Loki (Marvel Cinematic Universe)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loki
Tokoh Marvel Cinematic Universe
Tom Hiddleston tampil sebagai Loki di San Diego Comic-Con 2013.
Penampilan
perdana
Thor (2011)
Didasarkan
dari
Loki
oleh
Diadaptasi
oleh
Pemeran
Informasi
Nama lengkap
  • Loki Laufeyson[1]
Alias
  • Loki Odinson
  • Puny God (oleh Hulk)
  • D. B. Cooper
  • Variant (versi alternatif/ oleh Time Variance Authority)
  • Variant L1130 (versi alternatif / oleh Time Variance Authority)
  • Cosmic disappointment / Kekecewaan kosmik (versi alternatif / oleh "the Time-Keepers")
  • Jerk (versi alternatif / oleh Miss Minutes
  • Goth Kid (versi alternatif / linimasa alternatif/ oleh Hank Pym)
SpesiesFrost Giant
Jenis kelaminFluid (dengan penampilan dan suara maskulin)[2][3]
Gelar
Afiliasi
  • Chitauri (sebelumnya)
  • Revengers (sebelumnya)
  • Time Variance Authority (sebelumya / versi alternatif)
  • Keluarga kerajaan Asgard (sebelumnya).
Senjata
Keluarga
Pihak lainSylvie (diri alternatif dan minat cinta)
AsalJotunheim
KewarganegaraanAsgardian

Loki Laufeyson juga dikenal sebagai Loki Odinson dan dengan gelarnya sebagai God of Mischief (Bahasa Indonesia: Dewa tipu muslihat), adalah karakter yang diperankan oleh Tom Hiddleston dalam waralaba film Marvel Cinematic Universe (MCU), berdasarkan karakter Marvel Comics dengan nama yang sama.

Loki adalah putra kandung Laufey, penguasa Frost Giants di Jotunheim, yang ditinggalkan dan dibiarkan mati tak lama setelah kelahirannya. Ditemukan oleh Odin, Loki dibawa ke Asgard dan dibesarkan olehnya dan Frigga sebagai pangeran Asgardian, bersama dengan Thor. Ketika Thor akan dinobatkan sebagai Raja, Loki telah menyabotase penobatan dengan membiarkan Frost Giants menyerang Asgard, sehingga membuat Thor membalas dendam pada Jotunheim, yang mengakibatkan pembuangan Thor ke Bumi dan Loki menemukan kebenaran tentang warisannya. Frigga memberi Loki tahta ketika Odin jatuh ke dalam Odinsleep; Namun, ketika Warriors Three dan Sif berusaha mengembalikan Thor ke rumah, Loki terpaksa mencoba menghentikan mereka. Bagaimanapun, Thor kembali dari pengasingannya di Bumi dan mengakhiri pemerintahan Loki. Dengan Odin tidak menyetujui tindakannya, Loki membiarkan dirinya jatuh melalui jurang yang dalam, memasuki lubang cacing yang dibuat oleh penghentian tiba-tiba Jembatan Bifrost.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Diangkat sebagai anak Odin[sunting | sunting sumber]

Loki lahir di Jotunheim sebagai putra Raja Frost Giant, Laufey. Kecil dan lemah untuk Frost Giant, Loki ditinggalkan oleh ayahnya di sebuah kuil, dibiarkan mati. Pada tahun 965 M, tidak lama setelah perang antara Raksasa dan Asgardian, Loki ditemukan oleh Raja Odin. Mengadopsi Loki dan menggunakan sihir untuk mengubah penampilannya agar tampak seperti seorang Asgardian, Odin membesarkan Loki dan putra kandungnya, Thor, bersama istrinya Frigga. Saat mereka tumbuh dewasa, Loki selalu merasa bahwa dia selalu hidup dalam bayang-bayang Thor, iri pada kenyataan bahwa Thor akan dinobatkan menjadi raja, bukan dia.

Kurang tertarik pada seni prajurit Asgardian, Loki tertarik pada sihir. Frigga, yang jauh lebih dekat dengan Loki daripada Odin, mengajari Loki semua yang dia ketahui tentang sihir, dan dia akhirnya menjadi ahli dalam Sihir Asgardian, mendapatkan kemampuan untuk menyulap ilusi dirinya sendiri dan membuat senjata. Frigga menganggap memberi Loki sihirnya sebagai cara baginya untuk membuktikan nilainya melawan saudaranya.

