Lois Lane (Smallville)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lois Lane
Tokoh Smallville
Berkas:Loissmall.jpg
Penampilan pertama "Crusade"
Pencipta Developed for television
Alfred Gough & Miles Millar
Character
Jerry Siegel & Joe Shuster
Pemeran Erica Durance
Informasi
Kerabat Chloe Sullivan
Affiliations Daily Planet

Lois Lane adalah karakter fiksi pada serial televisi Smallville, diperankan secara berkala oleh aktor Erica Durance sejak penampilan pertamanya di musim ke-empat pada episode "Crusade" sampai seri final. Durance dimulai sebagai bintang tamu di musim ke-empat dan ia dipromosikan ke seri reguler dengan status awal di musim kelima. Karakter Lois Lane, pertama kali dibuat pada buku-buku komik oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster pada tahun 1938 menjadi "bunga cinta" untuk Clark Kent dan alter-ego Superman, dan diadaptasi untuk televisi pada tahun 2001 oleh Alfred Gough dan Miles Millar—ini adalah keempat kalinya, karakter ini telah diadaptasi menjadi live-action serial televisi.

Di Smallville, Lois datang ke kota untuk menyelidiki kematian yang jelas mengenai sepupunya Chloe Sullivan pada awal musim keempat. Setelah menemukan Chloe masih hidup, Lois dipaksa untuk mendaftar di Perguruan Tinggi Smallville High untuk menyelesaikan sisa dari sekolah tinggi yang telah gagal ia capai. Kemajuan pada serial, minatnya dalam jurnalisme tumbuh, pertama menulis beberapa artikel untuk Smallville Tinggi Torch di season empat, dan terdapat arahan pekerjaan di Inquisitor dalam di musim keenam, dan akhirnya diterima bekerja di Daily Planet pada musim tujuh. Sepanjang musim empat, lima, enam dan tujuh, hubungan Lois dengan Clark Kent digambarkan lebih sebagai saudara/saudari hubungan, dengan dua karakter sering ikut campur dalam mempimpin. Di musim delapan, Lois mulai menyadari bahwa dia jatuh cinta dengan Clark, dan di musim kesembilan keduanya menjadi pasangan resmi. Selama musim kesepuluh hubungan berjalan melalui beberapa tonggak dan di midseason pasangan ini bertunangan.

Seri pengembangan oleh Gough dan Millar selalu membayangkan untuk membawa karakter Lois Lane ke dalam Smallville, tapi itu tidak di akhir musim ketiga bahwa tim kreatif memiliki hak alur cerita untuk membawa dia masuk. Erica Durance dipekerjakan untuk memerankanikon reporter wanita dari buku-buku komik.[1] Interpretasi pada Lois dirancang untuk mewujudkan sifat-sifat mirip dengan berbagai karakter wanita utama dalam film tersebut. Digambarkan sebagai "independen",[2] kritik telah menguntungkan membandingkan dengan versi Lois Lane lain di live-action dari pertunjukan karakter dalam keduanya antara film dan televisi.

Peran di Smallville[sunting | sunting sumber]

Lois Lane membuat debut pertamanya pada episode "Crusade" ketika dia datang ke smallvile untuk menginvestigasi tentang kematian yang sebenarnya dari saudara perempuannya Chloe Sullivan (Allison Mack).[3] pada saat menginvestigasi kematian Chloe dengan Clark Kent (Tom Welling) pada episode "Gone", keduanya mengungkapkan bahwa Chloe masih hidup, tetapi dalam perlindungan saksi sampai selesainya pemeriksaan keadilan Lionel Luthor, mereka bersaksi menentang dengan bukti bahwa ia mengatur kematian orang tuanya sendiri. Lionel (John Glover) tahu akan kebenaran dan mengirimkan seseorang untuk membunuhnya, tapi Lois dan Clark menghentikan calon pembunuh, yang memungkinkan Chloe untuk bersaksi. sebelum Lois bisa pergi dari Smallvile, ayahnya (Michael Ironside) memberitahu padanya bahwa ia gagal untuk mencapai semua program pelajaran di SMA-nya dan ia telah mendaftarkan dirinya di Smallville High sehingga dia bisa menyelesaikan tahun kedua belas kelas nya.[4] Tinggal bersama Kents, Lois mulai masuk ke Smallvile High pada episode "Faςade", Chloe meyakinkan dia untuk menjadi reporter untuk Torch dalam upaya untuk membantu Lois memperoleh beberapa kredit yang tersisa.[5] Lex Luthor's (Michael Rosenbaum) membantunya dalam episode "Devoted", Clark membantu Lois untuk meraih Program SMA yang tertinggal lebih cepat dari jadwal sehingga ia dapat masuk ke Metropolis University, dan mengosongkan kamar tidurnya.[6]

