Simpal balik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Loopback)

Loopback atau simpal balik adalah perutean sinyal elektronik atau aliran data digital kembali ke sumbernya tanpa pemrosesan atau modifikasi yang disengaja. Ini terutama merupakan sarana untuk menguji infrastruktur komunikasi.

Ada banyak contoh aplikasi. Ini mungkin merupakan saluran komunikasi dengan hanya satu titik akhir komunikasi. Setiap pesan yang dikirimkan oleh saluran semacam itu segera dan hanya diterima oleh saluran yang sama. Dalam telekomunikasi, perangkat loopback melakukan transmisi ​​pengujian akses jalur dari pusat pengalih yang melayani, yang biasanya tidak memerlukan bantuan personel di tempat yang dilayani terminal. Simpal selingkung adalah metode pengujian antar stasiun yang tidak harus berdekatan, dimana digunakan dua jalur, dengan pengujian dilakukan di satu stasiun dan kedua jalur saling berhubungan di stasiun yang jauh. Tambalan penaut juga dapat berfungsi sebagai simpal balik, ketika diterapkan secara manual atau otomatis, jarak jauh atau lokal, memfasilitasi uji simpal balik.

Jika suatu sistem (seperti modem) melibatkan pemrosesan analog-ke-digital bolak-balik, perbedaan dibuat antara simpal balik di mana sinyal analog disimpalkan kembali secara langsung, dan simpal balik digital, dimana sinyal diproses dalam domain digital sebelum diubah kembali menjadi sinyal analog dan dikembalikan ke sumbernya.

Telekomunikasi[sunting | sunting sumber]

Di telekomunikasi, loopback, atau loop, adalah metode perangkat keras atau perangkat lunak yang mengumpan sinyal atau data yang diterima kembali ke pengirim. Ini digunakan sebagai bantuan dalam men-debug masalah koneksi fisik. Sebagai pengujian, banyak perangkat komunikasi data dapat dikonfigurasi untuk mengirimkan pola tertentu (seperti semuanya) pada sebuah antarmuka dan dapat mendeteksi penerimaan sinyal ini pada port yang sama. Ini disebut tes loopback dan dapat dilakukan dalam modem atau transceiver dengan menghubungkan outputnya ke inputnya sendiri. Sirkuit antara dua titik di lokasi berbeda dapat diuji dengan menerapkan sinyal uji pada sirkuit di satu lokasi, dan meminta perangkat jaringan di lokasi lain mengirimkan sinyal kembali melalui sirkuit. Jika perangkat ini menerima kembali sinyalnya sendiri, ini membuktikan bahwa sirkuit berfungsi.

Loop perangkat keras adalah perangkat sederhana yang secara fisik menghubungkan saluran penerima ke saluran pemancar. Dalam kasus konektor terminasi jaringan seperti X.21, ini biasanya dilakukan hanya dengan menghubungkan pin bersama-sama di konektor. Media seperti serat optik atau kabel koaksial, yang memiliki konektor pengirim dan penerima yang terpisah, dapat dengan mudah dililitkan bersama dengan untaian tunggal dari media yang sesuai.

Sebuah modem dapat dikonfigurasi untuk mengulang sinyal masuk baik dari modem jarak jauh atau terminal lokal. Ini disebut sebagai loopback atau loop perangkat lunak.

Antarmuka serial[sunting | sunting sumber]

Komunikasi serial transceiver dapat menggunakan loopback untuk menguji fungsionalitasnya. Misalnya, pin transmisi perangkat yang terhubung ke pin penerima akan menghasilkan perangkat yang menerima persis apa yang ditransmisikan. Memindahkan sambungan perulangan ini ke ujung kabel yang jauh akan menambahkan kabel ke pengujian ini. Memindahkannya ke ujung tautan modem memperluas pengujian lebih lanjut. Ini adalah teknik pemecahan masalah yang umum dan sering digabungkan dengan perangkat uji khusus yang mengirimkan pola tertentu dan menghitung setiap kesalahan yang muncul kembali (lihat Bit Error Rate Test). Beberapa perangkat menyertakan kemampuan loopback bawaan.

