Loewe (merek mode)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Loewe, S.A.)
LOEWE
Sociedad Anónima
IndustriRitel
Didirikan1846
PendiriEnrique Loewe Roessberg
Kantor
pusat
,
Spanyol
Tokoh
kunci
Jonathan Anderson
(Direktur Kreatif)
Pascal Lepoivre
(CEO)
.
PendapatanPenurunan €61.3 juta (2012)
IndukLVMH Moët Hennessy - Louis Vuitton S.A.
Situs webwww.loewe.com

LOEWE (pengucapan bahasa Spanyol: [loˈeβe])[1] adalah sebuah rumah mode mewah yang berkantor pusat di Madrid dan dimiliki oleh LVMH Group. Didirikan di Spanyol pada tahun 1846, LOEWE telah hampir 175 tahun berdiri sebagai salah satu rumah mode mewah terbesar di dunia. Sejak tahun 2013, di bawah kepemimpinan direktur kreatif Jonathan Anderson, LOEWE mengangkat citra baru, yakni sebagai rumah mode yang fokus pada kerajinan tangan dan budaya, dan dibuktikan melalui pendekatan yang cerdas dan cerdik terhadap mode, gaya hidup Spanyol yang menonjol, dan keahlian tinggi dalam menggunakan bulu.

LOEWE memiliki sejarah keperajinan yang panjang, dan memiliki teknik yang khas dalam mendesain dan memproduksi. Nilai dasar LOEWE tercermin dalam kepercayaan LOEWE terhadap pentingnya perajin dalam budaya hari ini, serta interpretasi modernnya terhadap pencapaian artistik terdahulu, serta komitmennya mendukung seni kontemporer, perajin, dan budaya di seluruh dunia.[2]


Sejarah[sunting | sunting sumber]

LOEWE didirikan pada tahun 1846 di Madrid oleh sekelompok perajin bulu berkebangsaan Spanyol, dan merek yang dipakai saat ini bermula pada tahun 1876 saat Enrique Loewe Roessberg, seorang perajin berkebangsaan Jerman bergabung.

Raja Alfonso XIII dari Spanyol menganugerahi gelar Supplier to the Royal Court kepada Enrique Loewe Hinton, salah satu keturunan pendiri LOEWE. Istri Raja Alfonso XIII, Ratu Victoria Eugenie pun kerap mengunjungi gerai LOEWE di Jalan Príncipe de Madrid.

Ibu Raja Spanyol saat ini, Ratu Sofía pun telah beberapa kali terlihat memakai tas Loewe.

Jonathan Anderson, seorang lulusan College of Fashion tahun 2005, menjadi direktur kreatif LOEWE pada tahun 2013. Ia lahir di Irlandia Utara pada tahun 1984.[3]

LOEWE memproduksi hampir semua produknya, terutama yang menggunakan bulu, di Madrid, dengan gerainya tersebar di seluruh dunia.

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Sejak didirikan pada tahun 1846, LOEWE tetap menggunakan teknik kerajinan tangan tradisional, dan mengombinasikannya dengan teknik desain dan produksi modern. Tiap perajin LOEWE mewariskan pengetahuannya ke perajin yang lebih muda, sehingga pengetahuan tersebut tetap dapat lestari. Nilai ini tercermin dalam kepercayaan LOEWE dalam pentingnya perajin dalam budaya saat ini dan dukungannya terhadap seni kontemporer, kerajinan tangan, dan budaya di seluruh dunia.

LOEWE juga mengadakan LOEWE FOUNDATION Craft Prize guna mengapresiasi keahlian para perajin dan menyediakan tempat untuk para perajin memamerkan karyanya.

LOEWE Foundation[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1988, Enrique Loewe Lynch, salah satu keturunan pendiri LOEWE, mendirikan LOEWE Foundation, sebuah yayasan budaya swasta untuk mendukung penyelenggaraan pagelaran dan pameran budaya.[4] Yayasan ini menerima Gold Medal for Merit in the Fine Arts dari Pemerintah Spanyol pada tahun 2002.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Loewe (brand) di Wikimedia Commons