Suatu ketika, ketika Loki dan Thor masih muda, Loki memanfaatkan kecintaan Thor pada ular dan menggunakan keahliannya dengan ilusi untuk menjadi ular. Ketika Thor mengambil ular itu untuk mengaguminya, Loki menghilangkan ilusi dan menikam Thor, yang selamat. Dalam contoh lain, Loki mengubah Thor menjadi katak untuk waktu yang singkat.

Pembajakan D.B Cooper[sunting | sunting sumber]

Seperti yang ditunjukkan di seri Disney+ Loki pada episode pertama: Glorious Purpose. Pada November 1971, Loki kalah taruhan dari Thor dan akibatnya, mengunjungi Bumi untuk melakukan pencurian. Membajak Northwest Orient Airlines Penerbangan 305 di Amerika Serikat dengan nama samaran D.B. Cooper, dia memberi tahu pramugari bahwa dia memiliki bom dan meminta uang tebusan $200,000. Untuk memenuhi tuntutan pembajak nakal, pesawat mendarat, menukar penumpang di pesawat untuk uang tebusan dan parasut cadangan untuk melarikan diri. Di udara lagi, Loki kemudian melompat dari pesawat mengenakan parasut, hanya untuk diangkut kembali ke Asgard oleh Heimdall melalui Jembatan Bifrost, hanya menyisakan beberapa lembar $20 di belakangnya. Pihak berwenang, yang tidak mengetahui keterlibatan atau keberadaan Loki, tidak dapat menyelesaikan kasus tersebut, menyebabkan identitas D.B. Cooper dan keberadaannya menjadi salah satu dari banyak misteri Bumi yang belum terpecahkan.[7]

Pemahkotaan Thor[sunting | sunting sumber]

Loki hadir ketika Thor seharusnya akhirnya naik takhta Asgard. Sebelum upacara, Loki mengatakan bahwa meskipun terkadang dia iri dengan tempat Thor sebagai anak sulung, tidak ada keraguan bahwa dia sangat mencintainya, sambil juga menggoda saudaranya karena desain bulu helmnya.

Ketika Thor bertanya bagaimana penampilannya, Loki menjawab, seperti seorang raja.Namun, di tengah jalan, upacara kerajaan Thor tiba-tiba terganggu oleh kedatangan beberapa tentara Frost Giant yang telah dipanggil Loki sebelumnya, yang kemudian menerobos masuk ke Asgard dan berusaha mencuri the Casket of ancient Winters untuk membawanya kembali ke dunia asal mereka dan mendapatkan kembali kekuatan mereka. Menghentikan upacara, Odin memanggil Destroyer, yang membunuh para Frost Giant tetapi tidak sebelum mereka membunuh penjaga Einherjar selama serangan itu.

Melawan para Avengers[sunting | sunting sumber]

Menjadi Raja Asgard[sunting | sunting sumber]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Menjelajah waktu[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah garis waktu alternatif, Loki dikalahkan oleh Avengers dalam Pertempuran New York pada tahun 2012. Tidak menyadari bahwa kelompok Avengers yang berbeda dari masa depan sedang mengamati situasi untuk mencoba mendapatkan dua Infinity stones yang digunakan selama pertempuran itu, Loki dikawal oleh Avengers ke lantai pertama Menara Stark

Thor dan Tony Stark berdebat dengan Alexander Pierce, karena Thor mengusulkan bahwa Loki harus diadili oleh Asgardian. Tiba-tiba, Stark mengalami serangan jantung, menyebabkan Pierce dan Avengers merawatnya. Dalam kekacauan berikutnya, Loki yang bingung melihat Ant-Man menendang tas kerja dengan Tesseract ke Tony Stark dari masa depan, yang menyamar sebagai penjaga keamanan S.H.I.E.L.D. Stark mengambil Tesseract, tetapi ketika dia mulai keluar, dia dijatuhkan oleh Hulk saat dia membuka pintu dari tangga.

Gangguan Hulk menyebabkan Tesseract meluncur ke kaki Loki. ia mengambil keuntungan dari keributan yang disebabkan oleh Hulk, Loki mengambil Tesseract dan menggunakannya untuk membuka portal dan melarikan diri dari kurungannya. Setelah Thor berhasil me-reboot Arc Reactor Stark, dia berbalik untuk melihat bahwa Loki sudah pergi. Berteleportasi dengan Space stone, Loki menciptakan realitas bercabang di garis waktu alternatif.

Ditahan di TVA[sunting | sunting sumber]

Karena menciptakan realitas bercabang di garis alternatif yang suci (Bahas Inggris: the sacred timeline), Loki ditangkap oleh para pemburu dan agen dari TVA (Time Variance Authority), untuk segera diadili atas kejahatannya menciptakan kekacauan multi-semesta.

