Lintasan keliling bulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lintasan yang dipakai oleh Apollo 13
Sketsa lintasan pemulangan bebas keliling bulan (bukan skala).

Dalam mekanika orbital, lintasan keliling bulan, lintasan trans-bulan atau pemulangan bebas bulan adalah sebuah jenis lintasan pemulangan bebas yang memakai wahana antariksa dari Bumi, mengelilingi sisi jauh Bulan dan kembali ke Bumi hanya memakai gravitasi yang sempat menjadi lintasan awal.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Wahana antariksa pertama yang terbang pada lintasan keliling bulan adalah Luna 3. Lintasan keliling bulan juga dipakai oleh misi-misi Apollo sebelum memasuki orbit bulan,[1] untuk menyediakan pemulangan bebas ke Bumi pada peristiwa malfungsi sistem dalam perjalanan menuju Bulan. Lintasan tersebut dipakai oleh Apollo 13, saat tangki oksigen berkurang drastis saat pulang ke Bumi tanpa menyalakan mesin Service Module.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The launch and mission trajectory". Apollo 13 Mission Report. Spaceflight Now. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-05-08. Diakses tanggal 2009-06-30. 
  2. ^ Turnhill, Reginald. "Apollo 13 on Free Return Trajectory". Spaceflight Now. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-07. Diakses tanggal 2009-06-30. 


Templat:Space-stub