Liturgi Persiapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Altar Protesis, dirangkai dengan diskos (kiri), cawan (kanan) dan barang lain yang dibutuhkan untuk Liturgi Persiapan. Anak Domba ditempatkan di atas diskos (patena). Di sebelah kiri adalah Prosfora untuk Theotokos, para orang kudus, yang hidup dan telah berpulang.

Liturgi Persiapan, juga disebut Prothesis (Yunani: Πρόθεσις)[1] atau Proskomedia (Προσκομιδή Proskomidē) adalah nama yang diberikan dalam Gereja Ortodoks Timur untuk tindakan menyiapkan roti dan air anggur untuk Ekaristi. Liturgi Persiapan dilakukan tepat sebelum bagian publik dari Liturgi Ilahi dimulai dan liturgi ini melambangkan "tahun-tahun tersembunyi" dari kehidupan duniawi Kristus.

Elemen Ekaristi[sunting | sunting sumber]

Elemen ekaristi adalah sesuatu yang digunakan sebagai kurban aau persembahan dalam Liturgi Ilahi dan hanya terdapat dua elemen tertentu yang akan dipersembahkan dalam Liturgi Ilahi, yaitu:

Prosfora disiapkan untuk Liturgi Persiapan

Roti[sunting | sunting sumber]

Roti yang digunakan dalam Liturgi Ilahi disebut sebagai prosfora. Prosfora adalah sepotong roti ragi yang dipanggang dalam dua lapis untuk menggambarkan dua kodrat Kristus, yakni kodrat keilahian-Nya dan kodrat kemanusiaan-Nya. Roti Prosfora ini terbuat dari terigu, ragi, garam, dan air.

Anggur[sunting | sunting sumber]

Anggur yang digunakan untuk persembahan haruslah anggur yang berbahan dasar anggur merah yang telah difermentasi dan terdapat sebuah kebiasaan dalam tradisi Ortodoks bahwa anggur yang akan digunakan dalam liturgi memiliki rasa manis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^  Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Prothesis". Encyclopædia Britannica. 22 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 475–476. 


Pranala luar[sunting | sunting sumber]