London Metal Exchange

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

London Metal Exchange atau London Metal Market and Exchange Company atau (LME) adalah suatu bursa berjangka dengan pasar opsi sendiri dan kontrak berjangka terbesar di dunia untuk bahan baku dan logam lainnya. Karena LME umumnya akan menawarkan kontrak dengan tanggal kadaluwarsa harian hingga tiga bulan yang dimulai dari tanggal perdagangan, kontrak mingguan hingga enam bulan, dan kontrak bulanan hingga 123 bulan, juga memungkinkan untuk perdagangan tunai. Menawarkan lindung nilai , harga saranan dari berbagai referensi di seluruh dunia, dan opsi pengiriman fisik untuk menyelesaikan kontrak. Sejak 2012 itu telah dimiliki oleh Bursa Hong Kong dan Kliring setelah pemegang saham LME memberikan suara pada bulan Juli 2012 untuk menyetujui penjualan pertukaran dengan harga £1,4 miliar (Euro).

Riwayat[sunting | sunting sumber]

London Metal Market and Exchange Company didirikan pada 1877, tetapi pasar melacak asal-usulnya kembali ke 1571 dan pembukaan Royal Exchange, London . Sebelum pertukaran dibuat, bisnis dilakukan oleh para pedagang di kedai kopi London menggunakan cincin darurat yang digambar dengan kapur di lantai. Awalnya hanya tembaga yang diperdagangkan. Timbal dan seng segera ditambahkan tetapi hanya memperoleh status perdagangan resmi pada tahun 1920. Pertukaran ditutup setelah pecahnya Perang Dunia II dan tidak membuka kembali untuk perdagangan tembaga sampai tahun 1953. Kisaran logam yang diperdagangkan diperluas untuk mencakup aluminium (1978), nikel (1979), timah (1989), paduan aluminium (1992), baja (2008), dan logam minor kobalt dan molibdenum (2010). Pertukaran berhenti plastik perdagangan pada tahun 2011. Nilai total perdagangan adalah sekitar $11,6 triliun (dollar) per tahun.

Banyak kesepakatan dibuat untuk komoditas yang akan dikirim dalam waktu tiga bulan. Kebiasaan itu bermula dari waktu kargo tembaga awalnya diambil pada tahun 1877 dalam pelayaran mereka dari pelabuhan Chili.

LME dimiliki oleh para anggotanya hingga 2012, ketika dijual ke Bursa Hong Kong dan Kliring sebesar £ 1,4 miliar.[1]

Anggota (Ring) Dealing[sunting | sunting sumber]

Anggota Ring Dealing berhak untuk berdagang di Ring selama sesi perdagangan cincin. Mereka juga dapat mengoperasikan pasar 24 jam dengan memperdagangkan antar kantor. Semua Anggota Ring Dealing, sebagai anggota LME Clear, diotorisasi berdasarkan Financial Services and Markets Act 2000, dan diatur oleh Otoritas Perilaku Keuangan.[2]

Anggota Ring Dealing adalah Anggota Kliring, yang memiliki hak eksklusif (suatu hak khusus) untuk berdagang di atas ring[3] tersebut:

  • Amalgamated Metal Trading Ltd
  • Pasar Modal ED & F Man Limited
  • Marex Financial Ltd
  • Metdist Trading Ltd
  • INTL FCStone Europe Ltd
  • GF Financial Markets(UK) Ltd
  • Societe Generale International Ltd
  • Sucden Financial Ltd
  • Triland Logam Ltd

Selain 9 perusahaan yang memiliki hak eksklusif untuk berdagang di Ring-nya, sekitar 100 perusahaan terlibat dalam LME secara total.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]