Loon (perusahaan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Loon (perusahaan) adalah sebuah projek dari Google yang memanfaatkan balon jaringan yang menjelajah di angkasa dan dirancang untuk memperluas konektivitas internet bagi orang-orang di wilayah pedesaan dan terpencil di seluruh dunia. Loon bergeak dengan memancarkan sinyal akses internet dengan membutuh alokasi frekuensi. Loop menggunakan balon terbang tinggi untuk mengirimkan internet ke pedalaman melalui stratosfer di mana ada lapisan angin yang berbeda. Dengan menggunakan data angin dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), balon-balon tersebut bermanuver dengan mengidentifikasi lapisan angin dengan kecepatan dan arah yang diinginkan dan kemudian menyesuaikan ketinggian untuk mengapung di lapisan stratisfer[1].

Loon dibuat dengan tujuan untuk penyebaran Internet di seluruh dunia loon pertama berhasil mengelilingi dunia selama 19 kali 187 hari dengan kecepatan mentrasfer data 15Mbps.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Levy, Steven. "How Google Will Use High-Flying Balloons to Deliver Internet to the Hinterlands". WIRED (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-07. 
  2. ^ "INTERNET YANG MEMANFAATKAN BALON UNTUK SEMUA ORANG" Periksa nilai |url= (bantuan).  line feed character di |title= pada posisi 33 (bantuan)