Liga Pemuda Demokratik Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Liga Pemuda Demokratik Jepang (日本民主青年同盟, Nihon Minshu Seinen Domei; disingkat 民青 Minshei) adalah organisasi politik sukarela untuk pemuda di Jepang.

LPDJ adalah sayap pemuda dari Partai Komunis Jepang dan anggota Federasi Pemuda Demokratik Sedunia. LPDJ memiliki tujuan sebagai "organisasi pemuda sukarela yang menanggapi permintaan yang tajam dari para pemuda, yang bertujuan membentuk kehidupan yang lebih baik, perdamaian, kemerdekaan, demokrasi dan kemajuan sosial".[1] Kegiatan utamanya adalah gerakan mengkampanyekan perdamaian, menentang kenaikan biaya kuliah, petisi, kerja sukarela, kegiatan pendidikan dan lain-lainnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

LPDJ dibentuk pada tanggal 5 April 1923 di Kekaisaran Jepang sebagai Liga Pemuda Komunis Jepang, dipengaruhi oleh Revolusi Bolshevik di Rusia. Seperti Partai Komunis Jepang, organisasi ini memfokuskan diri pada isu hak pilih untuk pemuda Jepang berusia 18 tahun ke atas, penggulingan "sistem Kaisar", upah yang sama untuk pekerjaan yang sama dan menentang militerisasi.

Setelah Perang Dunia II, Liga Pemuda Komunis Jepang kembali didirikan. Setelah Partai Komunis Jepang kembali ke ideologi sosialisme ilmiah, organisasi pemuda ini berganti nama menjadi Liga Pemuda Demokratik Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-01. Diakses tanggal 2017-11-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]