Liga Prizren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Liga Prizren
Albanski vilajet.png
Tanggal pembentukan10 Juni 1878 (1878-06-10)
Pendiri44 bey Albania
Tanggal pembubaranApril 1881

Liga Prizren (bahasa Albania: Besëlidhja e Prizrenit), secara resmi disebut Liga untuk Pertahanan Hak-Hak Bangsa Albania (bahasa Albania: Lidhja për mbrojtjen e të drejtave te kombit Shqiptar), adalah sebuah organisasi politik Albania yang didirikan secara resmi pada tanggal 10 Juni 1878 di kota tua Prizren di Vilayet Kosova, Kesultanan Utsmaniyah.

Pada masa ketika Kesultanan Utsmaniyah sedang mengalami kemunduran, ketidakmampuan pemerintah di Istanbul untuk melindungi kepentingan wilayah Albania yang mayoritas dihuni oleh orang Muslim (70%) memaksa para pemimpin Albania untuk mengatur pertahanan mereka sendiri dan mempertimbangkan pendirian pemerintahan yang otonom seperti di Kepangeranan Serbia.[1]

Liga ini didirikan selama pertempuan 47 bey Albania di Kesultanan Utsmaniyah. Pernyataan resmi dari liga ini dikemukakan di dalam dokumen Kararname. Di dalam dokumen tersebut, para pemimpin Albania menegaskan itikad mereka untuk menjaga dan mempertahankan keutuhan wilayah Kesultanan Utsmaniyah di wilayah Balkan dengan mendukung pemerintah di Istanbul, serta untuk berjuang dengan senjata demi keutuhan wilayah Albania.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jelavich, Barbara (1999). History of the Balkans: Eighteenth and nineteenth centuries. Cambridge University: Cambridge University Press. hlm. 361. ISBN 978-0-521-25249-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]