Liturgi Santo Yohanes Krisostomus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Liturgi Ilahi Santo Yohanes Krisostomus adalah liturgi ilahi (atau "misa") yang paling dirayakan dalam Ritus Bizantium. Liturgi tersebut mengambil nama dari bagian intinya, anafora yang diatributkan kepada Santo Yohanes Krisostomus, Uskup Agung Konstantinopel pada abad ke-5.

Liturgi ini mencerminkan karya dari para Bapa Kapadokia dalam upaya memberantas bidah dan mendefinisikan Teologi Tritunggal terhadap Gereja Kristen. Dahulu, liturgi ini kemungkinan digunakan oleh para jemaat aliran Antiokhia (Santo Yohanes sendiri yang merupakan seorang diaken dan pendeta di Antiokhia), dan karena itu kemungkinan besar berkembang dari ritus Suriah Barat. Pada saat menjadi Patriarkh di Konstantinopel, Santo Yohanes memperindah dan menyempurnakan bentuk dari liturgi ini. Oleh karena liturgi ini digunakan sebagai liturgi ilahi dari Gereja Hagia Sophia, liturgi ini seiring berjalannya waktu berkembang menjadi liturgi ilahi pada umumnya di seluruh gereja di wilayah Kekaisaran Romawi Timur. Liturgi ini dengan liturgi Santo Basil kemudian menjadi norma di Gereja Ortodoks Timur hingga masa akhir pemerintahan Kaisar Yustinianus I.[1] Hingga sekarang, liturgi ini terus menjadi norma liturgi dalam gereja-gereja beritus Bizantium.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chrysostom", Early liturgy, Liturgica, diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-02, diakses tanggal 2020-03-11 .

Buku[sunting | sunting sumber]

  • Hans-Joachim Schulz, Die byzantinische Liturgie: Glaubenszeugnis und Symbolgestalt, 3., völlig überarb. und aktualisierte Aufl. Paulinus, Trier 2000, ISBN 3-7902-1405-1
  • Robert A. Taft, A History of the Liturgy of St John Chrysostom, Pontificio Istituto Orientale, Roma 1978-2008 (6 volumes).
  • Robert F. Taft, The Byzantine Rite. A Short History. Liturgical Press, Collegeville 1992, ISBN 0-8146-2163-5
  • Hugh Wybrew, The Orthodox Liturgy. The Development of the Eucharistic Liturgy in the Byzantine Rite, SPCK, London 1989, ISBN 0-281-04416-3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]