Liniment

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

LINIMENT[sunting | sunting sumber]

Liniment berasal dari bahasa latin linere, untuk di minyaki, atau minyak gosok, adalah obat topical yang diaplikasikan ke bagian kulit. Sering kali disebut sebagai obat gosok panas, obat gosok seperti cairan kental yang di formulasikan sebagai losion atau balsem dan biasanya digosokkan untuk memungkinkan penetrasi bahan aktif. Tersedia dalam bentuk potongan kecil, batang, dan semprotan.[1]

Obat gosok biasanya dijual untuk menghilangkan rasa sakit dan kekakuan, seperti sakit otot dan ketegangan, atau radang sendi. Obat ini biasanya diformulasikan dari alkohol, aseton, atau pelarut yang cepat menguap lainnya, dan mengandung senyawa kimia aromatik yang berlawanan seperti metil salisilat, resin benzoin, mentol, atau capsaicin. Produk ini menghasilkan sensasi hangat di tempat obat ini di aplikasikan, biasanya bertindak sebagai rubefacients melalui efek iritasi konter.

Metil salisilat yang merupakan bahan analgesik aktif dalam beberapa produk obat gosok/panas bisa beracun jika digunakan secara berlebihan. Bantalan pemanas tidak dianjurkan untuk digunakan secara bersamaan dengan obat gosok panas, karena hangat yang di timbulkan dapat menyebabkan reabsorpsi bahan aktif.

OBAT GOSOK TERKENAL[sunting | sunting sumber]

  • A.B.C. Liniment digunakan dari sekitar tahun 1880 hingga 1935. Hal itu dinamakan A.B.C karena tiga bahan utamanya: aconite, belladonna, dan chloroform. Ada banyak contoh keracunan dari campuran ini,dan  menghasilkan setidaknya satu kematian.
  • Bengay, dieja Ben-Gay sebelum 1995, dikembangkan di Prancis oleh Dr. Jules Bengué, dan dibawa ke Amerika pada tahun 1898. Awalnya diproduksi oleh Pfizer Consumer Healthcare, yang diakuisisi oleh Johnson & Johnson.
  • Icy Hot, adalah produk yang diproduksi dan dipasarkan oleh Chattem, yang sekarang merupakan anak perusahaan dari Sanofi.
  • Mentholatum Ointment, diperkenalkan pada Desember 1894 dan masih diproduksi hingga hari ini dengan berbagai variasi.
  • Minard's Liniment, Dr. Levi Minard dari Nova Scotia, di beri gelar sebagai "The King of Pain," menciptakan obat gosoknya yang terkenal dari kapur barus, air amonia, dan terpentin medis.
  • Nine oils, persiapan abad ke-19 yang digunakan pada kuda dan manusia. Meskipun buku apoteker kadang-kadang menentukan resep, dokter jalanan sering mempromosikan segala jenis minyak sebagai "sembilan minyak"
  • Opodeldoc, ditemukan oleh dokter Renaissance Paracelsus.
  • RUB A535,diperkenalkan pada tahun 1919 dan diproduksi oleh Church & Dwight di Kanada.
  • Tiger Balm, dikembangkan pada tahun 1870-an di Rangoon, Burma oleh ahli herbal Aw Chu Kin, dan dibawa ke pasar oleh putra-putranya. Ini terdiri dari mentol 16% dan minyak wintergreen 28%.
  • Watkins Liniment: Salah satu produk asli Watkins Incorporated

DIGUNAKAN UNTUK KUDA[sunting | sunting sumber]

Obat gosok biasanya digunakan pada kuda setelah latihan, diterapkan dengan menggosok dengan kekuatan penuh, terutama pada kaki; atau dioleskan dalam bentuk encer, biasanya ditambahkan ke ember berisi air dan dioleskan ke tubuh. Obat ini digunakan saat cuaca panas untuk membantu mendinginkan kuda setelah bekerja, alkohol mendinginkan melalui penguapan cepat, dan minyak kontra-pengencer melebarkan kapiler di kulit, meningkatkan jumlah darah yang melepaskan panas dari tubuh.

Banyak formula obat gosok kuda dalam bentuk encer telah digunakan pada manusia, meskipun produk untuk kuda yang mengandung DMSO tidak cocok untuk digunakan manusia, karena DMSO membawa produk topikal ke dalam aliran darah. Bahan-bahan obat gosok kuda seperti mentol, kloroksilenol, atau yodium juga digunakan dalam berbagai produk yang digunakan oleh manusia.

Absorbine, produk obat gosok kuda yang diproduksi oleh W.F. Young, Inc., diformulasikan ulang untuk manusia dan dipasarkan sebagai Absorbine Jr. Perusahaan juga mengakuisisi merek obat gosok lainnya termasuk Bigeloil dan RefreshMint. Versi kuda Absorbine terkadang digunakan oleh manusia, meskipun manfaatnya pada manusia mungkin karena bau mentol yang melepaskan serotonin, atau karena efek placebo.

Earl Sloan adalah seorang wirausahawan AS yang membuat kekayaan awalnya dengan menjual formula obat gosok kuda ayahnya yang dimulai pada periode setelah Perang Saudara. Obat gosok Sloan, dengan capsicum sebagai bahan utama, juga dipasarkan untuk penggunaan manusia. Dia kemudian menjual perusahaannya kepada pendahulu Warner-Lambert, yang dibeli pada tahun 2000 oleh Pfizer.

REFERENSI[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Liniment". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2020-02-28.