Lily Eberwein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Lily Eberwein Abdullah (11 Juli 1900 [1][2] - 1980) adalah seorang nasionalis Sarawak dan aktivis hak-hak perempuan. Dia aktif dalam gerakan anti-penyerahan Sarawak, sebuah gerakan nasionalis yang terjadi pada tahun 1940an untuk mendapatkan kembali kemerdekaan Sarawak dari pendudukan Inggris. Gerakan ini telah memberi sumbangsih bagi perkembangan politik masyarakat lokal dan menumbuhkan semangat kebangsaan pada masyarakat Sarawak.[3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Lily Eberwein Abdullah adalah orang Eurasia dan memiliki keturunan Eropa dan Melayu. Ayahnya, John Eberwein, adalah seorang Eropa keturunan Belanda dan Skotlandia dari Kepulauan Cocos dan terkait dengan keluarga Clunies-Ross, pemerintah pulau itu. Ayah Lily pernah menjadi kapten kapal Figure Brooke untuk Perusahaan Kapal Uap Selat. Ibunya, Maznah binti Ali bin Alang, adalah seorang perempuan Melayu lokal dari Simanggang. Mereka tinggal di Singapura di mana mereka memiliki dua anak, Lily dan Edward. Maznah adalah seorang Muslim, tetapi Lily dan Edward memiliki pendidikan Kristen. Lily menerima pendidikan awalnya di St. Petersburg Mary's Mission School di Kuching, Sarawak, sampai dia berusia delapan tahun dan melanjutkan pendidikannya di Raffles Girls' School di Singapura.

Masuk Islam[sunting | sunting sumber]

Setelah kematian ayahnya, Lily kembali ke Kuching bersama ibunya, dan melanjutkan studinya sampai Standar Tujuh (setara dengan Formulir Tiga, usia 15) di Sekolah Misi St. Mary. Kematian ayahnya benar-benar mengubah gaya hidup keluarganya. Lily harus menyesuaikan diri dengan didikan Melayu Muslim, ditandai dengan penambahan Abdullah pada namanya. Dalam sebuah wawancara, putrinya, Hafsah Harun, menjelaskan bahwa didikan ibunya berbeda dengan gadis-gadis Melayu lainnya. Memiliki gaya hidup Eropa di Singapura, ketika dia kembali ke Kuching dia merindukan kebebasannya sebelumnya dan merasa sulit untuk mulai menutupi kepalanya dan dikurung di dalam rumah. Dia sudah terbiasa memiliki pelayan laki-laki untuk melayaninya ketika ayahnya masih hidup di Singapura, tetapi di Kuching dia harus melayani pamannya. Selain itu, sebagai wanita terpelajar, dia sangat blak-blakan dan mandiri. Lily masuk Islam pada tahun 1913. Pengetahuannya tentang agama barunya mengesankan tetangganya, sampai-sampai banyak orang di desa mengirim putra mereka ke Lily untuk belajar membaca Alquran. Sikap ini menunjukkan bahwa orang-orang di desa itu sangat mempercayai dan menghormatinya karena perempuan jarang diajak berkonsultasi untuk pengajaran agama pada masa itu. Dia telah diterima, dan mengidentifikasi dirinya, sebagai Muslim Melayu.

Kehidupan kelak[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1927, Direktur perusahaan telepon, Mr Tate, merekrut Lily Eberwein untuk bekerja sebagai operator telepon, menjadikannya wanita Melayu pertama yang bekerja di Departemen Pemerintah. Dia menguasai bahasa Melayu dan Inggris dengan sangat baik, seperti yang dibutuhkan oleh seorang operator telepon, dan ayahnya adalah teman keluarga Mr. Tate.

Pada tahun 1929, ia mengundurkan diri dari jabatan ini ketika Pemerintah Brooke mengangkatnya sebagai Kepala Sekolah Perempuan Melayu Permaisuri, yang dibuka di Kuching pada tahun 1930. Ia juga menjadi sekretaris seksi Melayu, sementara Mary Ong, Barbara Bay dan Ibu Gopal memimpin seksi Cina, Iban dan India. Melalui kegiatan pendidikannya, baik agama maupun sekuler, ia dikenal sebagai Cikgu (guru) Lily. Terlihat, dia sudah di atas usia untuk menikah saat itu.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Dia menikah pada tahun 1938 dan kemudian memiliki tiga anak perempuan, dengan yang pertama, Hafsah, lahir pada tahun 1940. Suaminya, Harun bin Haris, sepuluh tahun lebih muda darinya, dengan hanya lima tahun pendidikan dasar, dan bekerja di Kepolisian Sarawak. . Suaminya sangat mendukung keterlibatannya dalam gerakan Anti-Sesi dan semangatnya untuk pendidikan. Di Sarawak pada waktu itu, menikah di usia yang lebih tua dan memiliki suami yang jauh lebih muda pasti akan menjadi kontroversi. Namun, Lily tampaknya bisa menerima semuanya dengan tenang. Dia sangat dihormati, terutama di kalangan orang Melayu karena dedikasinya dalam mendidik gadis-gadis Melayu.

