Limpakuwus, Sumbang, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Limpakuwus
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Banyumas
Kecamatan Sumbang
Pemerintahan
 • Kepala desa Darko S.Pt
Kodepos 53183
Luas 1.790,998
Jumlah penduduk 5.122 jiwa
Kepadatan -

Desa Limpakuwus

( Oleh Sucipto/ K.Perencanaan )

Desa Limpakuwus berada di Lembah Gunung Slamet. Membujur dari Puncak Gunung kearah Selatan sampai dengan perbatasan Desa Kotayasa Kecamatan Sumbang. Tanah Subur, Hutan Hijau, dengan penduduk yang semakin komplek dan beragam karakteristiknya. Itulah Desaku Limpakuwus...

Pembangunan yang akan datang akan menghadapi banyak perubahan dan kendala. Hal ini disebabkan oleh semakin pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan Teknologi serta pengaruh globalisasi.

Kegiatan pembangunan Desa akan semakin terkait dengan perkembangan  luas. Sasaran pembangunan di Desa limpakuwus masih belum optimal. Dimana struktur ekonomi masih bergerak lamban dan masih didominasi oleh kegiatan sarana dan prasarana Desa.

Dilihat dari Tingkat perkembangan Desa Limpakuwus, ternyata statistik desa Limpakuwus Tingkat perkembanganya lamban.

Padahal Jalur Wisata Baturraden Purwokerto Timur berada di wilayah Desa Limpakuwus. Merupakan tempat yang strategis untuk dikembangkan kegiatan pembangunanya dari segi Pariwisata. Karena di Desa Limpakuwus juga ada Potensi Wilayah wisata yang akan dibangun yaitu Curug Moprok dan Curug Telu yang letaknya diselatan Telaga sunyi.

Kegiatan- kegiatan inilah yang melatar belakangi disusunya Rancangan Strategis  Pembangunan Desa untuk mendukung kegiatan Ke-Pariwisataan dan budaya lokal.

Rancangan Pembangunan Jangka Menengah [ RPJM ] merupakan Dokumen Perencanaan Pembangunan Desa yang merupakan Data strategis Pembangunan di wilayah Kabupaten Banyumas atau BANK DATA PEMBANGUNAN LIMPAKUWUS.

Desa Limpakuwus masuk wilayah Administratif Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Terletak di selatan Gunung Slamet dengan batas desa adalah

1.    sebelah utara Hutan Pinus dan dan hutan Damar milik PT Perhutani dan Komplek Peternakan milik BBTU Ternak unggul Baturraden.

2.    Sebelah Barat Desa merupakan batas dengan Kecamatan Baturraden yang dibatasi oleh Kali pelus. Wisata Tlaga sunyi termasuk di dalamnya sedangkan batas

3.    selatan desa adalah Desa Kotayasa dan

4.    Timur dengan Desa Gandatapa.

Jarak ke Ibukota Kecamatan sejauh 9 km dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Menuju ke Ibukota Kabupaten jarak tempuhnya 17,5 Km.

Pertanahan di desa Limpakuwus umumnya berbukit. Lahan persawahan hanya 30 % dari Luas Desa Limpakuwus 1. 098. 173 hektar

Jalan di Desa Limpakuwus sudah 75 % diaspal dengan dana DPDK maupun dana ADD dan lain sebagainya.

Katagori Desa Limpakuwus masih masuk Desa Miskin/ tertinggal yang hal ini dapat dilihat dari Statistik pendapatan masyarakat/ dalam Profil Desa  Limpakuwus.

Dari data- data ini juga menunjukkan bahwa tingkat Pendidikan masih menempati urutan ke dua di statistik yang ada di Desa berdasarkan pendataan langsung pada wilayah RT / Jumlah wilayah RT 26 RT dan 5 RW. Kerjasama antara Pemerintah Desa dan Lembaga Desa berjalan baik. Indikatornya ditunjukkan dengan beberapa Paraturan Desa yang dikerjakan bersama Lembaga- lembaga desa seperti LKMD, BPD dan tokoh masyarakat.

Semua keputusan- keputusan Desa dibuat dengan persetujuan bersama Lembaga Desa dan masyarakat desa. Musyawarah – musyawarah pembangunan dikerjakan dan dievaluasi kegiatanya oleh unsur- unsur masyarakat terkemuka serta tokoh dari kalangan tua/ muda dan dari perempuan.

Kerukunan umat beragama berjalan baik dengan diadakanya pengajian Rutin antara Ulama dan Umaroh di Limpakuwus. Pendidikan keagamaan juga diadakan yaitu diwilayah RW V dan RW III dengan pendidikan TPQ untuk anak sekolah Dasar dan lanjutan.

Kegiatan- kegiatan yang menonjol ditingkat desa sampai saat ini masih difokuskan ke Infrastruktur / sarana dan prasarana masyarakat karena kegiatan ini merupakan Skala prioritas desa.

Setelahkegiatan sarana dan prasarana fisik Desa dilaksanakan semua, barulah direncanakan kegiatan sektor Pertanian terpadu, ekonomi masyarakat dan Lingkungan penduduk. Dalam hal ini kegiatan pemugaran Rumah tidak layak huni dan yang lainnya.

Untuk Pertanian dengan dibangunya DAM dan perbaikan saluran irigasi, dibangunya pabrik pembuatan pupuk organik dan lain sebagainya, untuk lembaga ekonomi di tingkat RT dengan sistem andilan yang dirasa Program tersebut berhasil. Namun kegiatan ini masih lama. Karena semua kegiatan Pembangunan Desa Limpakuwus masih sekitar Sarana dan prasarana Jalan. Untuk itu disusunlah Rencana Pembangunan tahunan desa yang terarah dan terpadu yang  di harapkan mampu merancang Pembangunan Desa yang STRATEGIS menuju pembangunan yang besar manfaatnya untuk masyarakat.Demikian maksud disusunya perencanaan Pembangunan Desa dan sekilas gambaran desa yang ada di Desa Limpakuwus. Dan harapan dari Pemerintah Desa Limpakuwus hanyalah partisipasi Masyarakat untuk kegiatan - Kegiatan  disegala sektor, khususnya sektor Infrastruktur yang ada di Desa Limpakuwus.