Versi Alternatif[sunting | sunting sumber]

Loki dari tahun 2012 (garis waktu alternatif)[sunting | sunting sumber]

Dalam alternatif 2012, setelah upaya yang gagal oleh Tony Stark dan Scott Lang untuk mengambil Tesseract setelah Pertempuran New York, versi alternatif Loki menangkapnya dan melarikan diri, membentuk garis waktu baru. Dalam peristiwa berikutnya, Loki ditahan oleh Time Variance Authority (TVA), sementara timeline-nya diatur ulang dan dihancurkan.

Sylvie Laufeydottir[sunting | sunting sumber]

Sylvie juga dikenal sebagai "The Variant", adalah varian perempuan Loki dari garis waktu alternatif lain. Dia mengaku hampir tidak memiliki ingatan tentang ibunya dan bahwa dia mengetahui bahwa dia diadopsi jauh lebih awal daripada varian Loki tahun 2012. Dia menentang TVA sambil berusaha untuk "membebaskan" The sacre timeline.

Classic Loki[sunting | sunting sumber]

Classic Loki menjalani hidupnya seperti varian Loki lainnya, tetapi ketika Thanos dari garis waktunya menyerang Statesman, alih-alih mengorbankan dirinya untuk Thor, dia menciptakan ilusi dari dirinya yang begitu nyata untuk mengecoh Thanos. Setelah Statesman dihancurkan, Loki melayang ke luar angkasa memikirkan orang-orang yang telah dia khianati, dan percaya bahwa akan lebih baik jika dia sendirian. Loki mendarat di sebuah planet dan tinggal di sana selama bertahun-tahun sampai dia benar-benar kesepian. Ketika Loki meninggalkan planet itu, dia langsung ditangkap oleh Time Variance Authority dan kemudian dikirim ke Void. Di sana Classic Loki bertemu dengan Loki Boastful, Kid Loki, dan Alligator Loki, menerima Kid Loki sebagai raja mereka dan terus berlari dari Alioth.

Kid Loki[sunting | sunting sumber]

Entah bagimana, dimasa kecilnya hntuk alasan tertentu varian Loki ini membunuh Thor yang kemudian menciptakan sebuah Nexus Event yang menyebabkan dirinya ditangkap oleh TVA dan menjadi salah satu varian Loki yang dikenal sebagai Kid Loki.

Boastful Loki[sunting | sunting sumber]

Boastful Loki adalah salah satu dari para varian alternatif Loki yang asli.

Alligator Loki[sunting | sunting sumber]

Dalam realitas di mana Loki dilahirkan sebagai buaya, ia menciptakan sebuah Nexus Event dengan memakan kucing tetangga dan ditahan oleh Time Variance Authority. Dia kemudian dilenyapkan, dan dikirim ke Void.

President Loki[sunting | sunting sumber]

Loki Laufeyson (President Loki) adalah salah satu dari para varian alternatif Loki yang asli.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kekuatan Frost Giant[sunting | sunting sumber]

Karena Loki telah disihir agar terlihat seperti seorang Asgardian oleh Odin, Kekuatan Frost Giant Loki hanya muncul ketika dia bersentuhan dengan sihir Frost Giant, seperti ketika dia menggunakan the Casket of Ancient Winters atau ketika dia bersentuhan dengan sesama Frost Giant. Dengan kekuatan fisiknya, ia dapat dengan mudah mengalahkan lawan seperti Tony Stark dan bersaing dengan individu yang dengan tingkat kekuatan seperti Captain America.

Keterampilan sihir[sunting | sunting sumber]

Loki belajar cara menggunakan sihir Asgardian saat tumbuh dewasa di Asgard, berkat ibu angkatnya Frigga. Dia akhirnya menjadi seorang penyihir yang sangat terampil dan tangguh, dengan itu menjadi aset utamanya dalam pertempuran, meskipun penyihir yang sangat terampil lainnya, seperti Doctor Strange bisa bersaing dengannya. Bahkan Odin terkesan dengan keterampilan magis Loki dan mencatat bahwa Frigga akan bangga padanya.

