Logistik militer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Logistik militer adalah proses pengadaan, pemeliharan dan transportasi dari material, fasilitas dan jasa.[1]

Logistik militer merupakan ilmu tentang perencanaan dan penganggaran gerakan dan pemeliharaan suatu kekuatan.[2] Strategi terkait dengan penentuan dan cara pencapaian logistik sesuai penciptaan dan penyelenggaraan dukungan sercara terus menerus kepada satuan tempur dan satuan taktis demi tercapainya tujuan strategi. Strategi dan taktik memberikan pola penyelenggaraan operasi militer, sedangkan logistik menyediakan sarananya.[3]

Asal usul logistik militer[sunting | sunting sumber]

Kata "logistik" berasal dari bahasa Yunani logistikos, kata sifat yang berarti "terampil dalam menghitung". Penggunaan kata administrasi pertama kali di Romawi dan Bizantium ketika ada pejabat administrasi militer dengan gelar Logista. Pada saat itu, tampaknya tersirat kata suatu keahlian yang terlibat dalam perhitungan matematis.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pertama dalam kaitannya dengan administrasi militer yang terorganisasi sains oleh penulis Swiss, Antoine-Henri Jomini, pada tahun 1838, menyusun sebuah teori perang di trinitas strategi, taktik medan tempur, dan logistik. Prancis masih menggunakan kata-kata logistique dan loger dengan makna "untuk seperempat".

Aktivitas militer yang dikenal sebagai logistik mungkin sama tuanya dengan perang itu sendiri. Dalam sejarah awal manusia ketika perang pertama (berjuang), setiap orang harus mencari makanan sendiri. Setiap prajurit bertanggung jawab untuk cari makan untuk makanan dan kayu bakar sendiri.

Kemudian, ketika bergabung sebagai pejuang memerangi kelompok-kelompok dan kelompok menjadi lebih besar, apakah ada alasan untuk menunjuk orang-orang tertentu yang berspesialisasi dalam penyediaan makanan dan senjata kepada para pejuang. Orang-orang yang memberikan dukungan kepada para pejuang merupakan organisasi logistik pertama.

Pada abad ketujuh belas, orang Prancis menggunakan sistem majalah untuk menjaga jaringan kota-kota perbatasan disediakan untuk pengepungan dan menyediakan untuk kampanye di luar perbatasan mereka.[4] Perang Saudara Amerika melihat pengenalan transportasi kereta api untuk personel, peralatan, dan medan berat.

Selama Perang Tujuh Minggu, kereta api cepat memungkinkan mobilisasi Angkatan Darat Prusia, tetapi masalah persediaan yang bergerak dari akhir jalur rel untuk unit di depan, menghasilkan hampir 18.000 ton terjebak di kereta api, tidak dapat diturunkan ke landasan transportasi.[5] menggunakan kereta api Prusia selama Perang Prancis-Prusia sering dikutip sebagai contoh utama logistik modernisasi, tapi keuntungan dari manuver sering diperoleh dengan meninggalkan jalur pasokan yang menjadi putus, sesak dengan lalu lintas daerah belakang.[6]

Selama Perang Dunia I, perang kapal selam tak terbatas berdampak pada kemampuan sekutu Britania raya untuk tetap membuka jalur pelayaran, sedangkan ukuran besar Tentara Jerman ternyata terlalu banyak di kereta api untuk mendukung kecuali saat bergerak dalam perang parit.[7]

Prinsip-prinsip Logistik[sunting | sunting sumber]

  1. Responsif yaitu menyediakan dukungan yang tepat pada waktu yang tepat dan juga tempat yang tepat.
  2. Kesederhanaan yaitu menghindari kerumitan dalam persiapan, perencanaan dan pelaksanaan operasi logistik.
  3. Fleksibilitas yaitu mengadaptasi dukungan logistik terhadap setiap perubahan kondisi, baik perubahan lingkungan, perubahan misi, maupun perubahan konsep operasi.
  4. Ekonomis yaitu penggunaan kemampuan dukungan logistik secara efektif dan pemanfaatan yang ekonomis.
  5. Daya memeroleh dukungan logistik pokok minimum untuk memulai operasi pertempuran.
  6. Daya dukung dalam penyediaan logistik untuk jangka waktu operasi.
  7. Ketahanan logistik terutama infrastruktur logistik.

Sistem logistik militer[sunting | sunting sumber]

  1. Logistik Pertahanan. Logistik merupakan jembatan antara garis depan dan garis belakang, dan proses logistik merupakan unsur ekonomi dalam operasi-operasi militer. Logistik pertahanan adalah segala upaya dalam menentukan kebijakan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian melalui tahap pembinaan dan penggunaan personel, materiel, fasilitas, dan jasa sesuai tuntutan operasional, baik dalam jumlah, mutu, waktu, jenis, tempat, dan kondisi serta dapat mempertahankan kesiapannya selama digunakan.
  2. Logistik Wilayah. Penyiapan dukungan logistik ditetapkan pada lokasi dan jarak dari medan-medan pertahanan dan daerah-daerah pangkal pertahanan dan perlawanan.[8] Pembangunan pusat-pusat dukungan logistik sesuai dengan lokasi pusat pengembangan ekonomi dan industri (sesuai tata ruang wilayah negara) yang memadukan kepentingan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Webster
  2. ^ Naval Doctrine Publication 4 Naval Logistics, Departement of Navy USA
  3. ^ Henry Eccles, Logistic in The National Defence, The Military Service Publishing Company, Harrisburg, Pennsylvania
  4. ^ Creveld, Martin van (1977). Supplying War: Logistics from Wallenstein to Patton. Cambridge: Cambridge University Press. ISBN 0-521-21730-X. hal. 17-26
  5. ^ Creveld, Martin van (1977) hal. 84
  6. ^ Creveld, Martin van (1977) hal. 92-108
  7. ^ Creveld, Martin van (1977) hal. 138-141
  8. ^ Doktrin Pertahanan Keamanan Negara (5 Oktober 1991)

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]