Lin Liheng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lin Liheng
Lin c. 1960-an
Informasi pribadi
Lahir31 Agustus 1944 (umur 79)
Yan'an, Shaanxi, China
Partai politikPartai Komunis Tiongkok
Suami/istri
Zhang Qinglin
(m. 1974; meninggal 2022)
HubunganLin Liguo (saudara)
Orang tuaLin Biao dan Ye Qun
Alma mater
Karier militer
PihakRepublik Rakyat Tiongkok
Dinas/cabangAngkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat
Lin Liheng
Hanzi: 林立衡
Nickname
Hanzi: 林豆豆
Makna literal: Bean Bean Lin
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Lin Liheng (Hanzi: 林立衡; lahir 31 Agustus 1944) dikenal dengan nama Lin Doudou (Hanzi: 林豆豆), adalah seorang putri mendiang marsekal Lin Biao dari istri keduanya Ye Qun. Sebagai anak dari seorang pemimpin militer dan politik Tiongkok terkemuka, Lin diberi posisi kecil namun penting selama masa mudanya. Selama Revolusi Kebudayaan, dia menjabat sebagai wakil pemimpin redaksi surat kabar di angkatan udara. Namun, setelah kematian ayahnya dan kecaman berikutnya dari Partai Komunis China (PKC) pada tahun 1971, Lin dicopot dari jabatannya dan ditahan tanpa batas waktu.

Kesehatan Lin memburuk selama penahanan dan interogasinya, terutama selama kampanye Kelompok Empat "Mengkritik Lin, Mengkritik Konfusius". Dia dibebaskan pada tahun 1974 atas perintah pribadi ketua PKC Mao Zedong. Setahun kemudian, Deng Xiaoping, yang pada akhirnya akan menggantikan Mao sebagai pemimpin terpenting di Tiongkok, memberi Lin posisi kecil di sebuah pabrik di Zhengzhou, Henan. Namun, dia kehilangan posisinya setelah kampanye Gang of Four. Lin direhabilitasi pada pertengahan 1980-an saat itu sekjen PKC Zhao Ziyang, yang mengizinkan Lin kembali ke Beijing setelah menerima surat permohonan dari dia. Lin tidak menonjolkan diri di Beijing sebagai kontributor Akademi Ilmu Sosial China dan pensiun pada tahun 2002. Setelah pensiun, dia membuka restoran di Beijing, dan sejak itu berbicara di beberapa acara publik.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lin Liheng lahir di Yan'an. Ketika berusia enam tahun, dia pergi bersama ayahnya, Lin Biao, ke Moskow, Soviet.

Setelah Lin Biao meninggal pada tahun 1971 dalam " Insiden Lin Biao" (atau "Insiden 13 September", 九一三事件), Lin Liheng diselidiki dan ditahan oleh pemerintah, meskipun dia yang menginformasikan kepada Zhou Enlai tentang insiden tersebut.[1][2] Pada saat ditahan, dia sangat menderita dan bahkan pernah mencoba bunuh diri.[3] Namun, atas perintah Mao Zedong, dia tidak diinterogasi lebih lanjut, dan dibebaskan pada tahun 1974. Setelah itu dia menikah dan bekerja di sebuah pabrik di Zhengzhou. Dia juga kemudian kuliah di Akademi Ilmu Sosial Tiongkok.

Pada tanggal 1 November 2014, Lin Liheng secara terbuka muncul pada simposium keturunan Tentara Merah dan memberikan pidato, kemunculannya ini sangat menarik perhatian media.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 林彪之女林立衡 揭“九一三”事件的真相(多图) - 史海钩沉 - 倍可亲
  2. ^ 来自林彪女儿林立衡的报告 Diarsipkan 2015-12-08 di Wayback Machine. - 中国共产党新闻 - 人民网
  3. ^ ""九一三"后的林立衡:遭到激烈批判,一度自杀". 人民网. 2012-09-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-10-31. Diakses tanggal 2019-10-04. 
  4. ^ "近百名红二代在京座谈 林彪之女公开露面(图)". 新浪. 2014-11-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]