Liu Bocheng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Liu Bocheng
刘伯承
Liu Bocheng berseragam Marsekal
Informasi pribadi
Lahir4 Desember 1892
Kaixian, Sichuan, Dinasti Qing
Meninggal7 Oktober 1986 (umur 93)
Beijing, Republik Rakyat Tiongkok
Penghargaan sipil Medali Ba Yi (Kelas Utama)
Medali Kemerdekaan dan Kebebasan (Kelas Utama)
Medali Pembebasan (Kelas Utama)
JulukanMars Tiongkok, Naga Bermata Satu
Karier militer
PihakRepublik Rakyat Tiongkok
Dinas/cabang Tentara Pembebasan Rakyat
Masa dinas1912 – 7 Oktober, 1986
PangkatMarsekal Republik Rakyat Tiongkok
KomandoKomandan Divisi, Angkatan Darat Rute Kedelapan, Panglima Angkatan Bersenjata Tiongkok
Pertempuran/perangEkspedisi ke Utara, Mars Panjang, Serangan Seratus Resimen, Perang Saudara Tiongkok
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Liu Bocheng (Hanzi sederhana: 刘伯承; Hanzi tradisional: 劉伯承; Pinyin: Liú Bóchéng; Wade–Giles: Liu Po-ch'eng; 4 Desember, 1892 – 7 Oktober, 1986) adalah anggota Partai Komunis Tiongkok (PKT) dan panglima militer berpangkat "Yuan shuai" (jenderal bintang lima) di Tentara Pembebasan Rakyat.

Liu dikenal sebagai 'setengah' dari "Tiga Setengah", seorang Ahli Strategi Tiongkok dalam sejarah Tiongkok modern. Tiga lainnya adalah Lin Biao dan Su Yu komandan-komandan PKT dan Bai Chongxi komandan Kuomintang. Secara resmi, Liu diakui sebagai seorang revolusioner, ahli strategi militer, ahli teori, dan salah satu pendiri Tentara Pembebasan Rakyat. Nama julukan Liu adalah Mars Tiongkok dan Naga Bermata Satu, mencerminkan karakter dan prestasi militernya.

Anekdot yang keliru[sunting | sunting sumber]

Hubungan Liu dengan Deng Xiaoping terlalu dibesar-besarkan oleh masyarakat umum Tiongkok sebagai cara untuk memprotes Revolusi Kebudayaan, yang merupakan produk politik Mao Zedong. Pada tahun 1972, tidak lama setelah kematian Chen Yi, Liu mengatakan kepada keluarganya bahwa jika nanti ia meninggal, maka pemakaman dan pidato kematiannya harus dilakukan oleh Deng yang saat itu masih sebagai tahanan rumah, Liu sengaja berkata demikian sebagai bentuk dukungannya terhadap Deng.

Akan tetapi, masyarakat umum Tiongkok dengan serius mengubah perkataannya tersebut menjadi sesuatu yang tidak proporsional sebagai cara untuk memprotes Revolusi Kebudayaan yang membawa malapetaka itu dengan mengatakan bahwa setelah Hua Guofeng ditunjuk oleh Mao sebagai penggantinya, Liu telah mengajukan permintaan percakapan tatap muka dengan Hua Guofeng, agar pemakaman dan pidatonya dilakukan oleh Deng, jika tidak maka putranya diminta untuk membuang mayatnya di ladang supaya dimakan oleh anjing-anjing liar.

Faktanya, tidak ada catatan resmi bahwa Liu telah membuat permintaan keterlaluan seperti itu, atau percakapan tatap muka dengan Hua, atau permintaan resmi kepada rezim Tiongkok untuk mengadakan pemakaman dan pidato kematian yang harus dilakukan oleh Deng. Namun, hal itu jelas merupakan keinginan pribadinya yang diungkapkan oleh pihak keluarganya.

Keinginan pribadi Liu itu akhirnya menjadi kenyataan setelah kematiannya ketika keluarganya memberi tahu rezim Tiongkok tentang keinginannya, dan pada saat itu, Deng sudah bukan tahanan rumah lagi tetapi telah menjadi seorang pemimpin tertinggi di Tiongkok dan tentu saja tidak ada yang bisa menghentikannya untuk menghormati keinginan pribadi Liu tersebut.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ In Memory of Liu Bocheng, October 21, 1986 Selected Works of Deng Xiaoping, Volume III (1982-1992), first published in People's Daily

Sumber[sunting | sunting sumber]