Tes loopback antarmuka serial sederhana, yang disebut tes penjepit kertas, kadang-kadang digunakan untuk mengidentifikasi port serial komputer dan memverifikasi operasi. Ini menggunakan aplikasi emulator terminal untuk mengirim karakter, dengan kontrol aliran dimatikan, ke port serial dan menerima kembali yang sama. Untuk tujuan ini, penjepit kertas digunakan untuk menyingkat pin 2 ke pin 3 (pin penerima dan pengiriman) pada antarmuka RS-232 standar menggunakan konektor D-subminiature DE-9 atau DB-25.

Antarmuka loopback virtual[sunting | sunting sumber]

Implementasi Internet protocol suite menyertakan antarmuka jaringan virtual yang melaluinya aplikasi jaringan dapat berkomunikasi saat mengeksekusi pada mesin yang sama. Ini diimplementasikan sepenuhnya dalam perangkat lunak jaringan sistem operasi dan tidak meneruskan paket ke pengontrol antarmuka jaringan. Lalu lintas apa pun yang dikirim oleh program komputer ke alamat IP loopback secara sederhana dan segera diteruskan kembali ke tumpukan perangkat lunak jaringan seolah-olah telah diterima dari perangkat lain.

Sistem mirip Unix biasanya menamai antarmuka loopback ini lo atau lo0. Berbagai standar Internet Engineering Task Force (IETF) mencadangkan blok alamat IPv4 127.0.0.0/8, dalam notasi CIDR dan alamat IPv6 ::1/128 untuk tujuan ini. Alamat IPv4 yang paling umum digunakan adalah 127.0.0.1. Biasanya alamat loopback ini dipetakan ke nama host localhost atau loopback.

MPLS[sunting | sunting sumber]

Satu pengecualian penting untuk penggunaan alamat jaringan 127.0.0.0/8 adalah penggunaannya dalam deteksi kesalahan traceroute Multiprotocol Label Switching (MPLS), di mana propertinya yang tidak dapat dirutekan menyediakan cara yang nyaman untuk menghindari pengiriman paket yang salah ke pengguna akhir.

Paket Mars[sunting | sunting sumber]

Setiap IP datagram dengan alamat sumber atau tujuan yang disetel ke alamat loopback tidak boleh muncul di luar sistem komputasi, atau dirutekan oleh perangkat perutean apa pun. Paket yang diterima pada antarmuka dengan alamat tujuan loopback harus dibuang. Paket semacam itu terkadang disebut sebagai paket Marss.[1] Seperti paket palsu lainnya, paket tersebut mungkin berbahaya dan masalah apa pun yang mungkin ditimbulkannya dapat dihindari dengan menerapkan penyaringan bogon.

Antarmuka manajemen[sunting | sunting sumber]

Beberapa peralatan jaringan komputer menggunakan istilah "loopback" untuk antarmuka virtual yang digunakan untuk tujuan manajemen. Tidak seperti antarmuka loopback yang tepat, perangkat loopback jenis ini tidak digunakan untuk berbicara dengan dirinya sendiri.

Antarmuka seperti itu diberi alamat yang dapat diakses dari peralatan manajemen melalui jaringan tetapi tidak ditugaskan ke salah satu antarmuka fisik pada perangkat. Perangkat loopback seperti itu juga digunakan untuk datagram manajemen, seperti alarm, yang berasal dari peralatan.

Properti yang membuat antarmuka virtual ini istimewa adalah bahwa aplikasi yang menggunakannya akan mengirim atau menerima lalu lintas menggunakan alamat yang ditetapkan ke antarmuka virtual sebagai lawan dari alamat pada antarmuka fisik yang dilalui lalu lintas.

Antarmuka loopback semacam ini sering digunakan dalam pengoperasian protokol perutean, karena mereka memiliki properti berguna yang, tidak seperti antarmuka fisik nyata, mereka tidak akan turun saat port fisik gagal.

Aplikasi lain[sunting | sunting sumber]

Sistem audio Open Sound System (OSS), Advanced Linux Sound Architecture (ALSA) dan PulseAudio memiliki modul loopback untuk merekam output audio aplikasi untuk tujuan pengujian . Tidak seperti loopback fisik, ini tidak melibatkan konversi analog/digital ganda dan tidak ada gangguan yang disebabkan oleh malfungsi perangkat keras.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Raymond, Eric S. "The Jargon File". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-06. Diakses tanggal 2004-06-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Instrumen Nasional: Pengujian loopback serial