Lontong kikil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lontong kikil adalah makanan tradisional yang terdiri dari lontong dan kikil sapi (kaki sapi), cara menghidangkan adalah dengan mangkuk atau dengan piring, lontong dipotong-potong kecil kemudian kikil dituangkan bersama kuah yang panas, dan dimakan dalam keadaan hangat.

Masakan kikil berasa pedas karena kikil banyak mengandung merica dan cabe, makanan kikil ini banyak dipercaya oleh pria sebagai makanan yang bisa menjaga kejantannya agar selalu siap tempur dan memperkuat stamina laki-laki.

Kikil yang baik dari kaki sapi bagian bawah yaitu kuku yang dikupas dan sekitarnya, kaki sapi dipanggang dan dihilangkan bulunya dengan jalan di cukur, setelah itu dipotong-potong ukuran kecil dan dimasak dalam kuah yang dicampur dengan bumbu. Masakan kikil ini agak kental karena kaki sapi banyak mengandung kolagen di mana kolagen ini akan mencair ketika dipanaskan dan akan menjadi seperti gel jika dibiarkan dingin.

Lontong kikil banyak dijual keliling, pada zaman dulu dipikul dan sekarang didorong, ada juga yang pakai sepeda motor untuk menjajahkan keliling, ada juaga yang dijual di warung yang khusus menjual lontong kikil dan gulai. Harga lontong kikil paling mahal di antara semua jenis makanan lontong, hal ini dikarenakan dari mahalnya harga kaki sapi.