Pada musim kelima di episode "Fanatic", Jonathan Kent (John Schneider), yang akan menjadi senat negara, meminta Lois menjadi manajer kampanyenya setelah melihat biaya yang murah dan melawan mantan manajer kampanyenya, Jonathan memecatnya ketika menerbitkan sebuah pernyataan yang bertentangan nilai-nilai Jonathan.[7] Di episode "Fragile", Lois melanjutkan tugasnya dibawah Martha Kent (Annette O'Toole), yang diminta oleh Gubernur untuk mengambil tempat Jonathan setelah ia menderita serangan jantung yang fatal.[8] Di musim keenam, pada episode "Sneeze", Lois menemukan minatnya dalam jurnalisme setelah dia hampir terkena pintu gudang yang jatuh dari langit saat dia jogging. Kisahnya dibeli oleh Inquisitor, sebuah tabloid yang memberikan pekerjaan sebagai reporter.[9] Di episode "Wither", dia memulai hubungan romantis dengan seorang milyader yang bernama Oliver Queen (Justin Hartley), yang tanpa diketahuinya, menyamar pada malam hari sebagai sosok yang main hakim sendiri yaitu Green Arrow.[10] Pekerjaan Queen sebagai Green Arrow sering mendapakan penghalang. Didalam episode "Hydro", Lois menyimpulkan bahwa Oliver adalah Green Arrow, dan mengatur skema yang rumit untuk membuktikannya. Clark dan Oliver memilih jalan yang bijak untuk rencananya, namun Clark berpakaian layaknya Green Arrow untuk membuang prasangka Lois tentang Oliver.[11] Ketika Oliver terpaksa meninggalkan Metropolis untuk melacak semua fasilitas eksperimental Lex, dalam episode "Justice", hubungannya dengan Lois berakhir.[12] Dalam episode "prototype" musim ke-enam, Lois menemukan bahwa Lex telah melakukan penelitian eksperimental pada tentara-tentara, salah satunya adalah sahabatnya.[13] Akibatnya, Lois memutuskan dalam episode "Phantom" untuk mulai menyelidiki proyek Lex's LuthorCorp.[14]

Pada musim tujuh episode "Kara", sambil melihat-lihat proyek penelitian Lex, Lois menemukan sebuah pesawat asing ruang angkasa. Usahanya untuk membuat sebuah berita baru dari situasi tersebut membuat dia mendapat pekerjaan di Daily Planet - di ruang bawah tanah bersama sepupunya Chloe.[15] Ketika di Daily Planet, Lois memulai sebuah hubungan baru dengan editornya Grant Gabriel (Michael Cassidy) dalam episode "Wrath".[16] Hubungan mereka mendapat sorotan dari Chloe dan Lex dalam Episode "Blue", dengan Chloe sebagai rekan kerja melihat hal tersebut dan meragukan kemampuan sejati Lois sebagai seorang jurnalis, dan saat Lex percaya bahwa hubungan itu akan membahayakan rahasia identitas sejati Grant.[17] Dalam episode "Gemini", keduanya akhirnya setuju untuk berpisah.[18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mary-Lou Galician (December 12, 2008). "The Return of the Sob Sister in "Superman Returns": Lois Lane and the Fight for Truth and Justice". Paper presented at the annual meeting of the International Communication Association. Diakses tanggal January 18, 2009. 
  2. ^ Rachel Thomas (September 2008). "Interview with Erica Durance (Lois, 'Smallville')". About.com. Diakses tanggal October 18, 2008. 
  3. ^ Alfred Gough, Miles Millar (writers) & Greg Beeman (director) (September 22, 2004). "Crusade". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-1. The WB. 
  4. ^ Kelly Souders, Brian Peterson (writers) & Greg Beeman (director) (September 29, 2004). "Gone". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-2. The WB. 
  5. ^ Holly Harold (writer) & Pat Williams (director) (October 6, 2004). "Faςade". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-3. The WB. 
  6. ^ Luke Schelhaas (writer) & David Carson (director) (October 13, 2004). "Devoted". Smallville. Musim ke-4. Episode ke-4. The WB. 
  7. ^ Wandy Maricle (writer) & Michael Rohl (director) (January 12, 2006). "Fanatic". Smallville. Musim ke-5. Episode ke-10. The WB. 
  8. ^ Todd Slavkin, Darren Swimmer (writers) & Tom Welling (director) (April 13, 2006). "Fragile". Smallville. Musim ke-5. Episode ke-18. The WB. 
  9. ^ Todd Slavkin, Darren Swimmer (writers) & Paul Shapiro (director) (October 6, 2006). "Sneeze". Smallville. Musim ke-6. Episode ke-2. The WB. 
  10. ^ Tracy Bellamo (writer) & Whitney Ransick (director) (October 12, 2006). "Wither". Smallville. Musim ke-6. Episode ke-3. The WB. 
  11. ^ Brian Peterson, Kelly Souders (writers) & Tom Welling (director) (January 11, 2007). "Hydro". Smallville. Musim ke-6. Episode ke-10. The CW. 
  12. ^ Steven S. DeKnight (writer & director) (January 18, 2007). "Justice". Smallville. Musim ke-6. Episode ke-11. The WB. 
  13. ^ Steven S. DeKnight (writer) & Mat Beck (director) (May 10, 2007). "Prototype". Smallville. Musim ke-6. Episode ke-21. The WB. 
  14. ^ Todd Slavkin, Darren Swimmer (writers) & James Marshall (director) (May 17, 2007). "Phantom". Smallville. Musim ke-6. Episode ke-22. The WB. 
  15. ^ Todd Slavkin, Darren Swimmer (writers) & James Conway (director) (October 4, 2007). "Kara". Smallville. Musim ke-7. Episode ke-2. The WB. 
  16. ^ Kelly Souders, Brian Peterson (writers) & Charles Beeson (director) (November 8, 2007). "Wrath". Smallville. Musim ke-7. Episode ke-7. The WB. 
  17. ^ Todd Slavkin, Darren Swimmer (writers) & Glen Winter (director) (November 15, 2007). "Blue". Smallville. Musim ke-7. Episode ke-8. The WB. 
  18. ^ Caroline Dries (writer) & Whitney Ransick (director) (December 13, 2007). "Gemini". Smallville. Musim ke-7. Episode ke-9. The CW.