Listrik mekanik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Energi Mekanik merupakan energi yang dapat disimpan dalam bentuk energi potensial maupun energi kinetik. Energi ini dapat dikembangkan menjadi pengganti daya pada teknologi-teknologi terkini karena mempunyai kemampuan untuk mengubah mekanik menjadi energi elektrik. Pada umumnya, kemampuan ini dimiliki benda-benda seperti batu Kristal dan atau batu keramik. Keramik listrik mekanik digunakan dalam berbagai macam aplikasi dari yang mikro sampai pada aplikasi makro yang terus menerus dikembangkan.

Efek[sunting | sunting sumber]

Efek yang disebut efek listrik mekanik ini ialah hasil dari respon material-material yang dtimbulkan pada tekanan mekanis. Efek listrik mekanik menimbulkan muatan positif dan negatif, efek listrik mekanik ini memiliki karakter yang dapat diubah. Contoh aplikasi sederhananya ialah pemantik rokok. Nantinya, efek listrik mekanik ini berguna bagi pengganti energi yang tersedia saat ini.

Efek listrik mekanik terbagi menjadi dua yaitu efek langsung dan balikan. Efek listrik mekanik langsung ialah suatu efek yang ditimbulkan dari suatu dorongan atau tekanan mekanik dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sedangakan efek listrik mekanik secara balikan berarti jumlah adanya tekanan bila diberikan suatu tegangan listrik.

Teknologi[sunting | sunting sumber]

Saat suatu benda ber-mekanik atau mendapatkan suatu tekanan, maka mekanikan itu akan menimbulkan adanya energi atau kekuatan, permekanikan suatu benda dikonversikan menjadi sebuah energi. Efek listrik mekanik ini ditemukan oleh Pierre dan Jacques Curie. Dalam PD1 listrik mekanik digunakan sebagai navigasi suara atau sonar. Sejak itulah dunia mulai tertarik untuk mengembangkan teknologi efek ini.

Beberapa ilmuwan telah melakukan berbagai cara untuk meksimalkan cara kerja efek listrik mekanik untuk diaplikasikan ke dalam teknologi yang ada, kemajuan teknologi selalu membutuhkan rangkaian pemikiran yang inovatif dan dinamis seperti halnya kepedulian manusia di era sekarang ini untuk memperoleh teknologi yang ramah lingkungan.

Tahir cagin seorang ilmuwan Texas menemukan bahwa efek listrik mekanik ini dapat berguna untuk meningkatkan pasokan daya bagi perangkat-perangkat yang membutuhkan daya untuk membantunya berfungsi. Ia telah melakukan riset dengan material-material dan dengan skala nanometer, lalu menemukan bahwa banyak sekali alat elektronik yang dapat mengaplikasikan teknologi ini sebagai sumber penambah dayanya, diantaranya seperti komputer jinjing atau telepon genggam. Selain itu dengan penggunaan teknologi listrik mekanik tersebut, bisa diperkirakan penggunaan baterai akan dapat tergantikan. kegunaan teknologi listrik mekanik yang terdapat pada alat komunikasi seperti telepon genggam ini dapat juga digunakan dalam bidang pertahanan misalnya saja untuk sonar. Sejauh ini para ilmuwan baru berhasil mengatur 0.2 volt listrik dengan teknologi ini.

Terdapat di New York Times, dikabarkan bahwa Dr. Michael C. McAlpine mengembangkan suatu pendekatan untuk mengubah gerak tubuh menjadi suatu daya listrik. pergerakan tubuh ini diubah dan dibentuk kedalam sebuah Kristal yang bernama Kristal listrik mekanik fleksibel. Dalam jurnal Nano Letters, dijelaskan pengembangan solusi yang dilakukan oleh Dr McAlpine dan rekan-rekannya. Ia membangun sebuah prototype untuk pengembangan teknologi ini. sebuah kabel kecil didepositkan kepada Kristal, maka akan mengakibatkan listrik dapat dipanen. Kristal pun ditutupi dengan lapisan polimer yang bersifat fleksibel dan bio kompatibel. Bahkan bila teknologi ini diaplikasikan pada sepatu, maka akan menghasilkan daya yang mencukupi untuk memutar music dan untuk mencarger telepon seluler anda.

Aplikasi pada teknologi[sunting | sunting sumber]

Pada masa sekarang ini permintaan terhadap berbagai teknologi yang ramah lingkungan dan hemat energi akan semakin banyak lagi, pengembangan teknologi listrik mekanik pada berbagai peranti teknologi nantinya tentu akan sangat berguna dan dipertimbangkan untuk lebih berkembang lagi. Pada tahun 2010, suatu produsen telepon seluler asal Finlandia yang produknya telah tersebar luas, kini telah mematenkan suatu teknologi yang dapat membuat telepon selularnya dapat menambahkan daya dengan sendirinya hanya dengan mekanikan dari pemakainya. Pada baterai telepon seluler terbaru yang digunakannya, mereka menggunakan material listrik mekanik yang hingga kini pun masih terus menerus dikembangkan untuk menyempurnakannya.

Pada kenyataannya, sumber daya listrik yang ada kini terbatas, namun sebenarnya manusia pun dapat menjadi sumber dari energi tersebut. Tubuh manusia mampu memproduksi energi yang cukup untuk menambahkan daya kepada sebuah batu baterai, misalnya saat kita berjalan cepat atau aktif, tubuh dapat memproduksi daya sekitar 70 watt yang apabila daya ini dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi sebuah energi listrik maka bukan tidak mungkin akan mengurangi pemakaian energi listrik dari sumber yang terbatas.

Dalam teknologi lainnya, penempatan teknologi aktuator listrik mekanik dalam sebuah kamera digital dapat menghasilkan gambar yang anti kabur. Prinsipnya ialah pada saat terjadi goyangan maka sensor akan mendeteksinya dan aktuator listrik mekanik akan mengmekanikkan sebuah perangkat yang bertugas untuk menangkap bayangan suatu gambar. Teknologi listrik mekanik juga dapat digunakan sebagai sensor medis di dalam tubuh. Memang hingga saat ini teknologi listrik mekanik masih terus dikembangkan dan belum mendapatkan hasil yang sungguh maksimal, namun apabila berhasil dikembangkan dan dapat menjadi pasokan daya bagi segala perangkat elektronik tentunya hal ini akan sangat berguna.

Seiring perkembangan zaman nantinya, bukan tidak mungkin kita menemukan teknologi yang dapat digunakan tanpa memerlukan pasokan listrik dari sumber yang terbatas. Misalnya saja kita tak perlu lagi selalu mencarger telepon seluler ataupun komputer jinjing lagi. Perubahan dan perkembangan teknologi ramah lingkungan semakin banyak dilakukan atas tujuan menjawab permintaan dari manusia-manusia yang peduli akan kelangsungan sumber daya terbatas.

Referensi[sunting | sunting sumber]