Alfred A. Knof, Inc., New York., hlm. 91.
  10. ^ Jones, Ian Ned Kelly: a Short Life, hlm. 212
  11. ^ Slang (L) Diarsipkan 2010-08-10 di Wayback Machine.
  12. ^ Lenburg, Jeff; Howard Maurer, Joan; Lenburg, Greg (2012). The Three Stooges Scrapbook. Chicago Review Press. hlm. 302. ISBN 9781613740859 – via Google books. 
  13. ^ Dass, Kiran (2012-01-28). "A Journey Through the First Dimension with Kraus by Kraus review". New Zealand Listener (3742). Diakses tanggal 2013-06-29. 
  14. ^ Galsworthy, John (2016). Justice. The Floating Press. hlm. 87. ISBN 9781776599950 – via Google books. 
  15. ^ Oakley, Atholl (1996). Blue blood on the mat. Summersdale Publishers LTD. hlm. 86. ISBN 9781840249330 – via Google Books. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Blackmore, R. D. (1908) Lorna Doone: a romance of Exmoor; Doone-land edition; dengan kata pengantar dan catatan oleh H. Snowden Ward dan illustrasi oleh Mrs. Catharine Weed Ward. lii, 553 hlm., plates. London: Sampson Low, Marston and Company (menyertakan "Slain by the Doones", hlm. 529–53)
  • Delderfield, Eric (1965?) The Exmoor Country: [a] brief guide & gazetteer; 6th ed. Exmouth: The Raleigh Press
  • Elliott-Cannon, A. (1969) The Lorna Doone Story. Minehead: The Cider Press

Pranala luar[sunting | sunting sumber]