Keterlibatan dalam politik[sunting | sunting sumber]

Selama pendudukan Jepang di Sarawak, Jepang menunjuk Lily sebagai pemimpin Kaum Ibu seksi Melayu, sebuah asosiasi perempuan multietnis. Pada Maret 1947, ia terpilih sebagai ketua sayap perempuan Persatuan Nasional Melayu Sarawak (PKMS), sebuah kelompok terkemuka dalam Gerakan Anti-Penyerahan. Lily mengundurkan diri dari jabatannya sebagai kepala Sekolah Putri Permaisuri pada tahun 1947 sebagai tanda protes terhadap Sesi tetapi dia melanjutkan perannya sebagai pendidik dengan mendirikan sekolah baru.

Ketika perjuangan anti-pengambilalihan berlanjut, banyak sekolah negeri Melayu ditutup. Hal ini menjadi perhatian serius karena siswa yang terkena dampak tidak dapat menemukan tempat di sekolah Melayu lainnya. Empat sekolah di Kuching dan satu lagi di Sibu didirikan oleh para guru yang mengundurkan diri. Untuk membantu anak-anak PNS pensiunan yang memboikot sekolah negeri, Lily membantu mendirikan Sekolah Rakyat (Sekolah Rakyat) di halaman Masjid Bintangor Haji Taha. Lily dan guru yang mengundurkan diri sebagai protes terhadap edaran mengajar di sekolah tersebut tanpa digaji.

Dalam sebuah wawancara oleh The Straits Times Singapore tertanggal 21 Juli 1947 tentang gerakan Anti-Sesi, Lily Eberwein mengungkapkan keprihatinannya atas dampaknya terhadap pendidikan Melayu. Dalam artikel berjudul “Pendidikan Berhenti”, Lily menyatakan bahwa protes terhadap penyerahan memiliki efek paling serius pada pendidikan, yang hampir terhenti. Dia menekankan bahwa posisi pendidikan di Sarawak harus tetap menjadi perhatian publik yang paling serius “selama kontroversi yang tidak menyenangkan ini berlangsung”, mengacu pada penyerahan diri. Ia juga menyatakan, “Kami orang Melayu, bersama dengan ras-ras pribumi lainnya, akan berjuang dengan tujuan yang tak tergoyahkan untuk menebus kesalahan yang telah dilakukan kepada orang-orang kami dalam kepunahan bangsa dan kemerdekaan kami”. Dalam artikel itu dia dengan jelas mengidentifikasi dirinya sebagai anggota komunitas Melayu dan dengan penyebab kemerdekaan nasional Sarawak, tetapi juga mengungkapkan keprihatinannya tentang dampak perjuangan nasionalis pada pendidikan dan dengan demikian pada rakyat Sarawak. Dalam memoar Anthony Brooke, dia dengan jelas mengakui pentingnya peran perempuan dalam gerakan Anti-Sesi. Dia secara khusus menyoroti upaya Lily Eberwein, dengan menyatakan bahwa: “dorongan baru diberikan kepada gerakan ini karena inisiatif kepala sekolah Lily Eberwein, yang membentuk cabang gerakan perempuan. Ini mendapat dukungan yang cukup besar dari wanita dari segala usia dari seluruh hitungan.”

Gerakan hak-hak wanita[sunting | sunting sumber]

Meskipun Lily Eberwein adalah seorang anti-sesi yang sangat aktif, dia tidak pernah bergabung dengan partai politik mana pun. Namun demikian, dia adalah wanita pertama yang diangkat sebagai Anggota Dewan Kota Kuching pada tahun 1950. Dia adalah pelopor wanita dalam kehidupan publik di Sarawak. Dia berpartisipasi aktif dalam berbagai organisasi sukarela seperti Lembaga Bantuan Tahanan, Asosiasi Anti Tuberkulosis Sarawak (ATAS), dan Palang Merah. Dia tetap menjadi Ketua Kaum Ibu di Persatuan Nasional Melayu Sarawak sampai tahun 1960 ketika dia juga pensiun dari sekolahnya sendiri, Sekolah Bahasa Inggris Satok. Sesekali setelah itu ia membantu putrinya Hafsah Harun yang menggantikannya sebagai Kepala Sekolah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tahun 5, Zs Projek Tmk Sejarah (Rabu, 3 Ogos 2016). "TOKOH TOKOH TEMPATAN THN5 blog: TOKOH KEDAMAIAN". TOKOH TOKOH TEMPATAN THN5 blog. Diakses tanggal 2022-05-29. 
  2. ^ http://prpm.dbp.gov.my/Cari1?keyword=maznah&d=243192&
  3. ^ Patricia Pui Huen Lim; Diana Wong (1 January 2000). War and Memory in Malaysia and Singapore. Institute of Southeast Asian Studies. hlm. 133–. ISBN 978-981-230-037-9.