Liga Wanita Sosialis Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Liga Wanita Sosialis Nasional
Nationalsozialistische Frauenschaft
Logo
PendahuluOrdo Wanita Jerman (DFO)
Tanggal pendirian1933
Tanggal pembubaran10 Oktober 1945
Statusdibubarkan, Ilegal
TipeSayap Kewanitaan
Lokasi
Jumlah anggota
2 Juta (1938)
Bahasa resmi
Jerman
KetuaGertrud Scholtz-Klink
Badan utama
NS-Frauen-Warte
Organisasi induk
NSDAP

Liga Wanita Sosialis Nasional (Jerman: Nationalsozialistische Frauenschaft / NSF) adalah sayap perempuan dari Partai Buruh Nasional-Sosialis Jerman (NSDAP / Nazi). Liga Wanita ini dibentuk pada bulan Oktober 1931 sebagai sebuah penggabungan dari beberapa organisasi kewanitaan yang berhaluan nasionalis dan haluan Nazi, seperti Ordo Wanita Jerman (Deutscher Frauenorden) yang sebelumnya dibentuk pada tahun 1926. Sejak saat itu, perempuan di Jerman berada di bawah kepemimpinan NSDAP. Sebagai pemimpin Nazi, Adolf Hitler menunjuk Guida Diehl sebagai Ketua Liga Wanita Nasional Sosialis (Kulturreferentin) yang pertama.

NSF berada dibawah kepemimpinan partai (Reichsleitung); para pemudi dan wanita-wanita adalah bidangnya Liga Putri Jerman. Sejak Februari 1934 hingga berakhirnya Perang Dunia II, NSF dipimpin oleh Reichsfrauenführerin Gertrud Scholtz-Klink. NSF kemudian menerbitkan majalah NS-Frauen-Warte yang terbit setiap dua minggu sekali[1].

Aktivitas-aktivitas NSF adalah memberikan instruksi penggunaan produk atau manufaktur buatan Jerman seperti mentega dan rayon karena urgensi dari produk tersebut, sebagai pengganti program impor, sebagai bagian dari program swasembada, dan kelas untuk calon pengantin dan siswi sekolah[2]. Selama perang, NSF juga menyediakan minuman di stasiun kereta api, mengumpulkan besi tua dan bahan-bahan lainnya, menjalankan kelas memasak dan lainnya, dan mengalokasikan pembantu rumah tangga yang diwajibkan di timur untuk keluarga besar[2]. Organisasi propaganda bergantung kepada NSF sebagai penyebar utama propaganda kepada perempuan[3].

Keanggotaan Liga Wanita Nasional Sosialis mencapai 2 juta anggota pada tahun 1938, yang jika dihitung sama dengan 40 % dari jumlah seluruh anggota Partai NSDAP[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Heidelberg University Library: NS-Frauenwarte: Paper of the National Socialist Women's League". www.ub.uni-heidelberg.de. Diakses tanggal Feb 2, 2023. 
  2. ^ a b Richard Grunberger, The 12-Year Reich, p 258, ISBN 0-03-076435-1
  3. ^ Leila J. Rupp, Mobilizing Women for War, p 105, ISBN 0-691-04649-2, OCLC 3379930
  4. ^ Payne, Stanley G. 1995 A History of Fascism 1914-1945 University of Wisconsin Press, Madison p. 184

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait NS-Frauenschaft di Wikimedia Commons