Little House on the Prairie (serial televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Little House on the Prairie
Berkas:LHMainTitle.jpg
GenreDrama keluarga
Western
PengembangBlanche Hanalis
SutradaraWilliam F. Claxton
Maury Dexter
Victor French
Michael Landon
Leo Penn
PemeranMichael Landon
Melissa Gilbert
Karen Grassle
Melissa Sue Anderson
Lindsay and Sidney Greenbush
Matthew Laborteaux
Richard Bull
Katherine MacGregor
Alison Arngrim
Jonathan Gilbert
Kevin Hagen
Dabbs Greer
Victor French
Merlin Olsen
Dean Butler
Linwood Boomer
Penggubah lagu temaDavid Rose
Penata musikDavid Rose
Negara asalUnited States
Bahasa asliEnglish
Jmlh. musim9
Jmlh. episode203 (+ 5 specials) (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifMichael Landon
Ed Friendly
ProduserJohn Hawkins
William F. Claxton
Durasi45–48 menit
Rumah produksiEd Friendly Productions
NBC Productions
DistributorWorldvision Enterprises
CBS Television Distribution (USA)
NBCUniversal International Television Distribution
MGM International Television Distribution (non-USA)
Rilis asli
JaringanNBC
Format gambarNTSC
Format audioMonaural
Rilis11 September 1974 (1974-09-11) –
21 Maret 1983 (1983-03-21)
Acara terkait
Father Murphy

Little House on the Prairie adalah sebuah drama serial televisi Amerika, yang dibintangi oleh Michael Landon, Melissa Gilbert, dan Karen Grassle, tentang keluarga yang tinggal di sebuah pertanian di Walnut Grove, Minnesota, pada tahun 1870-1880 an. Drama ini diadaptasi dari buku laris karya Laura Ingalls Wilder yang berjudul Little House. Produser televisi dan eksekutif NBC Ed Friendly menyadari cerita ini pada awal tahun 1970an. Dia kemudian meminta Michael Landon untuk menyutradarai film pilot (episode tunggal dari serial televisi yang digunakan untuk menjual pertunjukan tersebut kepada jaringan televisi), yang menyetujui dengan syarat dia boleh bermain juga sebagai Charles Ingalls.

Serial regulernya diawali dengan film pilot dua-jam, yang pertama kali ditayangkan pada tanggal 30 Maret 1974. Serial ini mulai disiarkan di jaringan NBC pada tanggal 11 September 1974, dan berakhir pada tanggal 10 Mei 1982. Selama sesi penyiaran 1982-1983, dengan kepergian Michael Landon dan Karen Grassle, serial ini disiarkan dengan judul baru Little House: A New Beginning.

Pada tahun 1997, dua bagian dari episode "I'll Be Waving As You Drive Away" dipilih oleh TV Guide untuk masuk dalam 100 episode terbesar sepanjang masa.[1]

Pemeran dan karakter[sunting | sunting sumber]

Melissa Gilbert as Laura Ingalls, 1975

Melissa Gilbert merupakan aktris yang paling sering muncul dalam serial ini. Dia absen untuk 13 episode, totalnya dia tampil dalam 190 dari 203 episode. Michael Landon muncul dalam semua episode selaman musim satu sampai delapan, tetapi tidak muncul lagi ketika serial ini diubah menjadi Little House: A New Beginning (musim sembilan.

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Sindikasi[sunting | sunting sumber]

Acara ini populer ditayangkan ulang dalam sindikasi. di Amerika, sebagai tambahan penyiaran di stasiun lokal, disiarkan juga di INSP[2] and Hallmark Channel.[3]

Karena konteks sejarah dan koneksinya dengan serial buku, dipandang dapat diterima untuk digunakan oleh FCC untuk sesuai dengan panduan program federal E/I.

Di Kanada, tayang ulang serial ini mulai disiarkan malam hari di CTS, jaringan berbasis kristiani, pada tanggal 1 September 2008.

Di Amerika, hak sindikasi televisi dimiliki oleh CBS Television Distribution. Awalnya, NBC memberikan lisensi kepada Worldvision Enterprises, karena jaringan tersebut tidak dapat memiliki sindikasi. Sebagai hasil perubahan korporasi, Paramount Domestic Television dan CBS Paramount Domestic Television mewarisi hak tersebut, yang akhirnya diberikan kepada CTD tahun 2007.

NBC memiliki hak tambahan untuk lisensi di seluruh dunia dan hak DVD juga. Anak perusahaan NBC Universal International Television mendistribusikan serial ini secara internasional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Special Collectors' Issue: 100 Greatest Episodes of All Time". TV Guide (June 28 – July 4). 1997. 
  2. ^ http://www.insp.com/tv-shows
  3. ^ http://blog.sitcomsonline.com/2013/04/hallmark-channel-removes-happy-days-for.html

Pranala luar[sunting | sunting sumber]