Liukan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Seorang manusia karet sedang atraksi

Liukan ((Inggris)Contortion, Contortionism) adalah bentuk tampilan fisik yang tidak biasa, melibatkan lentur tubuh manusia. Liukan sering menjadi bagian dari akrobat dan sirkus. Secara umum, pelakunya (yang disebut "manusia karet") memiliki fleksibilitas alami yang tidak biasa, yang kemudian ditingkatkan melalui pelatihan akrobatik, atau mereka melakukan latihan yang intens, berulang dan konsisten untuk mendapatkan fleksibilitas ini. Namun, mereka yang memiliki keterbatasan dalam genetik, jenis kelamin, atau usia dapat tetap dapat mencapai tingkat fleksibilitas yang sama meskipun dengan kemajuan yang lambat.

Di beberapa negara seperti Mongolia dan Rusia banyak orang (terutama perempuan) belajar liukan ini dan dianggap sebagai bentuk seni nasional yang dihormati karena memegang kepentingan budaya. Selama ratusan tahun, para kontorsionis telah menghibur banyak orang di seluruh Mongolia. Mereka biasanya mulai berlatih dari usia yang sangat dini. Di Mongolia usia minimum yang dapat diterima adalah 5 tahun, karena mereka percaya liuk tubuh mereka dapat melentur cepat pada anak-anak muda. Pada beberapa cabang olahraga, senam ritmik misalnya, tuntutan akan fleksibilitas lebih ekstrem, walaupun tidak membutuhkan keterampilan keseimbangan tangan atau keterampilan diri.

Keahlian[sunting | sunting sumber]

Kebanyakan kontorsionis dikategorikan sebagai "peliuk depan" atau "peliuk belakang", tergantung pada arah mana tulang mereka lebih fleksibel. Jumlah kontorsionis yang mahir menekuk ke depan dan ke belakang elatif sedikit.

Beberapa keahlian yang dilakukan oleh kontorsionis meliputi:

  • Frontbending, keahlian melipat ke depan dengan kaki lurus, atau menempatkan satu atau kedua kaki di belakang leher atau bahu dengan lutut ditekuk (disebut simpul manusia).
  • Backbending, keahlian menyentuh kepala dengan kaki, atau melalui semua jalan ke bokong (disebut kepala kursi), sambil berdiri, berbaring di lantai, atau berdiri dengan tangan (handstand).
  • Split dan oversplits, (pembagian lebih dari 180 derajat) dapat dimasukkan dalam keahlian frontbending atau backbending. Sebuah oversplit dapat dilakukan sementara kaki ditopang oleh dua kursi atau dua asisten.
  • Enterologis, adalah praktik meremas tubuh seseorang menjadi kecil, kotak setinggi lutut atau wadah lain yang tampaknya terlalu kecil bagi seseorang untuk menyesuaikan diri.
  • Dislokasi bahu atau sendi pinggul, kadang-kadang dilakukan sebagai gerakan pendek. Salah satu contohnya adalah mengangkat lengan ke samping sampai lolos di belakang kepala dan terletak di bagian atas bahu.

Manusia Karet[sunting | sunting sumber]

  • Christine Danton (The Amazing Christina)
  • Daniel Browning Smith (Manusia Paling Fleksibel di Dunia)
  • Serchmaa Byamba adalah manusia karet internasional terkenal dan pelatih kontorsionis generasi baru. Dia telah mengajar selama lebih dari 18 tahun untuk pemain dan atlet yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang pelatihan fleksibilitas, belajar seni liuk atau meningkatkan keterampilan kinerja mereka.
  • Gana, kontorsionis asal Mongolia

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]