Liberalisme di Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Liberalisme Eropa)
Gambaran umum dan pembahasan komprehensif akan topik ini dapat dilihat dalam artikel Liberalisme.

Secara umum, liberalisme di Eropa adalah sebuah gerakan politik yang mendukung suatu tradisi luas atas kebebasan individu, pemerintah yang bertanggung jawab secara demokratis dan terbatas secara konstitusional. Hal ini biasanya meliputi keyakinan bahwa pemerintah itu seharusnya bertindak untuk mengurangi kemiskinan dan masalah sosial lainnya, tetapi tidak melalui perubahan radikal atas struktur masyarakat. Pendukung liberalisme klasik terutama ditemukan dalam berbagai partai dan gerakan berhaluan tengah; namun pendukung versi lain dari liberalisme ditemukan dalam partai politik di seluruh spektrum kiri dan kanan.

Kaum liberal Eropa di haluan kanan-tengah umumnya mendukung intervensi pemerintah yang terbatas dalam perekonomian. Kebanyakan dari mereka menganut liberalisme konservatif atau konservatisme liberal.

Kaum liberal Eropa di haluan kiri-tengah direpresentasikan dalam partai-partai demokrasi sosial besar, misalnya kalangan Third Way, dan mereka mendukung sosialisme liberal atau liberalisme sosial.[1] Mereka dibedakan pada tingkatan intervensi pemerintah dalam perekonomian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Europe, a Political Profile: An American Companion to European Politics - Hans Slomp - Google Books. Books.google.co.uk. 2011-09-30. Diakses tanggal 2012-04-27.