Liezi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Liezi
Hanzi: 列子
Makna literal: "[Tulisan] Master Lie"
Kaligrafi karya Lieh Tzu Yang-chu,
Bab - Kojima Soshin

Liezi (Hanzi: 列子; Wade–Giles: Lieh-tzu) adalah kitab Taois yang menurut kisahnya ditulis oleh Lie Yukou, seorang filsuf abad ke-5 SM, pada masa Seratus Aliran Pemikiran, tetapi para sarjana Tiongkok dan Barat percaya bahwa kitab ini disusun sekitar abad ke-4 M.

Riwayat tekstual[sunting | sunting sumber]

Beberapa filsuf berpendapat bahwa kitab Liezi yang asli telah hilang setelah Dinasti Han Barat. Liu Zongyuan dari Dinasti Tang[1] hingga filsuf Yao Jiheng (1647-1715) dari awal masa Dinasti Qing,[2] meragukan keaslian kitab Liezi.

Ada dua referensi mengenai kitab Liezi yang berasal dari Dinasti Han Awal. Editor Liu Xiang mencatat bahwa dia menghapus pengulangan yang ada dalam kitab Liezi dan menyusun ulang menjadi delapan bab (pian ). Di bagian bibliografi Kitab Han (藝文志), tertulis bahwa kitab Liezi memiliki delapan bab dan menyimpulkan bahwa kitab Zhuangzi mengutip dari kitab Liezi, berarti bahwa kitab Liezi sudah ada terlebih dahulu sebelum kitab Zhuangzi. Ada kesenjangan sejarah tiga abad sampai ada bukti berikutnya mengenai kitab Liezi, yaitu dari komentar Zhang Zhan 張湛 (yang mulai terkenal sekitar tahun 370 M) tentang Dinasti Jin. Zhang menulis dalam kata pengantarnya bahwa salinan kitab "Liezi" miliknya diturunkan dari kakeknya. Semua teks kitab Liezi yang diterimanya terdiri dari delapan volume (juan ).

Selama masa pemerintahan Kaisar Xuanzong dari Tang, Liezi ditetapkan sebagai kitab klasik Taois, melengkapi kitab trilogi bersama dengan Tao Te Ching dan Zhuangzi yang lebih terkenal, dan diberi judul kehormatan Chongxu zhenjing (沖虛真經; "Kesederhanaan dan Kekosongan yang Sejati" atau Kekosongan nan Sempurna). "Kesederhanaan dan Kekosongan" adalah terjemahan versi Wing-tsit Chan, chongxu (arti harfiah "melonjak/muda/kosong sederhana/langit/sederhana") biasanya bermakna "melayang tinggi, naik tinggi atau riang, tidak terbebani dengan ambisi". Selama masa pemerintahan Kaisar Zhenzong dari Song, Liezi juga diberi nama kehormatan yaitu Chongxu zhide zhenjing (沖虛至德真經; “Kesederhanaan, Kekosongan dan Kebajikan Sempurna yang Sejati").

Daftar isi[sunting | sunting sumber]

Delapan bab Liezi yang ditampilkan di bawah ini adalah terjemahan versi Graham 1960.

Bab Aksara Han Pinyin Terjemahan
1 天瑞 Tian Rui Pahala Surgawi
2 黃帝 Huang Di Kaisar Kuning
3 周穆王 Zhou Mu Wang Raja Mu dari Zhou
4 仲尼 Zhong Ni Konfusius
5 湯問 Tang Wen Pertanyaan Tang
6 力命 Li Ming Usaha dan Takdir
7 楊朱 Yang Zhu Yang Zhu
8 說符 Shuo Fu Menjelaskan Konjungsi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 《柳河东集》卷四,《辩列子》
  2. ^ 《子略》,頁58。