Berubah wujud[sunting | sunting sumber]

Loki juga dapat mengubah pakaiannya, suaranya dan penampilan fisiknya agar menyerupai orang atau binatang lain. Ketika Loki menggunakan kekuatan ini pada seluruh orang, cahaya yang dihasilkan berwarna hijau, sedangkan jika digunakan hanya pada sebagian orang atau pakaian mereka, cahaya akan tampak kuning. Dia menggunakan kekuatan ini untuk mengubah pakaiannya dari baju besi biasa menjadi setelan bisnis manusia, dan kembali ke baju perangnya. Dia juga mampu meniru Thor, Captain America, Odin, dan penjaga Asgardian anonim. Perubahan bentuk Loki sangat terampil sehingga bahkan sebagai seorang anak, ia mampu mengubah dirinya menjadi ular untuk mengelabui Thor, dengan penyamarannya yang cukup meyakinkan untuk memungkinkan Thor mengangkatnya dan menahannya tanpa menimbulkan kecurigaan. Dia juga dapat mengubah penampilan orang lain saat dia secara singkat mengubah Thor menjadi katak serta membuatnya terlihat seperti Lady Sif, dan kemudian, muncul seolah-olah dia telah ditikam, dipukuli, dan kehilangan tangan saat menipu Malekith agar berpikir bahwa dia telah menyerang Thor. Perubahan bentuk Loki juga memungkinkan dia untuk menghasilkan senjata dan baju besi juga, seperti ketika dia mengubah dirinya menjadi Pengawal Asgardian, dia menghasilkan tombak dan baju besi. Loki juga menggunakan kekuatan ini untuk menghasilkan belati dalam upaya untuk membunuh Thanos. Perubahan bentuk Loki tidak bisa membebaskannya dari pengekangan yang ditempatkan padanya, seperti ketika dia berubah menjadi Captain America untuk mengejeknya, tangan Loki masih terikat, meskipun dia membuatnya tampak bahwa pengekangan itu telah hilang.

Manipulasi ilusi[sunting | sunting sumber]

Loki memiliki kapabilitas untuk memanipulasi ilusi fisiknya. Pada episode kedua dari seri Loki "The Variant", Mobius memberi gambaran kepada timnya tentang kekuatan mana yang harus mereka hadapi saat berburu varian jahat Loki. Ketika Mobius mendeskripsikan penjelasannya dengan menggabungkan ilusi dan duplikasi ke dalam satu kategori, Loki dengan cepat memberikan koreksi, mengungkapkan bahwa ini sebenarnya adalah dua keterampilan yang berbeda. Menurut Loki, proyeksi ilusi adalah "menggambarkan gambar rinci di luar diri sendiri yang terlihat di dunia luar" sementara duplikasi ilusi berarti menciptakan "tiruan yang tepat dari tubuh sendiri dalam keadaan saat itu juga... sebuah cermin holografik sejati dari struktur molekulnya."[8]

Telekinesis[sunting | sunting sumber]

Selama duel dengan Varian lain dari dirinya bernama Sylvie Laufeydottir di Roxxcart, Loki mampu menarik suatu objek kedalam genggamannya menggunakan pikirannya.[9]

Tembakan energi[sunting | sunting sumber]

Loki mampu menambakan energi berwarna hijau yang dapat menarik, memukul, dan melempar objek.

Mantra pikiran[sunting | sunting sumber]

Sama seperti diri alternatifnya Sylvie, Loki mampu memantrai pikiran lawannya, dengan itu ia mampu membuka dna melihat memori lawan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Loki [@LokiOfficial] (6 Juni 2021). "POV: You've just arrived at the TVA 🕰 Marvel Studios' #Loki starts streaming Wednesday on @DisneyPlus" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Juni 2021. Diakses tanggal 6 Juni 2021 – via Twitter. 
  2. ^ June 9, byWesley Leblanc Posted; 2021; A.m, 1:56 (2021-06-08). "Loki Confirmed to be Gender Fluid". IGN Southeast Asia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-03. 
  3. ^ Patches, Matt; Polo, Susana (2021-06-23). "Loki brings the trickster's bisexual legacy to the MCU". Polygon (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-03. 
  4. ^ "Loki On Screen Powers, Enemies, History". Marvel. Diakses tanggal June 7, 2021. 
  5. ^ Ramos, Dino-Ray (May 5, 2021). "'Loki' Premiere Date Moved Up By Two Days On Disney+". Deadline Hollywood. Diakses tanggal June 7, 2021. 
  6. ^ "Loki On Screen Full Report". marvel.com. Marvel.com. Diakses tanggal 29 March 2021. 
  7. ^ Check out Glorious Purpose on Disney+ Hotstar!
  8. ^ "Loki , Action TV Series - Nonton Semua Episode Terbaru Online di Disney+ Hotstar". Disney+ Hotstar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-03. 
  9. ^ "Loki , Action TV Series - Nonton Semua Episode Terbaru Online di Disney+ Hotstar". Disney+ Hotstar (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-03. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; referensi tanpa nama harus memiliki isi