Liu Zongyuan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Liu Zongyuan

Liu Zongyuan.jpg

Hanzi: 柳宗元

Liu Zongyuan (Wade-Giles: Liu Tsung-yüan, 773–28 November 819, nama kehormatan Zihou (子厚; Wade-Giles: Tzu-hou) adalah sebuah penulis Tiongkok yang sebagian misi hidupnya tinggal di Chang'an, pada masa Dinasti Tang. Liu lahir di sebuah wilayah yang sekarang berada di Yongji, Shanxi. bersama dengan Han Yu, ia adalah pendiri Pergerakan Prosa Klasik. Ia secara tradisional dimasukkan sebagai salah satu dari Delapan Ahli Prosa Agung dari Zaman Tang dan Song. Ia juga merupakan seorang penyair terkenal.

Karier pelayanan sipil[sunting | sunting sumber]

Karier pelayanan sipil Liu Zongyuan awalnya berhasil; namun, pada 805, ia jatuh tempo dengan pemerintahan kekaisaran karena keterlibatannya pada sebuah gerakan reformis yang gagal. Ia mula-mula diasingkan ke Yongzhou, Hunan, dan kemudian ke Liuzhou, Guangxi, dimana ia kemudian menjadi Gubernur kota tersebut. Sebuah taman dan kuil di Liuzhou didedikasikan untuk mengenangnya.[1] Masa pengasingannya membuat karier sastranya berkembang: ia menghasilkan puisi-puisi, fabel-fabel, travelog-travelog reflektif dan esay-esay yang mengandung unsur-unsur Konghucu, Tao dan Buddha.

Karya[sunting | sunting sumber]

Landskap karya Zhou Wenjing, yang menampilkan bagian dari puisi Liu Zongyuan "Musim Dingin Bersalju" di bagian kanan atas ("孤舟蓑笠翁,獨釣寒江雪")

Karya perjalanan Liu paling terkenal adalah Delapan Catatan Ekskursi di Yongzhou (永州八游记). Sekitar 180 puisinya masih ada, lima diantaranya dimasukkan dalam antologi Tiga Ratus Puisi Tang. Beberapa karyanya mengenang pembebasannya dari jabatan, sementara karya lainnya mengenang masa pembuangannya.

Salah satu puisi terkenal buatannya adalah "Jiangxue" (江雪), yang terkadang diterjemahkan menjadi "Musim Dingin Bersalju" atau "Sungai Bersalju": puisi ini menjadi sebuah inspirasi bagi beberapa karya lukisan Tionghoa.

江雪
千山鳥飛絕
萬徑人蹤滅
孤舟蓑笠翁
獨釣寒江雪
Sungai Bersalju

Seribu pegunungan, tak ada tanda burung-burung terbang;
Sepuluh ribu jalan, tak ada jejak-jejak manusia.
Dalam sebuah perahu tunggal, seorang pria tua, yang mengenakan topi hujan dan jas hujan jerami,
Memancing sendirian, di sungai dingin bersalju.

Liu Zongyuan menulis Fei Guoyu (T: 非國語, S: 非国语, Argumen melawan Harangues dari Berbagai Negara), sebuah kritikan terhadap Guoyu. Sebagai tanggapannya, Liu Zhang (劉 章, sekitar 1095-1177); Jiang Duanli (T: 江端禮, S: 江端礼); dan Yu Pan (虞 槃 berkembang pada 1300), adik Yu Ji (虞 集, 1272-1348), menulis teks-teks yang berjudul Fei Fei Guoyu T: 非非國語, S: 非非国语; Argumen melawan Argumen melawan Harangues dari Berbagai Negara) dalam menentang esay Liu Zongyuan.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Chen, Jo-shui, Liu Tsung-yüan and Intellectual Change in T'ang China, 773-819, Cambridge: Cambridge University Press, 1992. ISBN 0521419646.
  • Nienhauser Jr., William H.; Hartmann, Charles; Crawford, William Bruce; Walls, Jan W.; Neighbors, Lloyd, Liu Tsung-yüan, New York: Twayne Publishers Inc., 1973.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Liuzhou Tourism". Diakses tanggal September 11, 2014. 
  2. ^ Nienhauser, William H. Jr. (University of Wisconsin-Madison). Sebuah Penglihatan Ketiga dari "Li Wa Zhuan". Pembelajaran T'ang (Print ISSN: 0737-5034, Online ISSN: 1759-7633), 2007(25), pp. 91–110. Cited p.: 91-92.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Puisi Tionghoa